Cara Membersihkan File Sampah Data Pada Komputer

Banyaknya jenis sampah data pada sebuah hardisk komputer ataupun laptop menumpuk akan dapat mengakibatkan hardisk semakin penuh dan sesak dengan file sampah yang takutnya akan menurunkan kinerja komputer.
Cara-Membersihkan-Sampah-Data-Pada-Komputer
Ilustrasi - Pictures By ShulterStock
Cara Membersihkan File Sampah Data Pada Komputer - Banyaknya jenis sampah data pada sebuah hardisk komputer ataupun laptop  yang menumpuk akan dapat mengakibatkan hardisk semakin penuh dan sesak dengan file sampah yang takutnya akan menurunkan kinerja komputer.

Lalu apa saja yang termasuk ke dalam sampah data?
  1. File yang terhapus ( berasal dari folder Recycle Bin ) dan sebenarnya tidak secara permanen hilang dari hardisk. 
  2. File-file tersebut masih ada dalam lokasi ( Sector ) yang sama pada hardisk namun tidak terlihat.
  3. Temporary file atau file sementara baik yang muncul saat melakukan instalasi program maupum temporary file yang terbentuk secara otomatis saat kita menggunakan internet. Catatan-catatan (Log) yang dibuat secara otomatis oleh sebuah program. Misalnya log scaning Anti Virus.
Microsoft telah menyediakan sebuah tool khusus untuk membersihkan sampah data yang bernama Disk CleanUP pada setiap versi sistem operasi Windows.

Tools ini dapat kamu jalankan dengan klik Sart > Programs > Accesories > System Tool > Disk Clean Up atau dengan yang lebih sederhana dengan klik Start > Run kemudian ketik cleanmgr.exe.

Selanjutnya kamu dapat melakukan pembersihan data sampah dengan cara :
  1. Pilih driver atau partisi yang akan dibersihkan.
  2. Berikan centang pada jenis samoah yang akan dihapus.
  3. Klik OK dan tunggu proses pembersihan hingga selesai.
Selain menggunakan tools bawaan dari Windows, Kamu juga dapat menggunakan utility khusus gratis yang dapat membersihkan hardisk dari sampah-sampah file yang masih tersisa. untuk caranya akan Inputekno bagikan diartikel selanjutnya.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan