8 Tanda Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya

8 Tanda Komputer atau Laptop Terinfeksi Virus Berbahaya dan Cara Mengatasinya!
8 Tanda Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya
Virus Komputer/ Google

8 Tanda Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya - Virus komputer merupakan program khusus yang mampu mengendalikan diri dan menyusup ke dalam program tertentu, virus ini di desain untuk mengubah dan memanipulasi sistem komputer yang akan melakukan perubahan sesuai dengan sifat induk virus itu sendiri.

Karena itu PC/ Laptop wajib memasang software antivirus untuk mencegah perangkat terinfeksi virus yang berasal dari internet atau file berbaha lainnya yang bisa berakibat fatal.

Mengetahui ciri-ciri laptop atau komputer terkena virus juga tidak kalah penting agar bisa mengantisipasi efek yang lebih jauh dari virus itu sendiri. Lalu apa saja ciri komputer atau laptop kena virus?

Table of Contents

Ciri Laptop atau Komputer Terkena Virus

Berikut ini ciri atau tanda laptop dan komputer terkena virus berbahaya yang wajib kamu tahu.

Sistem Melambat

Selain terjadinya penumpukan file sampah pada sistem operasi yang mengakibatkan menurunnya kinerja komputer ada faktor lain juga yang dapat menyebabkan komputer lemot salah satu faktor adalah pengaruh virus yang menyerang komputer.

Beberapa File Hilang

File atau folder yang terinfeksi virus akan disembunyikan (hidden) atau bahkan jika tidak langsung ditangani dengan antivirus update mungkin berkas file akan dihapus oleh virus.

Tentunya ini sangatlah berbahaya, apalagi jika soft file tersebut memang sangatlah penting. Jika kamu mengalami hal ini cobalah langsung melakukan scan virus dengan antivurs terupdate.

Keluar Pesan Aneh

Tiba-tiba muncul pesan aneh yang menandakan komputer telah terinfeksi virus. Pesan tersebut dapat berupa peringatan dan membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya.

Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tahu bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu.

Keluar Kejadian Aneh

Jika komputer terinfeksi virus, maka akan terjadi kejadian aneh terhadap komputer kita, contohnya komputer akan restart jika kalian menjalankan msconfig. tools-tools windows akan hilang atau bisa berubah nama.

Muncul File-file Baru

Akan muncul tampian file-file baru yang tidak pernah kalian buat sebelumnya. Misalnya saja file shortcut setiap folder yang kalian miliki dalam satu lokasi (virus shortcut) atau bisa saja file dengan ekstensi lainnya yang muncul dalam jumlah yang banyak dan ukuran sama.

Setingan Program Berubah

Pengaturan windows beruabah dan kamu tidak akan bisa memperbaikinya. Misalkan setingan wallpaper berganti dengan gambar lain, dan ketika akan dikembalikan seperti semula kalian tidak bisa menggantinya.

Program Antivirus Tiba-tiba Rusak

Kalau kena virus yang dapat menghilangkan program antivirus, berarti virus telah mampu menghancurkan program antivirus, sehingga kamu sendiri tidak dapat menghapus virus tersebut.

Beberapa Tools Tidak Berfungsi

Misalnya fitur Folder Options hilang, dan sebagainya.

Penutup

Nah itu tadi 8 Tanda Komputer Terinfeksi Virus Berbahaya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan