Pengertian Komputer Server, Komponen dan Karakteristik Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan jenis tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Pengertian Komputer Server, Komponen dan Karakteristik Server - Dalam Bahasa inggris, Server berasal dari kata serve yang artinya melayani, meladeni, menyajikan. Jadi dapat kita artikan server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan jenis tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Dalam penggunaannya sebuah server didukung dengan processor yang bersifat scable dan RAM yang besar. Selain itu, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operatin system.

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat didalamnya. Contohnya seperti berkas atau alat pencetak (Printer), serta bekerja memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Table of Contents

Komponen-Komponen Komputer Server

Konsep Jaringan Komputer Server

Pada umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi yangmenggunakan arsitektur klien atau server.

Seperti penjelasan komputer server diatas, tentunya komputer ini mempunyai perangkat keras yang berbeda dibandingkan dengan komputer biasa. Nah, berikut beberapa bagian yang harus dimiliki agar komputer server menjadi server yang ideal:

MotherBoard

Motherboard Komputer Server

Motherboard adalah komponen inti dari server yang bertugas sebagai perantara transmisi data anatara processor dengan perangkat lainnya seperti RAM, Ethernet, dll. Biasanya pada motherboard yang baik untuk server menyediakan socket processor lebih dari satu.

Dengan adanya dua buah processor maka server akan dapat mampu melakukan kerja proses ganda (multiprocessing), sehingga dapat dipastikan server melakukan kinerjanya dengan baik dan cepat.

RAM (Random Access Memory)

RAM Khusus Komputer Server

Tugas yang diharuskan sebuah server yaitu melayani banyak permintaan dari komputer client yang terhubung ke komputer server. Itu sebabnya komputer server harus memiliki RAM yang tangguh dan kuat agar fungsinya sebagai pengalokasi data menjadi cepat.

Processor

Processor Komputer Server

JIka ingin membangun sebuah server Anda harus mempunyai processor yang maksimal dan kecepatan yang handal. Kemamampuan sebuah processor biasanya diunkur dalam satuan GHz, dan ini harus cukup memadai untuk menjalankan perintah dan permintaan dari banyaknya kompoter client yang terhubung.

Karena prosesor berfungsi sebagai control terhadap keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.

Ethernet Card

LAN Card Komputer Server

Ethernet Card/LAN Card adalah perangkat yang mempunyai peranan sangat besar dalam membangun komputer server. Perangkat inilah yang nantinya mempengaruhi node (kedecapan transmisi data antartitik)

Perangkat ini banyak fariasinya dari segi kecepatan, ada yang 10 Mbps, 100 Mbps, bahkan ada 1Gbps atau bisa juga lebih.

Hard Disk Driver

Kapastian ruang penyimpanan di Harddisk driver yang cukup luas agar bisa menampung semua backup data atau apapun kedalam penyimpanan komputer server.

Pendingin

Karena kinerja hardware yang terus menerus pada komputer server maka pendingin hardware, seperti kipas pendingin pada sebuh komputer server juga sangat diperlukan agar kinerja komputer tetap maksimal.

Sumber daya

Daya adalah factor penting pada server, sehingga perlu dapat perhatian khusus. Biasanya tersedia device yang disebut dengan power supply. Fungsinya adalah untuk mengkonversi daya listrik dari luar supaya dapat digunakan pada platform server.

Selain itu juga, terdapat perangkat eksternal pedungkung seperti UPS yang berfungsi menyimpan pasokan listrik supanya ketika terjadi pemadaman server masih dapat hidup dalam jangka waktu tertentu.

Karakteristik Komputer Server

Komputer server mempunyai karakteristik tententu yang menjadikannya berbeda dari komputer bisa (desktop) atau client. Nah, berikut ini beberapa karakteristik untuk membedakan antara komputer desktop dengan komputer server.

Availability (ketersediaan)

Sebuah komputer server seharusnya memiliki avaibility, artinya sebuah komputer server harus mampu melayani kebutuhan user/client secara non-stop (24X7). Server juga harus dapat meminimalkan gangguan yang menyebabkan terjadinya kegagalan system pada server itu sendiri.

Scalability (ketercakupan)

Sebuah server harus dapat ditingkatkan kemampuannya, yaitu dari sisi performa, fungsi dan penambahan jumlah client. Adapun scalability tersebut dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

Scale-up

Kemampuan server dalam mengupgrade komponen dan peripheral server tersebut, misalnya saja Processor atau RAM. Sehingga dapat meningkatkan secara keseluruhan dan waktu penggunannya bisa lebih lama tentunya.

Scale-Out

Kemampuan unit server untuk ditambah, misalnya saja dari satu menjadi tiga unit agar beban kerja pemrosesannya dapat dibagi rata dan lebih optimal.

Manageability

Server harus mampu menangani beberapa elemen atau komponen yang terhubung pada server itu sendiri. Contonya client, sistem jaringan, koneksi internet, dll secara terintegrsi, termasuk menyediakan sistem touble-shooting dan revocery yang mumpuni.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Komputer Server, Komponen dan Karakteristik Server, Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan terkait komputer server mulai dari pengertian hingga ke karakteristik PC server.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan