Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Home Screen

Komputer gagal booting home screen/ Pictures Google
Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Windows - Komputer atau laptop tidak bisa masuk windows memang permasalahan yang sering dijumpai pada komputer itu karena proses booting yang tidak sempurna atau prosesnya yang terhenti di tengah jalan.

Terkadang kejadian seperti ini membuat kita menjadi kaget dan bertanya-tanya kenapa dengan komputer atau  laptop ini hingga tidak bisa masuk ke windows?

Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, diantaranya :

  1. System Operasi Windows ada file yang secara tidak sengaja terhapus.
  2. Ada Virus, Spyware atau Trojan yang ikutan loading ketika komputer start-up.
  3. Ada File(Driver) yang rusak dan ketika dibaca oleh Windows gagal.
  4. Ada kerusakan pada Hardware terutama pada Memory komputer atau Harddisk.
  5. System Operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi.
  6. Ada setting BIOS yang disetting tidak benar atau baru dirubah.

Jika masalah komputer atau laptop tidak bisa masuk terletak pada sistem operasi Windows, maka instal ulang windows memang merupakan cara termudah untuk mengakhiri masalah ini.

Tapi cara ini paling tidak disukai banyak orang karena prosesnya yang memakan waktu dan merepotkan karena harus menginstall aplikasi yang sering digunakan serta data dibagian Drive C pasti hilang.

Cara Mengecek dan Mengatasinya Windows Gagal Booting


Sebelum melakukan install ulang windows atau sebelum Anda membawanya ke teknisi, lebih baik coba dulu beberapa cara yang biasa kita lakukan bila komputer atau laptop tidak bisa masuk windows. Baiklah perhatikan caranya dibawah ini.

1. Start-up dengan menggunakan metode Safe Made bisa diakses dengan menekan F5 (Beberapa merk komputer mungkin berbeda) persis pada saat komputer pertama kali menyala / restart.  Kalau komputer berhasil  masuk ke windows berarti ada loading yang tidak bisa dibaca oleh windows secara benar.

Matikan loading tersebut dengan menggunakan perintah "MSconfig" pada langkah start-up Caranya yaitu klik Start > Run > Lalu ketikan Msconfig.

2. Kalau komputer tidak masuk ke windows cara termudah memperbaikinya adalah repair windows. Caranya adalah masukan CD instalasi windows terus ubah BIOS. Untuk start-up lewat CD atau DVD-ROM setelah instalasi masuk ke bagian install windows pilihan opsi repair windows. Kamu bisa menginstal ulang windows ke folder baru atau memformat harddisk bila ternyata repairs windows gagal.

3. Pastikan tidak ada setting BIOS yang salah sebelumnya, kalau ada sebaiknya mengembalikannya seperti semula. Kalau lupa sebaiknya pilih opsi Loading Bios Default.

4. Bila langkah di atas gagal semua kemungkinan ada kerusakan pada Hardware. Kerusakan pada umumnya terletak pada Memory, Harddisk, VGA dan Mainboard mungkin juga bisa rusak tapi kemungkinannya sangat kecil. Jika ini yang terjadi satu-satunya cara adalah dengan mengganti komponen hardware tersebut.

Demikian cara mengatasi masalah komputer gagal booting atau tidak bisa masuk windows. Jika ada hal yang kurang jelas, silahkan bertanya di kolom komentar. Untuk berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Sekian dan Terima kasih atas kunjungannya..!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel