Tips Merawat Komputer atau Laptop yang Baik dan Benar

Tips merawat komputer dan laptop agar awet dan tetap dengan performa yang baik dan powerfull.
Tips Merawat Komputer atau Laptop yang Baik dan Benar

Tips Merawat Komputer atau Laptop yang Baik dan Benar - Salah jika perawatan hanya dilakukan setelah terjadi keluhan atau kerusakan! karena sebetulnya perawataan perangkat komputer harus dilakukan setiap saat kamu menggunakannya. Karena itu sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Pasti kita menginginkan perangkat komputer yang dimiliki bisa awet dan tahan lama meskipun selalu digunakan setiap hari, untuk itu perangkat komputer atau bahkan laptop harus selalu bisa dirawat dengan baik dan benar.

Tidak inginkan kamu kesal ketika sedang bekerja tiba-tiba terjadi kerusakan komputer? Nah untuk itu kali ini inputekno akan membahas tentang bagaimana perawatan komputer yang baik dan benar.

Table of Contents

Perawatan Hardware

Sebelum saya membahas bagian software ada baiknya membahas terlebih dahulu beberapa hal yang perlu di lakukan dalam merawat komputer secara fisik ataupun hardware.

Ada beberapa poin untuk melakukan perawatan secara fisik pada perangkat komputer ataupun laptop, yaitu sebagai berikut :

Tips Merawat Komputer atau Laptop yang Baik dan Benar
  1. Pastikan komponen komputer telah terpasang dengan benar. Khusus untuk komputer rakitan. Misalnya pemasangan card tambahan, memory, soket processor, dan sebagainya. Hal ini bisa berakibat fatal jika terjadi kesalahan dalam pemasangan.
  2. Letakan komputer pada tempat yang strategis yaitu pada tempat dengan kondisi kelembaban yang rendah dan tidak secara langsung terkena sinar matahari.
  3. Bersihkan debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun monitor. khususnya pada komputer yang ditempatkan diruang terbuka. Kontraksi debu yang tinggi dapat menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu.
  4. Gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) karna sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba. Hal ini akan berdampak kurang baik pada komputer, apalagi pada perangkat komputer yang sudah tua hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya power Supply, Hardisk, bahkan motherboard.
  5. Perhatikan suhu komputer khususnya pada pemakaian dalam waktu yang lama. Komputer yang terlalu panas dapat mengakibatkan kerusakan (terbakar) yang paling sering dialami oleh processor dan power supply.
  6. Jika sistem pendingin pada komputer masih terasa kurang, kamu bisa menambahkan kipas-kipas pendingin.

Perawatan Software

Melakukan perawatan komputer bukan hanya secara fisik saja, melainkan juga bisa dilakukan melalui sistem operasi dan software yang ada di dalamnya.

Hal yang perlu kamu lakukan merawat komputer secara software :

Tips Merawat Komputer atau Laptop yang Baik dan Benar
  1. Pastikan struktur partisi hardisk telah proporsional. Lihat kembali caranya di artikel sebelumnya di Merawat hardisk secara fisik dan Merawat hardisk secara digital.
  2. Gunakan operating system dan program-program yang sesuai dengan spesifikasi hardware perangkat kamu. Misalnya, tidak menggunakan komputer untuk game jika komputermu tidak dirancang untuk game atau memiliki spesifikasi yang rendah
  3. Selalu melakukan perawatan sistem
  4. Selalu melakukan Backup pada data-data yang dirasa penting. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu tekena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal hardisk.
  5. Lakukan instalasi ulang OS dan aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang secara menyeluruh sebaiknya dilakukan sekali atau dua kali pada 1 tahun untuk menyegarkan seluruh sistem.
Perlakuan khusus untuk laptop Perawatan komputer secara hardware dan software yang dijelaskan diatas juga berlaku untuk Laptop, namun ada beberapa tambahan perlakuan khusus untuk merawat laptop seperti:

1. Cara meletakan laptop

#Letakan laptop pada tempat yang permukaannya datar atau rata dan keras

Permukaan yang tidak rata akan mengakibatkan posisi Laptop miring saat menerima ketukan pada keyboard akan mengakibatkan goncangan hardware di dalamnya.

Dampaknya bisa saja dalam waktu lama menimbulkan kerusakan. Permukaan yang lunak seperti tempat tidur akan menghambat sirkulasi udara dari kipas Laptop yang biasanya dipasang dibagian bawah atau samping.

#Jauhkan dari air

Biasanya kamu bekerja sambil minum teh dan meletakannya teh tersebut di meja tempat menaruh laptop. Hal ini rentan terjadi ketumpahan atau tersiram air yang dapat berakibat fatal ( konsleting ) dan harus mengganti motherboard.

#Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop

Radiasi laptop dapat mengganggu kesehatan reproduksi dan tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri.

2. Cara membawa laptop

#Hindari goncangan berlebihan

Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan yang berlebihan saat membawanya atau bahkan pernah terjatuh itu bisa mengakibatkan rusaknya motherboard atau lcd.

#Gunakan tas pelindung

Laptop yang aman. Hal ini bisa mengurangi goncangan saat laptop dibawa kemana-mana.

3. Tips menggunakan software

#Install program sesuai kebutuhan saja

Hal ini untuk memperhatikan kecepataan akselerasi laptopmu sehingga bisa menghemat memori dan hardisk. Jangan terlalu banyak menginstall program yang dirasa tidak begitu penting.

#Pasang antivirus dan selalu meng-update-nya

Menjaga keamanan, terlebih lagi kalau laptop yang kamu gunakan sering terkoneksi dengan internet. Hal ini wajib dilakukan, selalu update Antivirus yang digunakan akan membuat komputer atau laptop rentan terkena serangan virus berbahaya.

Baca: Solusi Jika Gagal Update Antivirus

#Instal program perawaan untuk sistem

Anda bisa menggunakan software TuneUp Utilities 2010. atau mendapatkan program perawatan sistem lainya dengan bantuan mesin pencarian Google.

Penutup

Mudah bukan cara merawat komputer kita agar tetap sehat selalu? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan