Inilah Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya

Inilah Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya Mulai dari Versi Starter, Home Basic, Professional, Enterprise dan Ultimate.
Inilah Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya

Jenis-Jenis Versi Windows 7 Dan Perbedaannya - Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009, dirilis 3 tahun setelah Windows Vista. Pada mulanya, versi Windows ini sebelumnya dikenal sebutan Blackcomb yang dirancang sebagai pengganti Windows XP dan Windows Server 2003, namun rilis sementara diberi kode Longhorn atau windows vista yang di umumkan tahun 2003, menunda pengembangan Blackcomb.

Pada pertengahan 2003, Longhorn menemukan kelemahan system operasi Windows dengan cepat, lalu Microsoft mengganti prioritas pengembangan. Blackcomb di ubah namanya di Wina pada awal 2006 dan menjadi Windows 7 di tahun 2007, dan Windows 7 ini rilisan terbaru dari Microsoft Windows.

Table of Contents

6 Versi Windows 7 dan Perbedaanya

Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi paket windows. Versi-versi tersebut antara lain :

Windows 7 Starter

Versi paling minim fitur, antaralain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system komputer itu sendiri.

Windows 7 Home Basic

Memasukan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikatagorikan belum maju.

Windows 7 Home Premium

Ditunjukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP Mode juga tidak ada.

Windows 7 Professional

Ditunjukan untuk bisnis kecil dan pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun di tambahkan remote desktop, windows XP Mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.

Windows 7 Enterprise

Ditunjukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengkskripsi hardisk.

Windows 7 Ultimate

Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditunjukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.

Adapun kelebihan yang dimiliki Windows 7 ultimate adalah sebagai berikut :
  1. Booting lebih cepat
  2. Irit konsumsi daya
  3. Optimasi dalam prefetching
  4. Adanya aplikasi Device Storage
  5. Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
  6. Mendukung Teknologi multi touch (layar sentuh)
  7. System pencarian data yang lebih cepat
  8. Tampilan dan aplikasi lebih menarik (Snap, Home Group, Jump List, Windows Media Center, Windows Live Essentials, Web Slices, Parental Control)
  9. Konsumsi daya CPU, Harddisk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
  10. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD

Penutup

Jadi pilih yang mana? Dari semua perbedaan semua versi edisi windows 7, kamu bisa menyesuaikan sistem operasi yang cocok untuk digunakan.

Nah itu tadi Jenis-Jenis Versi Windows 7 Serta Perbedaannya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan