Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Mesin Pencarian Google

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Mesin Pencarian Google Yang Jarang Kamu Ketahui.
Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Mesin Pencarian Google Search

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Mesin Pencarian Google - Siapa yang tidak kenal dengan Google? Pasti semua orang di Indonesia dan bahkan seluruh Dunia ini tahu apa itu Google. Yapps, karena jika kita terhubung ke internet tidak akan pernah lepas dari yang namanya Google.

Ketika kita ingin mencari informasi, tutorial, berita terkini tentunya kita pasti menggunakan mesin pencarian google. Karena dengan menggunakan Google kita dapat mencari sebuah artikel dengan hanya mengetikan sebuah kata atau kalimat. Dengan kata kunci yang efektif untuk mencari sesuatu, akan langsung menemukan apa yang kita cari.

Google Search, dengan tampilannya yang sederhana ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa. Tidak hanya untuk mencari informasi, layanan google search ini tentu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Table of Contents

Kelebihan Mesin Pencarian Google

Lalu apa saja kemampuan luar biasa yang dimiliki Google? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang membahas kelebihan yang dimiliki mesin pencarian terbesar ini. Penasaran? Yuk baca sampai habis artikel berikut ini.

#1. Google Sebagai kalkulator

Google Sebagai kalkulator

Kita bisa memanfaatkan google sebagai kalkulator untuk menghitung soal matematika, dengan hanya mengetikan "kalkulator" atau langsung mengetikan soal yang akan dihitung maka google Akan menampilkan hasilnya.

Agar lebih jelas tentang Petunjuk penggunaan kalkulator, bisa baca disini. Sebagai contoh kita akan menghitung 150^0.5*pi.

#2. Mencari konstanta

Mencari konstanta

Bagi yang masih sekolah, tentu kelebihan dari Google yang satu ini pasti bermanfaat. Kita bisa mencari nilai sebuah konstanta di Google dengan mudah, misalnya: pi, e, h, G.

#3. Mengonversi satuan

 Mengonversi satuan

Pasti kita sering mendengar satuan mil. Sebenarnya 1 mil itu berapa meter? Dengan menggunakan Google untuk mengonversi nya, kita mampu mendapatkan jawaban yang tepat.

#4. Mengonversi mata uang

Mengonversi mata uang

Selain mengonversi satuan, Google juga dapat mengonversi mata uang, misalnya dari dollar ke rupiah. Namun sebelum menggunakan fitur ini, kita harus tahu kode mata uang satuan negara.

#5. Mencari definisi

Mencari definisi

Jika kalian mempunyai tugas untuk mencari definisi kata/istilah asing, Google dapat mencarikan definisi kata yang kita cari.

#6. Mencari tipe file tertentu

Mencari tipe file tertentu

Ini yang paling penting, terutama bagi yang sering mencari sebuah artikel untuk pembelajaran. Kita bisa langsung mencari sebuah artikel dengan format file yang di inginkan, misalnya: word atau pdf, sehingga kita tidak perlu lagi Copy - Paste pada halaman web.

Format pencariannya "kata filetype:extensi file" Contoh: "belajar komputer filetype:pdf". Goole akan langsung mencari semua artikel yang mengandung kata Belajar komputer dengan format file pdf.

Berikut file type yang bisa kita cari di Google
  1. Adobe Portable Document Format (pdf)
  2. Adobe PostScript (ps)
  3. Lotus WordPro (lwp)
  4. Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
  5. MacWrite (mw)
  6. Microsoft Exsel (xls)
  7. Microsoft Word (doc)
  8. Microsoft PowerPoint (ppt)
  9. Microsoft Work (wks, wps, wdb)
  10. Microsoft Write (wri)
  11. Rich Text Format (rtf)
  12. ShockWave Flash (swf)
  13. Text (ans, txt)

#7. Membuat grafik persamaan

Membuat grafik persamaan

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membuat grafik persamaan yang rumit dengan cepat, haya tinggal memasukan fungsi kedalam kotak penulusuran. Misalnya, saya akan membuat grafik persamaan COS (20*x)+sin(x), cos(7*x)+sin(x).

#8. Menejermahkan bahasa

Menejermahkan bahasa

Mungkin fitur ini sudah tidak asing bagi yang sering mencari terjemahan kata dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke Inggris. Selain mampu menerjemahkan sebuah kalimat, Google juga mampu menerjemahkan sebuah web/blog ke berbagai bahasa.

Misalnya, jika kamu ingin membaca blog ini dalam bahasa Inggris, masukan saja urlnya di kotak Translate a Web Page. Pilih bahasa sumber dan bahasa yang akan diterjemahkan. Kalau bahasanya baku, Google mampu menerjemahkan lebih baik.

#9. Konversi warna

Konversi warna

kamu dapat menggunakan Google untuk memilih warna atau mengonversi satu kode warna ke kode warna lainya. Misalnya, kita mengonversi warna Heksa menjadi RGB.

Caranya kamu hanya perlu mengetikan kode warna di kolom komentar.

#10. Mencari buku

Mencari buku

Bagi kalian yang gemar membaca dan ingin mencari buku yang tidak kamu temukan di toko buku, bisa kalian cari di Google book. Misalnya, kalian ingin mencari buku terbitan Jasakom, tinggal masukan saja kata kuncinya dan Enter. Secara otomatis Google akan menampilkan buku-buku yang diterbitkan oleh Jasakom.

#11. Membandingkan dan Memesan Hotel Menggunakan Penelusuran Google

Memesan Hotel

Buat kalian yang sering traveling jalan-jalan keluar kota tentunya membutuhkan tempat istirahat yaitu penginapan atau hotel. Nah dengan menggunakan penelusuran google tentunya kalian bisa membandingkan harga dan memesan hotel.

Dengan fitur yang dapat menfilter lokasi, harga, kelas dan ranting tentunya cukup untuk mencari hotel sesuai dengan keuangan kalian.

Penutup

Nah itu tadi Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Mesin Pencarian Google. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan