Cara Mudah BackUp Driver Komputer dan Laptop Windows

Cara-Mudah-BackUp-Driver-Komputer-dan-Laptop-Windows
Ilustrasi - Pictures By Google
Cara Mudah BackUp Driver Komputer dan Laptop Windows - Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa peranan driver pada perankat PC sangatlah penting. Berapa pun kualitas dan harga hardware yang dimiliki, tidak akan dapat digunakan jika komputer tidak mengenali drivernya. Untuk itu Anda wajib selalu menjaga file driver agar selalu aman dan dapat digunakan setiap saat jiga kamu ingin menginstal ulang komputer.

Namun apa jadinya jika CD driver yang biasa disertakan dalam satu paket penjualan hardware hilang? Ada dua cara yang dapat kamu lakukan, yaitu :
  1. Mengunjungi situs produsen hardware dan men-download file driver (jika disediakan) atau mencari software driver di dalam internet.
  2. Membackup driver dari Windows yang masih aktif menggunakan utility khusus driver backup.

Meskipun komputer berjalan normal, sebaiknya Anda tetap waspada jika suatu kali windows telah rusak. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pilihan kedua (termudah) yaitu dengan menggunakan utility backup driver seperti DriverMax.

Cara Backup Driver Komputer/Laptop Menggunakan Tools DriverMax


Bagaimana cara melakukan Backup menggunakan DriverMax? Jangan bingung, karena disini saya akan berbagi tutorial cara untuk membackup menggunakan utility DriverMax, jadi baca sampai habis artikel ini.

Sebelum pada tahap tutorial, yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan aplikasi DriverMax ini dengan men-download dari situs resmi drivermax. Klik Download DriverMax Free dan tunggu download hingga selesai.

Setelah program master dari Driver Max berhasil di download. Kini Instal DriverMax dengan cara double klik file hasil download tadi dan tunggu hingga selesai.

Selanjutnya setelah DriverMax berhasil di instal di dalam komputer, Anda dapat mulai memerintah DriverMax untuk menyimpan driver-driver yang telah terinstal pada windows yang kamu gunakan Caranya adalah :

1. Buka aplikasi DriverMax. Klik Start > All Programs > DriverMax.
2. Masuk ke dalam Tab Backup.
3. Kemudan pilih Create driver backup arachive. Klik Next.
4. Setelah itu pilih driver apa saja yang akan kamu backup. Sebaiknya kamu mem-backup seluruh driver dengan klik Select All, siapa tau driver tersebut dibutuhkan suatu saat nanti. Jika sudah maka Klik Backup.
5. Tunggu hingga proses backup selesai.
6. Kalau sudah selesai maka buka hasil backup tadi dengan cara klik Open backup folder.
7. Jika file backup sudah ada berarti backup drivers sukses.

*) Catatan: Secara default, DriverMax akan menyimpan file backup driver kedalam folder My Documents. Sebaiknya jika sudah selesai mem-backup, file hasil backup pindahkan ke lokasi penyimpanan drive (partisi) lainya (misalkanya drive D) karena drive C adalah drive (partisi) sistem yang rentan terhadap kerusakan dan format karena instal ulang.

Simpan dengan baik folder atau file hasil backup ini karena akan sangat dibutuhkan jika suatu saat terjadi kerusakan atau jika saat melakukan instal ulang windows.

Mudah bukan? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, jangan lupa share jika tutorial ini bermanfaat.Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel