Tips Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk

Tips Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk Agar Tetap Awet dan Tidak Rusak.
Tips Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk
Melindungi Partisi Hardisk/ Google

Tips Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk - Sebagai media penyimpanan hardisk memiliki resiko yang sangat fatal di bandingkan dengan komponen komputer lain. Karena itu kesehatan hardisk sangatlah penting agar hardisk selalu dalam keadaan optimal.

Ada beberapa tips untuk menjaga dan melindungi hardsik dari kerusakan. Lalu apa saja tips agar hardisk tetap awet tersebut?

Table of Contents

Pengertian Harddsik

Secara umum istilah hardisk dikenal sebagai media penyimpanan pada komputer ataupun laptop. Jika dilihat dari namanya, (Hardisk = Hard + Disk) Hard = keras dan Disk = piringan, hardisk ini berbentuk piringan (bulat) keras yang bernama platter yang sangat sensitif.

Oleh karena itu hardisk selalu dilindungi oleh logam pada lempengan hardisk (bentuk fisik yang biasa kamu lihat) agar tidak tekontaminasi oleh debu ataupun partikel lain.

Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk

Cukup sederhana sebenarnya untuk merawat hardisk agar selalu sehat dan mampu memberikan kinerja yang baik salah satunya :

Biasakan Shutdown

Biasakan mematikan komputer ataupun laptop secara prosedur dengan tombol shutdown atau turn off. Hindari mematikan komputer secara langsung mencabut arus listrik pada komputer yang aktif.

Ada cara cepat mematikan PC/Laptop menggunakan shortcut keryboard. Jadi kamu tidak perlu lagi klik sanasini untuk mematikan perangkat PC/Laptop.

Periksa Arus Listrik

Pastikan kondisi listik berada dalam keadaan stabil. Jika listrik tidak stabil, tegangan "naik-turun", dan sering "mato-menyambung" yang secara otomatis membuat komputer mati secara tiba-tiba.

Ada baiknya kamu segeralah lengkapi komputer dengan stavolt (Stabilizer voltase) atau yang lebih baik lagi dengan UPS (Uninterruptible Power Supplu)

Penutup

Nah itu tadi Tips Cara Merawat dan Melindungi Partisi Hardisk. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan