Mengenal Bagian Komponen Printer dan Fungsinya

Mengenal Bagian Komponen Printer beserta Fungsinya secara lengkap.
Mengenal Bagian-Bagian Komponen Printer dan Fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Komponen Printer dan Fungsinya - Printer termasuk dalam alat yang penting karena saat ini manusia menggunakan berbagai benda yang berhubungan dengan aktivitas cetak mencetak seperti buku, foto, paper, skripsi, disertasi, tesis, dan lain-lain.

Dalam pemakaian printer, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk printer, mulai dari bagian bagian printer hingga ke hal-hal lainnya yang menyangkut printer.

Mengenal bagian bagian printer sangat penting untuk dilakukan agar pengguna dapat menggunakan printer sesuai dengan peruntukannya dan supaya dapat cepat mengetahui apabila printer bermasalah. Berikut adalah ulasan mengenai bagian bagian mesin printer yang harus diketahui sebelum menggunakan printer.

Table of Contents

Mengenal Bagian Printer dan Fungsinya

Catrid

Salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak.

Rumahcatrid (Carriage Unit)

Merupakan tempat untuk meletakkan atau mendudukkan catridge dalam printer.

Head Print

Head print merupakan bagian penting dalam catride yang fungsingya sebagai tempat keluarnya tinta, baik tinta hitam maupun warna.

Chip

Bagian dari catridge yang berfungsi untuk menghubungkan catridge dengan mainboard printer

Roll

Bagian dari printer yang berfungsi untuk mengatur dan meluncurkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

Timming Belt

Adalah bagian dari printer yang berfungsi untuk menarik cartridge atau alat scanner ke kanan dan ke kiri untuk ketika proses mencetak atau mengscan.

Ink Tank (Tabung tinta)

Merupakan salah satu bagian dari cartridge yang berfungsi menyimpan sementara tinta.

Selang

Bagian dari sistem infus yang berfungsi sebagai saluran mengalirnya tinta dari tabung tinta menuju tempat penyimpanan sementara tinta di cartridge (Ink Tank)

Tinta

Bagian dari sistem printer berupa za tcair yang digunakan untuk membuat cetakan kertas atau banner menjadi berwarna. Tinta ini terdiri dari 4 atau warna kombinasi, kalau 4 kombinasi warna yaitu C,M,Y, K

Lampu printer

Bagian dari printer yang berfungsi sebagai indicator printer nyala dan indicator normal tidaknya printer. Standart printer biasanya, lampu ini terdiri dari dua jenis, pertama lampu indicator power dan reset terdiri dariTombol Power untuk menyalakan dan mematikan, Tombol reset dimana tombol untuk melakukan reset printer ketika terjadi masalah.

Paper tray

Tempat meletakkan kertas sebelum dan setelah melakukan cetak, paper sebulum kertas di cetak di sebut paper tray input, sedangkan paper tray setelah kertas di cetak disebut paper tray output.

Encoder

Letak encoder biasanyaada di belakang HEAD atau tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaannya yang berbeda, ecoder bekerja sebagai timing pada Head. Sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.

Sensor paperioll

Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di print, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. Biasanya alat init erdapat di bagian samping atau ata sril penarik kertas.

Pembuangan tinta

Tempat pembuangan tinta yang merupakan hasil dari proses cetak.

Toner

Bagian dari sistem printer berupa serbuk warna yang berfungsi membuat cetakan kekertas atau media lain. Toner ini kalau dalam printer tinta atau inkjet adalah sebaga tintanya. Samase perti printer tinta atau inkjet, toner memmiliki 4 kombinasi warna yaitu CMYK.

Infus

Modifikasi atau model printer yang menggunakan media tabung infus sebagai penyimpanan tinta, dan dengan infus ini refill (isi ulang tinta) tidak perlu lagi di isikan langsung ke catridge

Driver

Salah satubagian penting dari printer yang menghubungkan komputer dengan printer.

Sekarang, kita sudah tahu lebih banyak mengenai perangkat printer yang sangat penting dalam pekerjaan kita sehari-hari. Semoga apa yang kita pelajari kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai mesin printer sebagai salah satu output device komputer.

Penutup

Nah itu tadi Bagian Komponen Printer dan Fungsinya Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan