Pengertian, Tipe, Keunggulan XML (Extensible Markup Language)

XML adalah bahasa markup menggunakan tag label, mengkategorikan dan mengatur informasi dalam spesifikasi cara. Markup menjelaskan dokumen atau data struktur dan organisasi. Konten, seperti teks, Gambar, dan data, adalah bagian dari kode yang berisi markup Tag. Definisi xml adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.
Pengertian-Tipe-Keunggulan-XML-Extensible-Markup-Language
Ilustrasi/ Pictures google
Pengertian, Tipe, Keunggulan XML (Extensible Markup Language) - XML adalah bahasa markup menggunakan tag label, mengkategorikan dan mengatur informasi dalam spesifikasi cara. Markup menjelaskan dokumen atau data struktur dan organisasi. Konten, seperti teks, Gambar, dan data, adalah bagian dari kode yang berisi markup Tag.

Hal ini juga yang paling menarik untuk kebanyakan manusia sehari-hari yang membaca atau berinteraksi dengan data dan kebutuhan dokumen. fleksibilitas XML telah berkembang yang menyebabkan digunakan untuk bertukar data dalam berbagai bentuk.

#Pengertian XML


Definisi xml adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.

XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.

XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.

#Tipe XML

  1. XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
  2. XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
  3. XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.

#Keunggulan XML

  1. Pintar (Intelligence). XML dapat menangani berbagai tingkat (level) kompleksitas.
  2. Dapat beradaptasi. Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Seperti Microsoft membuat bahasa MSXML atau Macromedia mengembangkan MXML.
  3. Mudah pemeliharaannya.
  4. Sederhana. XML lebih sederhana.
  5. Mudah dipindah-pindahkan (Portability).  XML mempunyai kemudahan perpindahan (portabilitas) yang lebih bagus.

Nah, mungkin itu penjelasan mengenai XML (Extensible Markup Language) mulai dari pengertian, tipe, hingga keunggulan XML. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share. Terima kasih
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan