Awas! Malware Mampu Mengintai Smartphone

Tidak ada hentinya kabar mengenai perangkat smartphone yang diserang malware. Minggu ini saja dikabarkan bahwa banyak smartphone murah mengirimkan data-data penting penggunanya ke China. Selain itu, ada juga kabar 3 juta smartphone murah terancam serangan malware.
awas-malware-mampu-mengintai-smartphone
Ilustrasi/ Pictures google
Awas! Malware Mampu Mengintai Smartphone  - Tidak ada hentinya kabar mengenai perangkat smartphone yang diserang malware. Minggu ini saja dikabarkan bahwa banyak smartphone murah mengirimkan data-data penting penggunanya ke China. Selain itu, ada juga kabar 3 juta smartphone murah terancam serangan malware.

Kali ini peneliti asal Israel menemukan sebuah cara baru dalam mengintai seseorang. Bila biasanya dilakukan melalui web camera atau microphone, kali ini malware yang diciptakan mampu mengintai melalui perangkat headphone.

Malware Mampu Mengintai Lewat Headphone


Dilansir BGR, peneliti cyber security dari Universitas Ben Gurion di Israel menemukan cara baru dalam melakukan pengintaian. Malware yang diberi nama “Speake(a)r” ini memiliki kemampuan meretas komputer dan menggunakan headphone yang terhubung untuk melakukan perekaman suara.

Malware ini akan mengubah fungsi earphone atau headphone, dan memfungsikannya sebagai microphone. Speake(a)r akan mengubah getaran di udara menjadi sinyal elektromagnetik dan merekam secara jelas suara yang ada di ruangan, jelas Mordechai Guri, pemimpin di Laboratium Penelitian Ben Gurion.

malware mampu merekam suara yang ada di ruangan. Walaupun microphone sudah dimatikan bahkan dicabut dari komputer, malware ini tetap dapat merekam dengan jelas. Hal ini karena malware menyerang chip RealTek dan mengubah channel output menjadi input.

Nah, bagaimana menurut kamu? Perkembangan teknologi ternyata membuat privasi kamu makin terancam ya. Tetap waspada dan jangan lupa ketahui ciri-ciri kalau perangkat kamu sedang terserang malware.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan