Cara Merawat Harddisk Tetap Baik - Optimization Hardware

Secara umum hardisk sangatlah penting untuk sebagai media penyimpanan (data-data penting). Banyangkan jika saja hardisk yg kita gunakan rusak dan data-data yg berada didalamnya hilang nyeesek banget pasti, nah untuk itu kali ini rulnovekom mau berbagi tips nya, cukup sederhana sebenernya untuk merawat hardisk agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut:
Cara-Merawat-Harddisk-Tetap-Baik-Optimization-Hardware
Ilustrasi/ Pictures google
Cara Merawat Harddisk Tetap Baik (Optimization Hardware) - Harddisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan sistem operasi, data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia.

Secara umum harddisk atau hard driver sangatlah penting untuk sebagai media penyimpanan (data-data penting). Banyangkan jika saja harddisk yang kita gunakan rusak dan data-data yang berada di dalamnya hilang tentu itu membuat nyeesek banget pasti.

Nah untuk itu kali ini saya mau berbagi tips agar harddisk yang kita gunakan terawat dan tetap baik, tentunya jika haddisk terawat pasti pengoprasian komputer atau laptop dapat berjalan baik dan data-data penting juga tetap terja. Sebetulnya cukup sederhana untuk merawat harddisk agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut:

Tips Merawat Hardisk Tetap Sehat


#1. Biasakan shotdown - Maksud saya matikan Komputer atau laptop secara prosedur, yaitu menjalankan Shotdown atau Trun Off. Hindari mematikan perangkat PC/ Laptop secara langsung dengan menekan tombol power hal ini akan membuat harddisk cepat rusak atau jebol.

#2. Periksa arus listrik - Pastikan listrik dirumah atau kantor berada dalam keadaan stabil, jika listrik tidak stabil "naik-turun" dan sering "mati-nyambung" secara otomatis membuat Komputer mati secara tiba-tiba tentu ini akan berdampak rusaknya harddisk, kecuali mungkin untuk laptop jika batarei tidak memadai lebih baik segera shotdown.

#3. Hindari guncangan dan benturan pada hardisk Komputer atau laptop yang mengakibatkan head membentur platter yang tidak semestinya dan merusak harddisk.

#4. Jangan mengkoneksikan kabel hardisk saat Komputer sedang aktif agar tidak terjadi konsleting pada harddisk.

#5. Kondisikan suhu PC termasuk harddisk dalam batasan yang wajar, meskipun  hal ini dianggap sepele, panas yang berlebihan bisa saja membakar harddisk.

Mungkin segitu yangg bisa saya bagikan seputar perawatan harddisk PC atau laptop, postingan selanjutnya sa akan membagikan Cara Merawat Hardisk Secara Digital.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan