Cara Ampuh Amankan MicroSD dari Serangan Hacking

MicroSD Perangkat yang digunakan untuk menambah memori secara eksternal ini merupakan salah satu wadah penyimpan data, baik berupa foto, video, musik, maupun dokumen, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga semua data yang berada di dalam microSD tersebut agar tidak ada yang bisa mencurinya dari serangan hacking.
Cara-Ampuh-Amankan-MicroSD-dari-Serangan-Hacking
Ilustrasi
Cara Amankan MicroSD dari Serangan Hacking - Rasa aman akan hilang ketika kita mendengar kata "hacking". Tindakan hacking memang sangat menyebalkan, mencuri data kita, bahkan sampai merusak sistem yang kita gunakan.

Salah satu hasil perkembangan teknologi dijaman sekarang  yang banyak digunakan pengguna smartphone adalah microSD. Perangkat yang digunakan untuk menambah memori secara eksternal ini merupakan salah satu wadah penyimpan data, baik berupa foto, video, musik, maupun dokumen, dan masih banyak lagi.

Cara Mengamankan MicroSD dari Serangan Hacking


Maka dari itu, kita harus bisa menjaga semua data yang berada di dalam microSD tersebut agar tidak ada yang bisa mencurinya dari serangan hacking. Lalu, bagaimana caranya supaya microSD kita terbebas dari serangan hacking? Berikut beberapa tips yang dapat digunakan.

Update:
Artikel ini diupdate 11 June 2018. Judul aslinya "Cara amankan MicroSD dari Hacker". Isinya diperbaharui sesuai perkembangan terkini. Artikel asli dipublish 07 Desember 2016.

1. Simpan Micro SD dengan Rapi

Cara-Ampuh-Amankan-MicroSD-dari-Serangan-Hacking

Ini dia salah satu penyakit anak muda adalah LUPA. Untuk menghindari kejadian seperti hilang, dicuri, bahkan rusak, kita harus bisa menyimpan datamu secara rapi, Bukan itu saja, menyimpan microSD secara rapi juga dapat memudahkan kita untuk mencarinya.

Selain itu, hal ini juga harus dilakukan agar microSD kamu tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

2. Buat Password

Cara-Ampuh-Amankan-MicroSD-dari-Serangan-Hacking

Untuk melindungi microSD, kita harus membuat password pada microSD agar data-data kamu tidak dapat dicuri oleh para hacker. Untuk membuat password pada microSD sudah tidak perlu bingung, karena sudah ada banyak software yang mampu membuat password untuk microSD. Pastikankan juga password yang kamu buat sulit untuk ditebak.

3. Lakukan Enkripsi


Melakukan enkripsi data akan sangat lebih ampuh daripada hanya menggunakan password pada microSD. Dikarenakan ini akan membuat data yang ada pada microSD sangat sulit diakses oleh para hacker sebab data yang berada pada microSD tersebut telah tersembunyi secara baik.

4. Jaga dengan Baik

Cara-Ampuh-Amankan-MicroSD-dari-Serangan-Hacking

Terkadang kita selalu sembarangan meletakan microSD dimana saja. Maka dari itu, kamu harus menjaganya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan terhadap microSD kamu. Sebaiknya simpan ditempat yang aman agar tidak terkena air, api, atau tertindih barang-barang berat. Kamu tahu sendiri kan, microSD itu ukurannya kecil.

Nah, itulah sedikit cara mudah untuk mengamankan microSD yang kamu miliki agar terhindar dari serangan dan ancaman seputar hacking.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan