Mengenal Pengertian Dan Perbedaan UNIX Dan Linux

Mengenal Pengertian Dan Perbedaan Sistem Opersi UNIX Dan Linux
Mengenal Pengertian Dan Perbedaan UNIX Dan Linux

Mengenal Pengertian Dan Perbedaan Sistem Operasi UNIX Dan Linux - Sistem operasi atau Operating System (OS) tak hanya didominasi oleh Windows buatan perusahaan raksasa Microsoft, Linux turut serta menghiasi perangkat komputer dan laptop dunia.

Selain itu, masih ada pula sistem operasi bernama Unix. Beberapa orang masih bingung serta sulit mencari perbedaan Linux dan Unix mengingat keduanya memiliki nama yang hampir serupa.

Table of Contents

Sistem Operasi Linux

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds. Awalnya tercipta sebagai emulasi terminal untuk mengakses server berbasis Unix yang terpasang di Universitas tempatnya menuntut ilmu. Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, OS ini merupakan pengembangan atau kloningan salah satu varian Unix yang bernama MINIX.

Linux tercatat sebagai sistem operasi yang memiliki beragam desain yang berdasar dari Unix dan memakai Kernel Monilitik untuk menangani kendali akan proses, jaringan, periferal serta akses sistem bekas. Tak jauh berbeda dari Unix, Linux bisa dikendalikan dengan satu atau lebih baris perintah yang berbasis teks ataupun Graphical User Interface(GUI).

Perbedaan Linux dan Unix bisa dilihat dari penggunaan. Linux lebih sering digunakan oleh perangkat komputer dan laptop yang berbasis personal. Perkembangan dari tahun ke tahun semakin meningkat pesat meski masih kalah jauh dari pengguna OS Windows. Alasan sebagian besar pengguna tak ingin memakainya karena ketersediaan software yang masih terbatas dan anggapan sulit dipakai untuk keperluan tertentu, misalkan game.

Sistem Operasi Unix

Sistem operasi yang dibuat oleh dua orang ahli programmer, Ken Thompson dan Dennis Ritchie, yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh AT&T Bell Labs. Unix dirancang khusus sebagai operating system yang multiuser, multitasking dan portabel. Meskipun demikian, OS lebih banyak dipakai untuk keperluan server ataupun workstation. Inilah salah satu perbedaan Linux dan Unix.

Unix memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi sehingga seringkali dipakai sebagai bahan modifikasi dan pengembangan lanjutan. Tidak heran bila terdapat beragam varian Unix dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu yang paling populer adalah Linux yang dikembangkan Linus Torvalds.

Kesimpulan

Perbedaan Linux dan Unix bisa dilihat dari pemakaian. Linux seringkali dipakai untuk kebutuhan personal sehingga terpasang di perangkat komputer atau laptop, sedangkan Unix dipakai untuk kebutuhan workstation atau server. Linux memiliki keunggulan sebagai OS yang kebal dari serangan virus dan dikembangkan oleh programmer dunia, sedangkan Unix terkenal sangat handal sebagai server ataupun database sehingga harga komersialnya tergolong mahal.

Penutup

Nah itu tadi Mengenal Pengertian Dan Perbedaan UNIX Dan Linux. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan