Cara Instal Website Wordpress Di Localhost

Cara Mudah Instal dan Buat Website Secara Localhost Menggunakan Wordpress.
Cara Instal Website Wordpress Di Localhost

Cara Instal Website Wordpress Di Localhost - Saat ini tersedia banyak layanan gratis untuk membuat sebuah website seperti wordpress, Joomla!, Drupal, Wix dan Blogger.

Pada pembahasan kali ini, saya ingin mencoba membahas bagaimana membangun website wordpress menggunakan server sendiri atau secara localhost. Karena WordPress menyediakan kode sumber yang dapat di-download secara gratis.

Mengapa pada server sendiri atau localhost? Jawabannya karena akses secara penuh pada website memungkinkan kita untuk belajar berkreasi secara maksimal. Hal ini sangatlah berguna bagi kita yang ingin belajar membangun sebuah website yang profesional dengan maksimal sebelum membuatnya online. Lalu bagaimana cara membuat web wordpress secara localhost?

Table of Contents

Cara Instal Wordpress Di Localhost

Sebelum menginstal wordpress pada localhost, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu software wordpress yang dapat di download http://wordpress.org/download/, database dan juga XAMPP.

Agar kita bisa menginstall wordpress pada localhost, kita harus instal XAMPP terlebih dahulu. Apa itu XAMPP? penjelasan tersebut sudah dijelaskan beserta cara penginstalanya pada artikel Cara Intalasi XAMPP di Windows sebelumnya.

Membuat Database XAMPP Wordpress

Cara untuk menginstal wordpress yang pertama yaitu kita buat dulu database wordpress terlebih dahulu dengan dengan cara berikut:
  • Buka Aplikasi XAMPP
  • Aktifkan service "Apache" dan "MySQL" dengan cara Klik Start
  • Selanjutnya buka browser lalu ketikan localhost pada browser
  • Lalu klik phpMyAdmin
  • Selanjutnya kita buat database website dengan cara klik New > isi kolom Database name (sebagai contoh saya isi dengan nama blog untuk nama database saya) > klik Create
  • Pada tahap ini kita sudah berhasil membuat database yang akan kita gunakan nanti. Maka hasilnya akan nampak seperti berikut

Konfigurasi Database XAMPP Wordpress

  • Masih di tampilan database yang dibuat tadi
  • klik Privileges kemudian klik Add user account
  • Setelah itu isi kolom Username dengan nama kamu (contoh saya menggunakan username rulnovekom), Hostname isi dengan localhost, Password isi sesuai keinginan (sebagai contoh saya menggunakan password 123678), Generate password isi sesuai dengan password yang kamu masukan tadi.
  • Pada tulisan Global privileges centang Check all
  • Setelah semua selesai klik GO
Pada tahap membuat database untuk wordpress localhost sudah selesai. Selanjutnya kita beralih ke tahap instal wordpress.

Langkah Instal Wordpress Di Localhost

Langkah #1: Download terlebih dahulu file zip wordpress diatas, kemudian ekstrak kemudian pindahkan semua folder wordpress hasil ekstrak ke folder htdocs yang berada pada direktori XAMPP berikut Local Disk (C:) > xampp > htdocs
Langkah #2: Selanjutnya adalah mengganti nama file wp-config-sample.php yang berada di dalam folder wordpress menjadi wp-config.php dengan cara di-rename
Langkah #3: Edit file wp-config.php tadi dengan menggunakan aplikasi editor seperti Notepad atau Notepad++. Yang perlu di-edit adalah DB_NAME, DB_USER, DB_PASSWORD. Lihat detail tabel dibawah untuk konfigurasinya

Name Detail
DB_NAME Ganti sesuai dengan database yang kita buat tadi sebelumnya untuk wordpress tersebut
DB_USER Ganti dengan nameuser database yang sudah kita buat tadi sebelumnya
DB_PASSWORD Ganti sesuai dengan password user database yang telah kita buat sebelumnya

Langkah #4: Jika konfigurasi sudah selesai, selanjutnya buka browser dan ketik localhost/wordpress/install.php. Maka akan tampak laman seperti gambar dibawah ini, isi judul situs, isi nama pengguna, password dan juga e-mail kamu. Kemudian klik Instal WordPress
Langkah #5: Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman login.
Langkah #6: Isikan data login sesuai dengan User dan Password yang kamu buat pada poin nomor 4 barusan
Langkah #7: Jika berhasil masuk, maka kamu akan melihat tampil halaman administrator atau dashboard wordpress kamu

Sampai pada tahap ini instalasi wordpress di localhost sudah selesai, lalu bagaimana jika kita ingin mengakses situs yang dibuat tadi? Caranya tinggal ketik localhost/wordpress/ pada browser untuk melihat tampilan website wordpress yang telah dibuat.

Cara Buat Postingan, Ganti Tema dan Widget Wordpress

Sebuah website tentu harus di isi dengan yang namanya sebuah informasi baik berupa artikel, navigasi dan widget. Nah untuk caranya sendiri kamu bisa membaca panduan berikut

Cara Buat Postingan

Untuk menambah sebuah postingan baru ke website, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
  • Klik pos > Tambah Baru
  • Isi dengan judul tilisan
  • Isi bagian artikel dengan tulisan yang kalian ingin publikasikan
  • Pilih salah-satu katagori dari tulisan atau dapat menambahkkan sebuah katagori baru
  • Tambahkan Tag untuk postingan yang ingin kamu buat
  • Klik Terbitkan untuk menerbitkan atau menampilkan tulisan tersebut pada halaman website

Cara Ganti Theme

Untuk mengganti theme wordpress, klik Tampilan – Tema kemudian klik salah satu theme yang ada dan secara otomatis theme tersebut akan dijadikan default sebagai tampilan website kamu.

Untuk menambahkan theme baru kedalam wordpress kamu bisa klik Tambah Tema Baru > Unggah Tema dengan cara meng-upload nya tapi pastikan theme yang kalian upload masih berbentuk file zip.

Kamu juga bisa menambah theme wordpress secara manual dengan cara salin theme ke folder wp-content/themes. Sebagai contoh saya ingin mengganti theme dengan theme esteem.1.3.1 dengan cara menyalin theme tersebut ke folder wp-content/themes. Berikut caranya :
  • Ekstrak theme yang kamu download
  • Folder hasil exktrakan tadi pindahkan ke C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-content\themes
  • Selanjutnya refresh browser kalian yang berada pada laman theme
  • Secara otomatis themes kamu sudah berhasil ditambahkan

Cara Buat Widget

Untuk mempercantik sebuah website, beberapa widget dapat ditampilkan pada halaman utama website kamu.

Cara menambahkkan widget pada opsi Sesuaikan untuk sekalian mempercantik atau meng-edit theme yang kamu gunakan.

Penutup

Nah itu tadi Panduan Cara Instal Website Wordpress Di Localhost. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan