Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7/8/10 Menggunakan Rufus

Salah satu cara untuk membuat flashdisk bootable adalah menggunakan rufus. Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenisnya seperti WinToBootic, RMPrepUSB, Universal USB Installer. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat flashdisk bootable Window 7/8/10 menggunakan software utility Rufus.
Cara-membuat-bootable-flashdisk-menggunakan-rufus

Cara Membuat Media Installer Bootable Flashdisk Windows 7/8/10 Menggunakan Rufus - Sebagian orang untuk menginstall windows memilih untuk menggunakan CD/DVD sebagai medianya, padahal ada cara yang lebih simpel dan mudah yang bisa kamu gunakan dalam menginstall sistem operasi pada komputer atau laptop.

Berawal ketika saya ingin menyelesaikan laporan prakerin, di mana saya membahas tentang sistem operasi komputer dan sedikit membahas bagaimana cara pemasangan sistem operasi tersebut. Dan saya menemukan pembahasan menarik yaitu "cara menggunakan flash disk sebagai media instalasi sistem operasi" atau yang disebut flash disk bootable, hanya dengan menggunakan flash disk bisa membuat media instalasi sistem operasi.

Lalu bagaimana agar flash disk bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi kedalam komputer/laptop? Salah satu cara untuk membuat flashdisk bootable adalah menggunakan aplikasi rufus. Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.

Tentang Aplikasi Rufus

Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, aplikasi rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenisnya seperti WinToBootic, RMPrepUSB, Universal USB Installer atau Windows 7 USB/DVD Download Tool ketika melakukan pembuatan USB bootable flashdisk.

Aplikasi Rufus juga mendukung pembuatan Bootable Flash disk untuk banyak sistem operasi, seperti Arch Linux, Archbang, CentOS, Fedora, FreeDOS, LiveXP, Kubuntu, Linux Mint, OpenSUSE, Ubuntu, Windows XP, Windows Server, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan sistem operasi lainnya.

Beberapa kegunaan software utility Rufus

  • Membuat media instalasi USB dari ISO bootable ( Windows, Linux, UEFI, dll)
  • Membantu kamu yang perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki sistem yang terinstal
  • Membantu kamu yang perlu Flash BIOS atau firmware lain dari DOS kamu yang ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat  Flash Disk Bootable Window 7/8/10 menggunakan software utility Rufus.

Peralatan dan Perlengkapan

  1. Aplikasi Rufus, jika kamu belum memilikinya bisa download terlebih dahulu secara geratis melalui situs resminya di http://rufus.akeo.ie/
  2. Flash disk, kapasitas flashdisk minimal 4 GB dikarenakan ukuran windows 7/8/10 ini cukup besar. Pastikan juga Flash Disk kamu memiliki cukup ruang penyimpanan, silakan format terlebih dahulu jika diperlukan.
  3. File ISO Windows 7/8/10, jika file iso anda masih dalam bentuk rar/zip maka ubah terlebih dahulu ke ISO agar dapat digunakan.
  4. Format Flash Disk Dengan Model FAT32 ( Default )
  5. Buka Exploler kemudian pilih flashdisk yang akan diformat
  6. Klik kanan pada Flashdisk kemudian pilih Format

Membuat Flashdisk Bootable Window 7/8/10 Dengan Rufus
1. Colokan flashdisk ke dalam port USB komputer/laptop kamu.
2. Jalankan software rufus

Keterangan:
Pilih flashdisk yang akan digunakan untuk flashdisk bootable
Pilih NTFS
Pilih file iso windows 7/8/10

Untuk membuka file iso caranya klik pada gambar seperti CD, untuk lebih jelas lihat gambar diatas dan perhatikan nomor 3, kemudian cari file ISO kemudian pilih Open.
Setelah file ISO dipilih kemudian silakan klik 'Start'.
Jika setelah klik Start ada peringatan WARNING, tinggal klik 'OK'.
Kemudian silakan tunggu proses hingga selesai dan mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama.
Jika sudah tampak seperti gambar dibawah ini, berarti proses sudah selesai, silakan tekan tombol Close untuk mengakhiri.

Setelah membuat flashdisk bootable windows 7/8/10 sudah selesai, maka flashdisk siap digunakan untuk menginstall windows laptop atau komputer kamu. dan jangan lupa ganti first boot nya di settingan BIOS dengan removable disk dan nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk untuk instalasi sistem dan cara penginstalan nya pun sama dengan menginstal menggunakan CD/DVD.

Semoga bermanfaat buat Anda yang ingin menginstall sistem operasi dengan mudah menggunakan flashdisk, demikian tutorial yang menjelaskan Cara Membuat Media Installer Bootable Flashdisk Window 7/8/10 Menggunakan Rufus

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan