Macam-Macam Jenis Server Jaringan dan Fungsinya

Mengenal Berbagai Macam Jenis Server Jaringan beserta Fungsinya
Macam-Macam Jenis Server Jaringan dan Fungsinya

Macam-Macam Jenis Server Jaringan dan Fungsinya - Sebelumnya saya sudah membahas mengenai pengertian Pengertian Komputer Server, Komponen dan Karakteristik Server. Nah sekarang kita akan mengenal berbagai macam jenis server itu sendiri.

Server memiliki beberapa macam jenis. Berbagai macam jenis ini tentunya memiliki beberapa kegunaan dan tugasnya masing-masing. Setiap jenis server biasanya dijadikan satu mesin. Jadi, satu komputer server bisa melayani berbagai jenis layanan.

Table of Contents

Daftar Berbagai Macam Jenis Server

Berkut 10 Jenis Server yang perlu kamu tahu

1. Fax server

Fax server

Fac server diguanakn untuk melayani servis fax bagi client. Semua permintaan pengiriman mempu menerima fax kan melalui server fax ini. Server fax ini juga dilengkapidengan modem yang mendukung fungsi fax.

2. FTP Server

Server ini mempunyai protocol FTP. Yang artinya dengan adanya server FTP ini, segala permintaan FTP (merupakan protocol untuk lanan transfer data) akan terlaksana.

3. Mail Server

Mail Server

Mail server mempunyai peran untuk melayani client mengenai mail (surat). Dalam hal ini, client bisa mengirmkan pesan ke client yang lain dimana surat tersebut juga disimpan dalam server mail.

Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis seperti web interface untuk memudahkan client menulis surat yang dimiliki client.

4. Database Server

Seperti namanya, server ini melayani service client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server database tersebut, dapat berisi ratusan atau ribuan database dari banyak user. Biasanya database tersebut dikelompokan atau disimmpan per-user yang memakai layanan database tersebut untuk menghindari pencurian data.

5. Proxy Server

Proxy server, bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaanservis masuk maupun keluar dari client. Adanya proxy server ini, kita bisa memblok suatu IP.

6. Web Server

Server ini merupakan server yang mungkintidak aneh lagi di dengar. Situs seperti search engine, blog, website dan lain pasti membutuhkan web server agar file web seperti html, php, asp bisa diproses terlebih dahulu dalam web server sebelum file tersebut dikirimkan ke client. Web server melayani request servis dengan protocol HTTP, dan ada juga IMAP ataupun FTP.

7. Talnet Server

Merupakan server yang digunakan untuk melayani sservis telent.adanya server ini, kamu bisa melakukan remote komputer yang diinginkan. Sebelum melakukan remote komputer, kita harus masuk dahulu dalam sistem login server telnet ini. Permintaan telnet kemudian diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.

8. File server

File server dapat diartikan komputer yang digunakan untuk menampung data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki server. Itu sebabnya pada komponen hardisk server harus memiliki kapasitas besar.

9. Game server

Game server merupakan server yang digunakan pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lain. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.

10. DNS Server

DNS Server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebagai komputer ke dalam bentuk IP. Olehkarena itu, apabila kamu tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, maka akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google.

Alamat Google tersebut karena harus diterjemahkan dahulu ke dalam bentuk IP Address sebelum komputer bisa tekoneksi ke server Google, sedangkan alamat IP server DNS belum ditentukan oleh kita.

11. Print Server

Server ini digunakan untuk pusat layanan percetakan bagi client. Adanya server ini, segala aktivitas Print bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware. Meskipun terdapat satu printer, tapi bisa digunakan oleh banyak komputer.

12. Application Server

Dalam fungsinya, server ini merupakan komputer server yang digunakan untuk menajalankan suatu software aplikasi

13. Streaming Media Server

Server ini melayani servis streaming data media seperti musikm video. Servis ini memungkinkan kamu mengakses sebuah konten tanpa mendownloadnya terlebih dahulu.

14. Home Server

Server ini meurpakan sever yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment, komputer ini bisa juga ditambah lanan servis lainnya seperti printing server web servis, maupun file servis sebagai backup data. Komputer ini sehingga memiliki berbagai fungsi.

Penutup

Nah itu tadi Macam-Macam Jenis Server Jaringan dan Fungsinya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan