Mengenal Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

Mengenal Tanda Flashdisk Terkena Virus dan Cara Mengatasinya.
Mengenal Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

Mengenal Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk - Sebagai salah satu media transfer data paling populer saat ini maka tidak heran jika pembuat virus kerap mengincar media ini untuk menyebarkan virus.

Karena itu tidak jarang banyak orang yang mengalami flashdisk mereka rusak secara tiba - tiba atau kehilangan data penting di dalamnya.

Biasanya kerusakan flashdisk akibat virus memiliki ciri atau gejala yang sering muncul. Berikut ini beberapa gejala yang muncul jika flashdisk terserang virus:

Table of Contents

Mengenal Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

Ada banyak gejala dan ciri jika flashdisk terserang virus yang mengakibatkan data kita hilang atau flashdisk rusak. Lalu apa saja ciri flashdisk rusak terserang virus?

1. Munculnya bad sector

Memang untuk kita yang awam mengenali bad sector tidaklah mudah, tetapi yang jelas bahwa misalnya flashdisk tersebut di defrag maka akan muncul beberapa bad sector yang artinya disanalah virus bersarang.

2. Volume flashdisk berubah

Ini merupakan gejala yang kerap sering terjadi dimana kapasitas flashdisk yang secara tiba-tiba berubah. Misalnya flshdisk kamu 16GB dan tiba-tiba berubah menjadi 78KB maka pasti flashdisk sudah terkena virus.

Meski begitu tidak semua masalah kapasitas yang berkurang disebabkan karena virus, bisa jadi karena memang terdapat kerusakan pada komponan flashdisk.

3. Beberapa folder/File Berubah Ukurannya

Jika kamu mempunyai folder yang berisi banyak gambar dan ukurannya tiba-tiba menjadi kecil sampai ukuran KB, maka folder tersebut pasti sudah terinfeksi.

Karena secara logika jika kamu menyimpan banyak gambar dalam folder tersebut maka satu file gambar saja pasti sudah melebihi 78Kb apalagi jika banyak gambar.

4. Muncul File Baru Yang Asing Namanya

Secara tiba-tiba ketika membuka komputer sudah ada file yang sebelumnya tidak pernah ada/dibuat. Formatnya bisa execute, atau text. Ekstensinya juga umum misalnya; .exe, .doc, .dll, .scr dan lain-lain.

Biasanya file asing ini jumlahnya banyak dan ukurannya sama semua. Jika ini terjadi kamu perlu berhati-hati dan segera lakukan scanning anti virus menggunakan software antivirus yang tersedia.

5. Muncul Folder Baru

Jika muncul folder baru yang tidak pernah kamu buat atau copy dari tempat lain, apalagi jika ikonnya terlihat aneh, folder tersebut pasti virus dalam flashdisk.

Kamu bisa baca cara menampilkan folder yang disembunyikan virus di sini untuk cara mengatasinya.

6. Muncul File Baru Bernama Folder.htt

Jika dalam flashdisk kamu tiba-tiba terdapat muncul file baru bernama folder.htt, kamu perlu berhati-hati dan segera lakukan scanning menggunakan antivirus.

Karena biasanya itu adalah file dengan eksitensi untuk mengaktifkan virus.

7. Muncul File autorun.inf

File autorun gunanya untuk mengeksekusi file tertentu ketika flashdisk diakses. Jangan coba-coba membuka file ini karena keadaan akan makin parah.

8. Muncul File desktop.ini

File desktop.ini secara default tidak akan pernah ada dengan sendirinya dalam flashdisk jika tidak kamu masukkan.

Namun jika tiba-tiba muncul, maka waspadalah terhadap flasdisk ini. Jangan coba-coba membuka file ini karena keadaan akan makin parah.

9. Folder Sama Berulang

Jika dalam folder terdapat sebuah folder lagi yang namanya sama persis dengan folder induk dan tidak pernah kamu buat maka itu adalah virus.

10. Pesan Run wscript.exe

Ketika flshdisk di colok ke komputer dan pada jendela autopaly muncul pesan Run wscript.exe maka pesan ini adalah petunjuk untuk mengaktifkan virus.

Biasanya pesan ini berada pada urutan pertama autoplay. Jika pesan ini muncul maka jangan pernah mengeksekusi pesan tersebut.

Penutup

Nah itu tadi Mengenal Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan