Mudah, Begini Cara Mengganti Nama File Secara Masal

Mudah, Begini Cara Mengganti Nama File Secara Masal - Sering kali kamu menjumpai file dengan nama yang kurang jelas, misalkan file musik dengan nama "track 06.pm3". Hal ini tentu akan menyulitkan kalian mencari dan mengunakan file tersebut. Untuk itu disarankan menggantinya dengan nama yang lebih jelas, misalkan "Sejedewe06.mp3" (artis.mp3) agar file terlihat rapi dan teratur. berikut ini tutorial cara mengganti file secara masal pada perangkat komputer
Begini-Cara-Mengganti-Nama-File-Secara-Masal
Ilustrasi cara mengganti file secara masal/Pictures Google
Mudah, Begini Cara Mengganti Nama File Secara Masal Sering kali kamu menjumpai file dengan nama yang kurang jelas, misalkan file musik dengan nama "track 06.pm3". Hal ini tentu akan menyulitkan kalian mencari dan mengunakan file tersebut.

Untuk itu disarankan menggantinya dengan nama yang lebih jelas, misalkan "Sejedewe06.mp3" (artis.mp3) agar file terlihat rapi dan teratur yang memperkecil kemungkinan hilangnya data karena kelalaian atau ketidaktelitian menyeleksi berdasarkan nama serta mempermudah pengaturan lokasi.


Salah satu program gratis yang dapat kalian gunakan untuk mengganti nama file secara otomatis adalah IrfanView (program photo viewer) yang dapat kamu download pada situs resminya. Masuk kedalam menu Download. Tunggu proses download hingga selesai.

Setelah program selesai di-download, kemudian instal pada komputer kalian dengan cara double klik file hasil download tersebut dan ikuti tahap instal selanjutnya. Selanjutnya jalankan program IrfanView dan mulailah mengganti nama file secara sekaligus dengan langkah berikut :

Cara Mengganti Nama File Secara Masal


1. Klik menu File > Batch Conversion/Rename.
2. Untuk mengganti file secaara masal, aktifkan opsi Batch Rename pada kolom Work as.
3. Tentukan pola penamaan baru yang kalian inginkan. Pola tersebut terdiri dari dua komponen penting yaitu NamaFile_### ( tanda # untuk penomoran ). Misalkan Inputekno_###.
4. Tentukan lokasi folder penyimpanan dengan klik Browser. Jika kalian ingin menyimpan hasil foto-foto tersebut di dalam folder asalnya, maka kalian dapat mengklik tombol Use current ('look in') directory.
5. Selanjutnya, kalian dapat masuk ke dalam lokasi folder file yang akan di-rename sekaligus pada kolom Look in.
6. Seleksi file-file tersebut atau masukan semua file foto dengan klik tombol Add all.
7. Mulailah melakukan penggantian nama secara sekaligus dengan klik tombol Start Batch. 
Sekian tips cara mengganti nama file secara masal yang bisa saya berikan. semoga bermanfaat untuk kalian.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan