Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

5 Cara Penyebaran Virus Komputer Melalui Media Perangkat Yang Umum Kita Gunakan dan Cara Mengatasinya!
Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya - Virus layaknya virus biologi harus memiliki media untuk dapat menyebar, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer atau mesin lainnya juga melalui berbagai media, seperti media flashdisk.

Selain itu terdapat media lain yang sering virus gunakan untuk menyebarkan diri ke berbagai perangkat, salah satunya yang akan kita bahas kali. Lalu apa saja?

Table of Contents

5 Media Penyebaran Virus Komputer

Terdapat 5 media yang memang sering kali digunakann untuk menyebarkan virus komputer, berikut ini beberapa perangkat media umum yang sering digunakan.

Disket, Flash Disk, media storage R/W

Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya.

Media yang bias melakukan operasi R/W (Read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

Jaringan Lokal (LAN)

Hubungan antara beberapa komputer secara langsung sangat memungkinkan virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus.

Cobalah cek terlebih dahulu komputer lainnya jika ingin membuat jaringan local jangan sampai komputer lain terdapat virus. Karena ini bisa menjadi alat untuk virus tersebar dengan mudah.

Internet

Sangat mungkin suatu situs sengaja di tanamkan suatu 'virus' yang akan menginfeksi komputer yang mengaksesnya. Karena itu penting untuk berhati - hati jika kita membuka situs yang mungkin tidak kita kenal.

Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan

Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version. Nah, untuk itu kita harus lebih berhati - hati dalam mendownload software gratisan untuk digunakan pada komputer kita.

Attachment Email, Transfering File

Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi.

File - file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya untuk mengecoh para korban dengan mudah.

Penutup

Nah itu tadi Cara Penyebaran Virus Pada Komputer dan Cara Mengatasinya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan