Cara Mengamankan Sistem Komputer [Update II]

Mengamankan Sistem Komputer kita dari orang jahat (hacker) atau orang lain.
Cara Mengamankan Sistem Komputer [Update II]

Cara Mengamankan Sistem Komputer [Update II] - "Kuncilah pintu sebelum meninggalkan rumah", ini adalah pesan nenek di dunia nyata yang juga bisa di terapkan di komputer apalagi di dunia maya. Sering kali entah sengaja atau lupa seseorang pada suatu kantor meninggalkan komputer dalam keadaan menyala.

Hal ini lumayan beresiko apalagi jika terdapat data-data penting di dalamnya. Karena itu kali ini kita akan membahas mengenai istilah keamanan sistem komputer. Penasaran? baca sampai habis penjelasan dan tips berikut.

Table of Contents

4 Titik Fokus Keamanan Komputer

Pengamanan komputer, terutama sistem komputer mencakup 4 titik fokus, antara lain :

1. Mengamankan Situasi

Hal pertama yaitu situasi dimana komputer dalam situasi yang mudah diawasi, terutama jika kamu berada di kantor atau di tempat banyak orang. Apabila harus meninggalkan komputer ke tempat yang jauh dari jangkauan secara langsung, jangan lupa mematikan komputer terlebih dahulu.

2. Mengamankan Hak Akses

Jika kamu mengerti soal administrator komputer, maka pastikan kamu telah membuat account user sebagai pendamping account administrator, dan pertimbangka untuk membatasi hak akses kepada user hanya pada program-program tertentu saja.

3. Mengamankan Data Penting

Amankan data-data penting dan atur tingkatan hak akses data kepada orang yang menggunakan atau mengakses komputer. Gunakan password pada folder dan file-file penting dalam komputer dan apabila dianggap sangat beresiko, sembunyikan folder atau file-file tersebut.

4. Mengamankan Jaringan

Jika komputer kamu berada dalam jaringan komputer, baik Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network-WAN jangan lupa lakukan 3 langkah diatas. Lakukan enkripsi terhadap file-file penting dan gunakan sofware pengaman internet misalnya antivirus, anti spyware.

Langkah Cara Mengamankan Sistem Komputer

Bagaimana menerapkan ke 4 poin diatas tadi? Caranya cukup mudah, karena secara keseluruhan komputer yang kita gunakan sudah memiliki opsi-opsi tersebut untuk mengamankan sistem ataupun data penting.

1. Managemen Account Administrator

Membuat 2 akun user pada komputer bisa menjadi solusi untuk mengatur penggunaan, dimana satu akun berupa Administrator dan yang lainnya berupa user atau pengguna.

Dengan begitu ketika orang lain mengakses komputer kita dengan akun user, maka mereka tidak akan bisa melakukan banyak hal. Nah untuk membuat user administrator dan user biasa ikuti panduan berikut.

1. Mengamankan Administrator Account

  • Buka [Contorl Panel]
  • Cari dan buka [User Account]
  • Klik [Create new password]
  • Buat password dan ikuti langkah selanjutnya

2. Membuat Akun User

  • Buka [Contorl Panel]
  • Buka User accounts
  • Klik tulisan [Create a new account]
  • Tulis nama new user pada kolom kosong, lalu klik [Next]
  • Pada [Pick an account type] pilih [Limited] untuk membatasi hak user
  • Klik [create account]

2. Mengamankan Folder/File Komputer

Folder atau file merupakan data yang penting untuk kita lindungi, jangan sampai file penting bisa dengan mudah di akses oleh orang lain. Cara sederhana untuk mengamankan filder file komputer dari orang lain ada dengan cara menyembunyikan folder/file komputer.

Penutup

Nah itu tadi Cara Mengamankan Sistem Komputer [Update II]. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan