Pengertian Virus Trojan Horse, Sejarah dan Cara Kerjanya!

Mengenal Pengertian Virus Trojan Horse, Sejarah dan Cara Kerjanya Serta Bagaimana Terhindar Dari Trojan.
Pengertian Virus Trojan Horse, Sejarah dan Cara Kerjanya!

Pengertian Virus Trojan Horse, Sejarah dan Cara Kerjanya! - Ada banyak jenis virus komputer yang dapat menggangu kinerja perangkat komputer atau laptop. Salah satunya adalah virus Trojan Horse.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengerian trojan horse mulai dari sejah dan cara kerja trojan itu sendiri.

Table of Contents

Pengertian Virus Trojan Horse

Trojan Horse sebenarnya bukanlah virus dalam arti yang sesungguhnya karena program ini tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan diri ke program lain. Namun demikian program ini tidak kalah berbahaya dibanding virus komputer.

Trojan Horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik. Namun di balik daya tarik software tersebut tersembunyi fungsi lain untuk melakukan perusakan. Pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya terpancing untuk menjalankannya.

Akibatnya tentu fatal, karena dengan demikian si pengguna telah menjalankan rutin-rutin perusak yang siap menebar bencana.

Sejarah Virus Trojan Horse

Istilah Trojan Horse berasal dari Yunani di mana diceritakan para pejuang bersembunyi di dalam kuda troja yang terbuat dari kayu yang sangat besar. Mereka kemudian keluar dari kuda kayu tersebut setelah dikira pergi dari daerah itu.

Begitu keluar dari kuda, pejuang-pejuang itu kemudian menyerang target-target yang ditentukan. Para pejuang itu memberikan jalan kepada para pejuang lain yang akan datang menyerang.

Trojan termasuk jenis malware, yaitu automated-program atau program yang dapat hidup sendiri. Trojan juga dianggap destruktif, hanya saja tidak seperti virus yang menyebarkan diri sendiri. Namun demikian trojan akan terdeteksi sebagai virus.

Cara Kerja Virus Trojan Horse

Cara kerja trojan sebenamya cukup mudah, hampir sama dengan aplikasi Client/Server. Diperlukan program di server yang listen ke port tertentu dan kemudian kamu dapat menggunakan client application untuk connect ke port tersebut.

Program server ini yang akan ditempatkan di mesin target. Jika program ini telah aktif maka ia akan tersembunyi di dalam memori dan mengubah beberapa setting di mesin target. Untuk menjalankan program server ini ada beberapa cara, melalui autoexec.bat, win.ini, ataupun file sejenis yang dijalankan pada saat mesin target di-start.

Yang paling umum adalah dengan menempatkannya di registry, khususnya di Windows, yang akan terlihat seperti:
"HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run"Server"="C:\\WINDOWS\\server.exe"
Program tersebut tidak akan terlihat oleh user. Program ini dapat mengambil password, setting mail, IP, dan port number.

Dengan adanya program server (trojan) yang telah aktif di komputer target, kamu dapat melakukan koneksi menggunakan program remote (client).

Tentu saja kamu dapat melakukan banyak hal, tergantung fasilitas yang ada di dalam trojan tersebut. Sumber trojan dapat didownload pada :
  1. http://www.sinred.com
  2. http://www.tlsecuntv.coin
  3. http://www.v3knetwork.org
  4. http://bionet.tlsecuritv.com
  5. http://www.infemoindustries.cjb.net
  6. http://www.sub7.slak.org
  7. http://www.cultdeadcow.com

Lalu Apa Itu Trojan Horse?

  1. Trojan merupakan tool yang dapat digunakan untuk memonitor mesin lain. Trojan dapat dikatakan sebagai kamera tersembunyi yang ditempatkan di komputer target.
  2. Trojan bukanlah hacking tools, hanya pelengkap untuk langkah hacking.
  3. Begitu kamu dapat masuk ke sistem target, kamu dapat memasukkan trojan ini untuk kelanjutan monitoring, kontrol dan mencuri password di mesin target.
Perlu kamu ketahui bahwa FBI ingin mengimplementasikan Carnivore yang berguna untuk mengetahui informasi email orang yang ditargetkan.

Begitu juga dengan trojan, kamu dapat menggunakannya untuk memonitor target, apakah teman ataupun bos. Tujuan setiap orang memakai trojan tentu berbeda-beda.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Virus Trojan Horse, Sejarah dan Cara Kerjanya!. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan