Tanda Bahwa Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya


Tanda-Tanda-Komputer-Terkena-Virus-berbahaya
Tanda Bahwa Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya - Virus komputer merupakan program khusus yang mampu mengendalikan diri dan menyusup ke dalam program tertentu, virus ini di desain untuk mengubah dan memanipulasi sistem komputer yang akan melakukan perubahan sesuai dengan sifat induk virus itu sendiri.

Contoh Virus Boot sector, virus ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus.

Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar seperti monitor, printer, dsb dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer contoh floopy, drive lain selain drive c.

 Tanda Bahwa Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya


Lalu apa saja tanda bahwa komputer kita terinfeksi virus? Langsung aja simak tanda bahwa komputer terinfeksi atau terkena virus dibawah ini.

#1. Sistem Melambat

Selain terjadinya penumpukan file sampah pada sistem operasi yang mengakibatkan menurunnya kinerja komputer ada faktor lain juga yang dapat menyebabkan komputer lemot salah satu faktor adalah pengaruh virus yang menyerang komputer.

#2. Beberapa File tiba-tiba Hilang

File atau folder yang terinfeksi virus akan disembunyikan (hidden) atau bahkan jika tidak langsung ditangani dengan antivirus update mungkin berkas file akan dihapus oleh virus. Tentunya ini sangatlah berbahaya, apalagi jika soft file tersebut memang sangatlah penting. Jika Anda mengalami hal ini cobalah langsung melakukan scan virus dengan antivurs terupdate.

#3. Keluar Pesan Aneh

Tiba-tiba muncul pesan aneh yang menandakan komputer telah terinfeksi virus. Pesan tersebut dapat berupa peringatan dan membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya. Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tau bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu.

#4. Keluar kejadian aneh

Jika komputer terinfeksi virus, maka akan terjadi kejadian aneh terhadap komputer kita, contohnya komputer akan restart jika kalian menjalankan msconfig. tools-tools windows akan hilang atau bisa berubah nama.

#5. Muncul file-file baru

Akan muncul tampian file-file baru yang tidak pernah kalian buat sebelumnya. Misalnya saja file shortcut setiap folder yang kalian miliki dalam satu lokasi (virus shortcut) atau bisa saja file dengan ekstensi lainnya yang muncul dalam jumlah yang banyak dan ukuran sama.

#6. Settingan program berubah

Pengaturan windows beruabah dan kalian tidak akan bisa memperbaikinya. Misalkan settingan wallpaper berganti dengan gambar lain, dan ketika akan dikembalikan seperti semula kalian tidak bisa menggantinya.

#7. Program antivirus tiba-tiba rusak

Kalau kena virus yang dapat menghilangkan program antivirus, berarti virus telah mampu menghancurkan program antivirus, sehingga kamu sendiri tidak dapat menghapus virus tersebut.

#8. Beberapa Tools tidak berfungsi

Misalnya fitur Folder Options hilang, dan sebagainya.

Tanda-tanda diatas merupakan tanda umum yang sering terjadi pada komputer yang terinfeksi virus, jika salah satu ciri diatas telah dialami komputer atau laptop kalian segeralah melakukan pembersihan terhadapat komputer kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel