Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Home Screen

Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Home Screen Dengan Mudah.
Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Home Screen

Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Windows - Komputer atau laptop tidak bisa masuk windows memang permasalahan yang sering dijumpai pada komputer itu karena proses booting yang tidak sempurna atau prosesnya yang terhenti di tengah jalan.

Terkadang kejadian seperti ini membuat kita menjadi kaget dan bertanya-tanya kenapa dengan komputer atau laptop ini hingga tidak bisa masuk ke windows?

Jika masalah komputer atau laptop tidak bisa masuk terletak pada sistem operasi Windows, maka instal ulang windows memang merupakan cara termudah untuk mengakhiri masalah ini.

Tapi cara ini paling tidak disukai banyak orang karena prosesnya yang memakan waktu dan merepotkan karena harus menginstall aplikasi yang sering digunakan serta data dibagian Drive C pasti hilang.

Table of Contents

Penyebab PC/Laptop Gagal Booting Atau Masuk Home Screen

Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, diantaranya :
  1. System Operasi Windows ada file yang secara tidak sengaja terhapus.
  2. Ada Virus, Spyware atau Trojan yang ikutan loading ketika komputer start-up.
  3. Ada File(Driver) yang rusak dan ketika dibaca oleh Windows gagal.
  4. Ada kerusakan pada Hardware terutama pada Memory komputer atau Harddisk.
  5. System Operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi.
  6. Ada setting BIOS yang disetting tidak benar atau baru dirubah.

Cara Mengecek dan Mengatasinya Windows Gagal Booting

Sebelum melakukan install ulang windows atau sebelum Anda membawanya ke teknisi, lebih baik coba dulu beberapa cara yang biasa kita lakukan bila komputer atau laptop tidak bisa masuk windows. Baiklah perhatikan caranya dibawah ini.

1. Start-up dengan menggunakan metode Safe Made bisa diakses dengan menekan F5 (Beberapa merk komputer mungkin berbeda) persis pada saat komputer pertama kali menyala / restart.  Kalau komputer berhasil masuk ke windows berarti ada loading yang tidak bisa dibaca oleh windows secara benar.

Matikan loading tersebut dengan menggunakan perintah "MSconfig" pada langkah start-up Caranya yaitu klik Start > Run > Lalu ketikan Msconfig.

2. Kalau komputer tidak masuk ke windows cara termudah memperbaikinya adalah repair windows. Caranya adalah masukan CD instalasi windows terus ubah BIOS. Untuk start-up lewat CD atau DVD-ROM setelah instalasi masuk ke bagian install windows pilihan opsi repair windows. Kamu bisa menginstal ulang windows ke folder baru atau memformat harddisk bila ternyata repairs windows gagal.

3. Pastikan tidak ada setting BIOS yang salah sebelumnya, kalau ada sebaiknya mengembalikannya seperti semula. Kalau lupa sebaiknya pilih opsi Loading Bios Default.

4. Bila langkah di atas gagal semua kemungkinan ada kerusakan pada Hardware. Kerusakan pada umumnya terletak pada Memory, Harddisk, VGA dan Mainboard mungkin juga bisa rusak tapi kemungkinannya sangat kecil. Jika ini yang terjadi satu-satunya cara adalah dengan mengganti komponen hardware tersebut.

Penutup

Nah itu tadi Solusi Komputer Gagal Booting Atau Masuk Home Screen. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan