Rekomendasi Situs Belajar Coding Pemrograman Gratis

Rekomendasi Situs Web E-learning Tempat Belajar Coding Programmer Secara Gratis.
Rekomendasi Situs Belajar Coding Pemrograman Secara Gratis

Rekomendasi Situs Belajar Coding Pemrograman Secara Gratis - Jaman dimana segala sesuatu dilakukan menggunakan teknologi digital seperti sekarang ini, kamu sudah tidak perlu repot untuk mencari informasi.

Karena dengan menggunakan smartphone, kamu tentu dapat dengan mudahnya memiliki berbagai informasi dengan mengetikkan keyword dimesin pencarian Google.

Tidak hanya itu, Perkembangan teknologi saat ini kita bisa belajar apa pun secara mudah dan gratis, hanya dengan membuka sebuah situs web. Pada kesempatan kali ini saya akan berikan rekomendasi situs belajar coding secara gratis

Table of Contents

Situs Rekomendasi untuk Belajar Coding Secara Gratis

Berikut daftar situs E-learning belajar coding gratis.

Codecademy

Situs Codecademy merupakan salah satu situs yang memungkinkan kamu belajar coding secara gratis. Luar biasanya, Sudah ada lebih dari 24 juta orang yang belajar coding menggunakan situs ini.

Di sini, kamu akan diajarkan tentang bahasa program HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton dan Ruby.

Coursera

Situs untuk belajar coding secara gratis selanjutnya yakni Coursera. Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2012 silam. Coursera sendiri sudah menjadi sebuah perusahaan di bidang pendidikan teknologi yang menawarkan lebih dari 1.000 program dan 119 institusi.

Yang menarik jika kamu belajar disini yaitu selain kamu bisa belajar gratis di situs ini, kamu juga bisa melakukan pembayaran untuk dapat memperoleh sertifikat.

edX

edX merupakan salah satu platform online-learning yang cukup terkenal di bidang pendidikan teknologi. Situs ini bersifat open source. Situs ini di dirikan pada tahun yang sama dengan Coursera dan dibangun oleh Universitas Harvard dan MIT.

Udemy

Situs Udemy merupakan situs belajar coding gratis yang sudah ada sejak tahun 2010. Dengan membuka situs ini, kamu bisa belajar pemrograman secara cuma-cuma dengan metode yang disajikan melalui tayangan video.

Salah satu pembelajaran yang tersedia gratis di sini adalah Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, serta Introduction Pyhton Programming.

aGupieWare

Situs aGupieWare merupakan sebuah pengembang aplikasi yang mana sudah disurvei oleh program ilmu komputer dari beberapa lembaga terkemuka di Amerika Serikat. Pada akhirnya, situs ini memiliki kurikulum yang sama berdasarkan program gratis yang juga tersedia di Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley dan Columbia.

GitHub

Situs GitHub dapat memungkinkan untuk mencari buku referensi ketika suatu waktu kamu dalam kondisi terdesak. Bahkan, kamu dapat mencari dan menemukan lebih dari 500 buku pemrograman secara gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Bahkan menariknya meskipun gratis, buku-buku yang ada di GitHub selalu update.

MIT Open Courseware

Situs ini cukup menarik. Pasalnya, jika kamu sudah merasa cukup dengan pembahasan pemrograman dasar, kamu bisa mengunjungi MIT Open Courseware untuk belajar coding secara gratis yang lebih mendalam lagi.

Sesuai dengan namanya, situs ini memanfatkan courseware milik MIT untuk bisa membagikan ilmu pemrograman. Bahkan, di sini kamu bisa belajar Practical Programming.

Hack.pledge()

Situs Hack.pledge() merupakan situs yang komunitas developer. Disini, kamu akan melihat beberapa developer yang high-profile. Perlu di ketahu, di situs ini ada developer terkenal bernama Bram Cohen. Beliau adalah penemu software BitTorrent. Tidak hanya belajar, tentu saja kamu bisa sambil berbagi pengalaman ke beberapa developer terkemuka di dunia.

Code Avengers

Code Avengers merupakan situs belajar coding gratis yang sangat interaktif. Disini, kamu bisa mempelajari bagaimana coding game yang sesungguhnya, coding sebuah aplikasi, serta tidak lupa akan ada pelajaran mengenai JavaScript, dan HTML & CSS. Setiap pelajaran, akan memakan waktu hingga 12 jam untuk dapat diselesaikan.

Khan Academy

Khan Academy Situs belajar coding gratis ini sudah cukup tua. Sudah ada sejak tahun 2006 yang mana pengajar pertamanya adalah Salman Khan. Setiap langkah untuk belajar coding disini disajikan dalam bentuk video tutorial.

Free Food Camp

Pada situs Free Food Camp, kamu akan mempelajari HTML5, CSS3, JavaScript, Database, DevTools, Node.js, Angular.js, dan Agile. Disini, kamu dapat bergabung dengan jaringan komunitas mahasiswa hingga profesional sekalipun.

Disini kamu bisa membuat sebuah aplikasi gratis sekaligus menunjukkan keterampilan coding yang sudah kamu kuasai.

HTML5 Rocks

Situs belajar coding gratis terakhir adalah HTML5 Rocks. Situs ini merupakan proyek Google yang sudah diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini didirikan untuk melawan HTML5 Apple. kamu bisa mendapatkan beragam tutorial dan lain sebagainya.

Dengan aktif mengunjungi situs ini, kamu akan mampu memiliki dasar yang baik dalam bidang pemrograman.

Penutup

Nah itu tadi 12 situs web rekomendasi belajar coding gratis. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika kamu memiliki situs rekomendasi lain untuk belajar coding gratis jangan lupa berbagi pada kolom komentar.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan