Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan Jika Kamu Hendak Membeli Paket Software.
Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan
Perbedaan software asli dan bajakan/ Pictures Freepik

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan - Pemakaian software asli jauh di nilai lebih baik dibanding produk palsu atau bajakan. Kebanyakan orang jika mencari software atau aplikasi di internet selalu menggunakan kata kunci "full version gratis" di ujung kalimat.

Alasan nya karenakan kita dapat memakainya tanpa perlu keluar duit sepeserpun tetapi mendapatkan fitur yang full premium dari aplikasi tersebut.

Tetapi mengakibatkan keamanan data-data utama serta berbentuk data pribadi yang ada di dalam harddisk terpasang software palsu jadi taruhannya dikarenakan tidak ada jaminan keamanan.

Table of Contents

Membedakan software asli dan bajakan

Sebagai orang awam atau orang yang baru bergulat di dunia komputer mungkin bingung bagaimana membedakan software asli atau aplikasi bajakan dengan yang asli. Tetapi dengan melihat ciri-ciri aplikasi atau software bajakan, kita dapat langsung mengetahui perbedaan antara software bajakan dengan yang asli.

1. Nomor Lisensi

Cara-Membedakan-Software-Asli-atau-Bajakan
Gambar By Freepik

Dalam setiap produk yang kita beli, kita hanya akan dapat 1 nomor lisensi. Nomor yang kita dapat tidak mungkin sama dengan yang orang lain. Biasanya nomor lisensi digunakan untuk mengaktifkan sebuah produk tersebut.

Tetapi jika kalian mendownload aplikasi bajakan, maka kita akan dapat langsung menggunakannya tanpa harus membayar, dikarenakan software bajakan tersebut sudah derdapat default nomor lisensi dari cracker.

2. CD (Compact Disc)

Cara-Membedakan-Software-Asli-atau-Bajakan

CD atau compact disc menjadi salah satu indikator keaslian sebuah software, itu karena kebanyakan industri software akan memberikan software dengan media CD jika kita membeli produk mereka.

Misalnya jika kita membeli Software asli antivurus A maka kita akan mendapat CD dengan banyak keterangan dari brand antivurus tersebut. Berbeda jika kita membeli software antivirus tersebut secara bajakan, mungkin CD yang kita dapat akan berupa CD yang sering kita jumpai di toko-toko komputer.

3. Hologram

Cara-Membedakan-Software-Asli-atau-Bajakan

Industri besar yang bergerak dibidang software akan memberikan hologram khusus di CD yang akan dipasarkan. Itu sudah jadi hak paten kepada perusahaan software guna mencegah penipuan aplikasi. Jika kita membeli software tanpa ada Hologram perusahan dari CD, sudah dapat dipastikan software tersebut palsu.

4. Sumber

Cara-Membedakan-Software-Asli-atau-Bajakan
Gambar by Freepik

Maksud dari sumber sendiri berasal dari manakah software atau aplikasi tersebut kita peroleh. Contoh, jika kita mendownload sebuah software di website yang bukan official dari software tersebut, maka kemungkinan besar itu adalah software bajakan (palsu).

5. Reaksi Antivirus

Cara-Membedakan-Software-Asli-atau-Bajakan
Gambar By Freepik

Jika kita menginstal software dari hasil copy pase atau mendownloadnya dari website tertentu dan bukan dari official, tiba-tiba antivurus kita memberikan sinyal jika terdapat virus, sudah dipastikan itu adalah software bajakan. Karena sebagian besar crack atau keygen yang telah di inject kedalam sebuah software akan terbaca sebagai virus oleh antivurs.

Penutup

Nah itu tadi Tips Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan. Dari beberapa penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa software bajakan terdapat sekali perbedaan.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan