Apa itu Virus, Trojan, Worm dan Spyware

Mengenal Apa itu Virus, Trojan, Worm dan Spyware Mulai dari pengertian dan karakteristiknya.
Apa itu Virus, Trojan, Worm dan Spyware

Apa itu Virus, Trojan, Worm dan Spyware? - Kebanyakan dari kita mungkin masih bingung antara Virus, Worm, Trojan dan Spyware. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa program tersebut adalah sama.

Sederhananya semua program jahat memang merugikan pengguna komputer yang di ciptakan oleh orang-orang yang ingin merusak dan mengacau komputer orang lain.

Bahkan dapat mengakibatkan kerusakan nyata pada komputer seperti menghapus data pada harddisk atau hanya sekedar mengirmkan pesan aneh. Karena itu penting untuk mengetahui istilah virus, worm dan spyware.

Table of Contents

Perbedaan Virus, Worm, Trojan dan Spyware

Lalu apa perbedaan dari Virus, Trojan, Worm dan Spyware? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pengertian virus, trojan, worm dan spyware. Simak penjelasan berikut

1. Pengertian dan Cara Kerja Virus Komputer

Virus komputer bekerja dengan menempelkan diri pada suatu program atau berkas dimana dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya dengan menginfeksi komputer saat data bervirus berpindah.

Sebuah virus komputer harus menumpang pada program atau dokumen untuk dapat menyebar begitu program atau dokumen yang telah terinfeksi di buka atau di jalankan.

Jadi, sebuah virus tidak dapat menyebar dan membuat kerusakan tanpa bantuan pengguna komputer itu sendiri. Adapun beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh virus antara lain sebagai berikut :

Kerusakan Akibat Virus Komputer

  1. Kerusakan data dan menghapus File
  2. Menurunnya performa komputer menjadi lambat
  3. Delay saat menekan tombol keyboard
  4. Harddisk mengalami kehabisan ruang penyimpanan
  5. Lampu LED pada komputer (Harddisk atau Floppy Driver) terus menyala, sebagai penanda digunakannya device tersebut. Padahal kita tidak menggunakannya.
  6. Bermunculan nama-nama file baru dengan nama yang aneh, seolah-olah bagian dari sistem atau instalasi suatu program.
  7. Terdengan bunyi "beep" yang terus menerus. Seperti ketika keyboard ditekan.
  8. Keluar pesan yang mengganggu.
  9. File dalam posisi terhidden atau disembunyikan.
  10. Folder Option hilang dan Regedit tidak dapat diakses melalui Run.
  11. Task Manager terdisabled.
  12. Ukuran file yang terus berubah.
  13. Muncul opsi "Open With" pada saat klik Driver.

Karakteristik Virus Komputer

  1. Membutuhkan file untuk diinfeksi dan dijadikan sebagai basis reproduksi.
  2. Virus komputer menyerang jenis-jenis sel tertentu ".exe .com .sys .dll .ocx"
  3. Virus komputer mengubah kode program lain yang memungkinkan dapat menginfeksi program lainnya.
  4. Kode virus dieksekusi terlebih dahulu sebelum menjalankan kode asli program yang terinfksi.
  5. Kebanyakan virus komputer tidak menginfeksi ulang file yang telah diinfeksi sebelumnya.
  6. Tidak menampakan gejala tertentu atau mungkin Nampak pada waktu-waktu tertentu, sebagai payload.
  7. Beberapa virus memiliki kode mutase atau system
  8. Virus komputer dapat mencegah file yang telah terinfeksi dan diinfeksi oleh virus komputer lain. Namun dapat juga memberantas virus komputer lain.
Selain itu, banyak virus komputer yang menyebar melalui internet baik dari Email, crack dari suatu program dan attachment yang tidak kita kenal pengirimnya.

2. Pengertian dan Cara Kerja Worm

Rancangan worm mirip dengan virus dan sering dianggap satu kelas di bawah virus. Worm berbeda dengan virus, dapat berpindah dari komputer satu ke lainnya tanpa bantuan pengguna komputer.

Worm biasanya berpindah dari komputer satu ke lainnya melalu jaringan dan dapat berkembang dengan sangat cepat melalui jaringan yang saling terhubung tersebut. Bahaya terbesar dari worm adalah kemampuannya untuk menggandakan diri dalam sebuah sistem komputer.

Jadi, satu komputer yang terinfeksi oleh worm bukan hanya mengirimkan sau Salinan worm saja tetapi dapat mengirmkan ratusan atau ribuan worm. Hal ini akan mengakibatkan memori sistem menjadi cepat penuh.

Worm tidak hanya dapat menyusup kedalam sistem komputer tetapi dapat juga mengendalikan komputer yang sudah terjangkiti. Berikut kerusakan yang dapat dilakukan oleh Worm.
  1. Kegagalan jaringan karena saluran bandwith dipenuhi data worm.
  2. Corroupt data akibat overwriting kode.
  3. Sistem mengalami crash dan kinerja menurun atau lambat
  4. Perubahan sistem tanpa peringatan terlebih dahulu
Worm menyebar denga cepat dan membuat jaringan menjadi kelebihan beban sehingga akses ketika menggunakan komputer dan internet seperti Email, file Sharing (P2P) IRC Channels akan terasa lambat.

Pengertian dan Cara Kerja Trojan Horse

Biasanya Trojan terlihat seperti program perangkat lunak atau games yang bebas diunduh dari internet. Berbeda dengan virus dan worm, Trojan tidak dapat menjangkit dan menggandakan diri secara otomatos.

Trojan merupakan aplikasi perangkat lunak palsu yang menyatakan program ini mengerjakan sesuatu tetapi sebenarnya mengerjakan lainnya.

Trojan Horse dapat juga membuat kerusakan dengan menghapus data pengguna dan beberapa diantaranya hanya menampilkan pesan aneh dan manipulasi desktop dengan menampillkan icon lucu di komputer.

Bahkan torjan dapat menciptakan lubang keamanan atau backdoor dengan membuka port pada komputer agar dapat mengakses komputer target dan membobol sistem keamanan.

Trojan banyak diguankan bersama dengan Malware lainnya dan dapat melakukan beberapa hal seperti mengumpulkan informasi dari komputer yang terkena Trojan dan menggunakan komputer yang sudah terinfeksi sebagai proxy untuk melakukan remote attack misalnya DDoS (Distributed Daniel of Service) dan beberapa hal lainya.

Kerusakan Akibat Trojan

Berikut beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh Trojan.
  1. Dapat menggunakan sumber daya komputer lain untuk melakukan remote attack.
  2. Merusak file sistem dan mengakibatkan malfunction sistem komputer.
  3. mengUpload Malware lainnya untuk dapat mengakses informasi penting.
  4. Kerusakan terhadap file baik penghapusan, menimpa file dan merusak file yang mengakibatkan file corroupt.
  5. Mengendalikan komputer korban.
Dalam beberapa kasus mengapa komputer masih dapat terkena Trojan? Meskipun user tidak pernah membuka email yang tidak dikenal, membuka attachment dari sumber yang tidak diketahui dan tidak pernah melakukan download.

Jawabnnya adalah karena hacker mampu menipu user hingga tanpa sadar menginstal dan mendownload software tersebut dengan menipulasi social engineering, seperti Pretexting, Phising, Baiting, Phone Phising dan Confidence Tricksters of Fraudsters.

3. Pengertian dan Cara Kerja Spyware

Spyware merupakan program yang bekerja dengan memata-matai pengguna komputer. Setelah terinstall, Spyware akan memonitor aktifitas user dan melakukan kegiatannya tanpa diketahui oleh pengguna komputer.

Ada beberapa kasus Spyware dapat ternistall dan menginfeksi komputer tanpa di sadari pengguna dengan meng-klik link tertentu ataupun pop-up browser windows.

Misalnya terdapat pesan dalam komputer kita bahwa komputer terkena virus dan meminta melakukan scan onlie, karena gugup user akan menjalankan perintah tersebut hingga mengakibatkan spyware akan terinstall ke komputer.

Karakteristik Spyware

Spyware dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
  1. Adware
  2. Keylogger
  3. Financial
  4. Proxies
  5. Password Stealer dan Cracker
  6. Hijacker
  7. RATS

Ciri Komputer Terkena Spyware

  1. Muncul pop-up iklan sewaktu mengakses website, bahkan menampilkan beberapa iklan porn*grafi.
  2. Ikon-ikon muncul pada systray.
  3. Browser tidak melakukan pencarian ketika keyword diinputkan.
  4. Muncul pesan windows error.
  5. Home page dan hail search page selalu berubah dan akan mengakses website yang berbeda dari yang sebelumnya dipilih user. Menggubah settingan tidak akan berpengaruh, bahkan setelah direstart.
  6. Banyak tool-tool tambahan yang melekat pada browser.’usaha untuk mengubah kembali ke settingan awal menjadi sulit.
  7. Perfomasi komputer melambat ketika akan mengakses aplikasi atau file.
  8. Reset home page.
  9. Favorit list dipenuh website tidak dikenal.
  10. Internet Explorer tidak bekerja seperti biasanya.
Jika pada komputer yang kita miliki, mengalami tanda-tanda seperti diatas bisa jadi komputer terdapat spyware.

Penutup

Nah itu tadi artikel mengenai Apa itu Virus, Trojan, Worm dan Spyware. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan