Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Antivirus Palsu

Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tau bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu. Jangan sampai komputer kamu justru didiami oleh antivirus yang malah semakin menambah ancaman daripada perlindungan terhadap komputer kamu. Ini dia Ciri-Ciri Komputer Kamu Terinfeksi Antivirus Palsu.

Ciri-Ciri-Komputer-Terinfeksi-Antivirus-Palsu
Ilustrasi/ Pictures google
Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Antivirus Palsu - Kata siapa semua antivirus itu baik dan dapat menghilangkan virus yang ada di komputer kamu? Di Jaman serba canggih ini, bentuk penipuan dan ancaman juga semakin canggih.

Kini virus maupun malware juga bisa menyamar sebagai antivirus dengan tampilan yang tidak kalah rapi dan bagus. Mereka menginfeksi komputer kamu dengan menampilkan pesan bahwa kamu sedang terinfeksi virus dan membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya.

Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tau bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu.

Ciri Komputer Kamu Terinfeksi Antivirus Palsu


Jangan sampai komputer kamu justru di diami oleh antivirus yang malah semakin menambah ancaman daripada perlindungan terhadap komputer kamu. Ini dia Ciri-Ciri Komputer Kamu Terinfeksi Antivirus Palsu.

1. Iklan di Website


Kini semakin sulit untuk membedakan antara konten asli maupun iklan di internet. Iklan dari beragam provider bertambah pintar dan dapat menyerupai konten yang berada pada sebuah website. Keuntungan tersebutlah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menampilkan iklan mengenai antivirus palsu yang mereka ciptakan. Jenis iklan tersebut terkenal dengan nama malvertisement.

Malvertisement atau iklan malware biasanya akan menampilkan info palsu mengenai IP komputer kita, dimana kita tinggal, bahkan hingga menampilkan ada ancaman apa saja yang sedang bersemayam di dalam komputer. Tapi semua itu tidak ada yang benar. Kamu selayaknya tidak menginginkan peringatan palsu itu dan jangan sekali-kali menekan tombol apapun dari apa yang mereka sediakan.

2. Popup di Browser


Bukan iklan di website saja yang perlu diwaspadai. Beberapa website abal-abal juga menampilkan popup berisi pesan-pesan menakutkan, termasuk menampilkan bahwa komputer kamu sedang terinfeksi malware tertentu. Padahal popup itu adalah pesan dari salah satu pembuat antivirus palsu yang berharap untuk di-klik oleh kamu, dan mendownload software milik mereka.

Jika pesan seperti ini muncul ketika kamu sedang browsing, maka janganlah mudah panik dan abaikan saja setiap pesan yang mereka berikan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

3. Notifikasi di System Tray


Meskipun jarang, tapi bentuk penipuan dalam bentuk notifikasi system tray juga wajib diwaspadai lebih lanjut. Beberapa pihak pembuat malware menciptakan malware khusus yang dapat hadir dan memasang dirinya sendiri di komputer kesayangan kamu.

Pesan yang sering ditampilkan juga tidak main-main, meliputi peringatan terinfeksi virus, peringatan bahwa komputer sedang tidak sehat dan dipenuhi sampah, hingga komputer yang dipenuhi dengan celah keamanan yang berbahaya dan perlu untuk diperbaiki.

Notifikasi ini memang jarang terjadi karena mereka membutuhkan tindakan khusus yang dilakukan oleh pengguna komputer yang lalai dalam menginstal software tertentu. Tapi bukan berarti ini harus diabaikan begitu saja. Teruslah berhati-hati dalam membuka segala website dan mengeklik link tertentu yang disediakan.

Nah, itu tadi 3 ciri kalau komputer atau laptop kita terinfeksi antivirus palsu, semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa lebih berhati-hati memilih Antivirus untuk komputer dan laptop. Semoga bermanfaat.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan