Cara Membuat Windows Berlari Lebih Kencang

Di era pesaingan saat ini, semua dituntut untuk serba cepat, mulai dari bekerja, menyelesaikan tugas, dan sebagainya harus dilakukan dengan cepat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, kita harus memiliki perangkat yang mendukung. Salah satunya adalah dengan memiliki komputer/laptop yang berjalan cepat untuk mengerjakan tugas yang berbasis komputer, seperti mengetik surat, mengerjakan skripsi, bermain internet, mengirim email, chatting, dan lain-lain.
Cara-Membuat-Windows-Berlari-Lebih-Kencang

Cara Membuat Windows Berlari Lebih Kencang - Di era pesaingan saat ini, semua dituntut untuk serba cepat, mulai dari bekerja, menyelesaikan tugas, dan sebagainya harus dilakukan dengan cepat. Tentunya untuk memenuhi tuntutan tersebut, kita harus memiliki perangkat yang mendukung.

Salah satunya adalah dengan memiliki komputer atau laptop yang berjalan cepat tanpa  ngelag, lemot, bahkan sampai tidak dapat dioperasikan, memiliki perangkat PC yang super cepat tentu memiliki manfaat yang bagus yaitu untuk mengerjakan tugas yang berbasis komputer, seperti mengetik surat, mengerjakan skripsi, browsing, bermain game, mengirim email, chatting, dan lain-lain.

Nah, untuk itu saya akan berbagi tips bagaimana membuat sistem operasi windows dapat berlari lebih kencang untuk mendukung semua kegiatan kita, khususnya untuk windows7.

Memperbaiki File System


File asli bawaan windows mungkin saja tanpa kita sadari telah termodifikasi saat melakukan instalasi program. Sebagai informasi, terkadang file system (biasanya driver dan versinya) belum tentu memiliki kinerja yang lebih baik dari file system bawaan windows itu sendiri.

Untuk itu kita harus mengganti file-file driver dan mengembalikannya ke standar Operating System dengan cara :
  1. Klik Start – Accessories kemudian pilih Command Prompt dengan cara klik kanan kemudian pilih Run As Administrator.
  2. Ketikkan kode sfc /scannow dan akhiri dengan tekan Enter pada keyboard
  3. Tunggu proses hingga selesai.

Membuang Hambatan Start


Dalam perjalanan proses booting hingga tampil jendela desktop, seringkali kita akan menemui beberapa tahapan yang sebenarnya menjadi hambatan saat mulai menghidupkan komputer. Hambatan tersebut dapat berupa login screen, logo Microsoft atau proses login Windows, boot manager (untuk dual boat atau lebih).

Nah, untuk dapat memepercepat proses boating, kita dapat menyingkirkan hambatan-hambatan tersebut dengan beberapa cara berikut ini :
  1. Klik Start – Accessories kemudian pilih Run.
  2. Ketikkan msconfig.
  3. Aktif dalam tab Boot.
  4. Ganti nilai default Timeout dari 30 second menjadi angka yang lebih kecil, misalnya 5 second.
  5. Non-aktifkan logo windows dengan memberikan centang pada opsi No GUI boot.

Merampingkan StartUp Program


StartUp program ini dapat diartikan dengan sebuah program yang otomatis dijalankan (di-load) saat starting windows. Sesuai dengan pengertiannya, StartUp program akan memakan waktu yang lumanyan lama dalam membuka program StartUp yang baru, setelah itu kamu baru dapat mengoperasikan Windows secara normal.

Agar kinerja komputer atau laptop semaikin baik, kita dapat merampingkan atau mengurangi program-program yang terdapat di dalam folder startup.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan