Gejala Umum Serangan Virus Pada Laptop dan Komputer

Jika kamu mengalami gejala berikut pada perangkat komputer dan laptop waspada virus sudah menyerang komputer dan laptop kamu.
Gejala Umum Serangan Virus Pada Laptop dan Komputer

Gejala Umum Serangan Virus Pada Laptop dan Komputer - Virus komputer memang sangat berbahaya dan merugikan, karena itu perlu yang namanya software antivirus yang terinstal untuk menjaga hal-hal bahaya dari keperadaan virus tersebut. Meski begitu terkadang masih saja ada virus yang lolos dari hasil scaner antivirus.

Biasanya keberadaan virus dalam komputer mulai dirasakan ketika virus tersebut mulai bekerja aktif menyerang laptop dan kompute kamu. Nah untuk mencegah hal-hal yang lebih jauh tentu kamu harus memahami gejala yang timbul akibat adanya virus di perangkat kamu.

Gejala Umum Serangan Virus Laptop/ PC dan Cara Mengatasinya

Di artikel kali ini kita akan membahas gejala yang di akibatkan virus dan cara mengatasi virus komputer yang membahayakan dan merugikan tersebut. Berikut ini beberapa gejala umum yang sering ditemui ketika virus sudah menyerang komputer dan cara mengatasinya.

Komputer Menjadi Lambat

Hal ini bisa dipastikan jika sebelumnya kamu tidak mengistall aplikasi apapun tetapi sistem tiba-tiba menjadi sangat lambat. Dengan adanya kejadian ini tanpa sebab yang kamu ketahui maka sebaiknya mulai berjaga-jaga. Kejadian lain dalam hal ini adalah jika mengakses jaringan lokal dan komputer jadi sangat lambat.

Komputer Sering Hang

Ketika kamu hanya berada di desktop tetapi komputer menjadi sering hang maka itu juga adalah gejala awal yang harus di waspadai. Namun ada pengecualian jika kamu baru mengistall suatu program lalu komputer hang maka ada kemungkinan lain yaitu konfik antar program.

Muncul Kedipan-kedipan Aneh Pada Layar Desktop

Artinya ketika kamu berada di desktop atau pada sebuah program aplikasi dan tiba-tiba blank/gelap sejenak lalu muncul lagi dai ini berulangulang terjadi, maka mulailah waspada. Ini adalah gejala virus.

Komputer Restart Sendiri

Pada pembahasan sebelumnya (kerusakan hardware) penyebab lain komputer restart sendiri adalah power suply tidak stabil. Tetapi jika anda yakin power suply anda baik dan komputer sering restart sendiri maka ini juga adalah gejala umum virus.

Beberapa Folder/File Tiba-tiba Berubah Ukurannya

Jika kamu mempunyai folder yang berisi banyak gambar dan ukurannya tiba-tiba menjadi 78 KB, maka folder tersebut pasti sudah terinfeksi. Logikanya jika kamu menyimpan banyak gambar dalam folder tersebut maka satu file gambar saja pasti sudah melebihi 78 Kb apalagi jika banyak gambar.

Beberapa File/Folder Menghilang

Ini sangat umum terjadi kalau buka berubah ukurannya maka kejadian lain adalah menghilang dari penyimpanan hardisk kamu. Kejadian inilah yang membuat pengguna awam paling panik ketika hendak bekerja dan file pekerjaannya sudah hilang. Namun benarnya file pekerjaan tersebut tidak hilang hanya disembunyikan oleh virus.

Muncul File-file Baru Yang Asing

Secara tiba-tiba ketika membuka komputer sudah ada file yang sebelumnya tidak pernah kamu lihat dan tidak merasa kamu buat. Formatnya bisa execute, atau text. Ekstensinya juga umum misalnya; .exe, .doc, .dll, .scr dan lain-lain. Namun harap diperhatikan bahwa file asing ini jumlahnya banyak dan ukurannya sama semua.

Muncul Pesan Asing

Jika tiba-tiba muncul pesan asing misalnya “Aku Mencintaimu” dan semua pesan yang sifatnya tidak karuan dan tidak pernah kamu buat, maka itu berarti ada virus dalam komputer. Namun harap diperhatikan bahwa biasa juga muncul pesan yang ada kaitannya dengan program aplikasi dalam komputer, misalnya notif software yang kamu gunakan.

Timbul Peristiwa Aneh

Jika tiba-tiba ketika membuka sebuah fasilitas komputer misalnya membuka regedi, msconfig, command dan komputer malah hang dan restart maka waspadalah itu gejala virus.

Setting Sistem Operasi Berubah

Secara default maka misalnya Folder Option akan berada pada Control Panel dan berada dalam sub menu Tools. Seringkali virus menghilangkan fasilitas ini, misalnya pada serangan Brontok beberapa tahun lalu.

Anti Virus Tiba-tiba Tidak Jalan atau Menjadi Sangat Lambat

Harap dicatat bahwa selain menyerang pekerjaan dan sistem komputer virus juga paling senang menginfeksi anti virus sehingga anti virus yang sudah kalah perang melawan virus malah akan menjadi virus juga. untuk lebih jelas Anda bisa baca artikel disini.

Beberapa Tools Windows Tidak Berfungsi

Beberapa shortcut misalnya [CTRL+ALT+DEL]. [windows+R] menjadi tidak berfungsi ataupun berfungsi tetapi hanya terbuka sebentar dan kemudian mati lagi.

Penutup

Nah itu tadi Gejala Umum Serangan Virus Pada Laptop dan Komputer yang bisa kamu pelajari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan lebih jauh yang menimbulkan kerusakan yang merugikan terhadap Laptop atau PC kamu.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, Jika ada tambahan lain kamu bisa berbagi melalui kolom komentar.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan