Pengertian Lengkap Apa Itu Deep Web

Pengertian-Lengkap-Apa-Itu-Deep-Web
Pengertian Deep Web/ Pictures Google
Pengertian Lengkap Apa Itu Deep Web - Berbicara tentang internet, kali ini kami memiliki topik yang sangat menarik untuk dibahas. Sesuai dengan judul tulisan ini, kali ini kita akan membahas dan mengupas tentang Deep Web.

Sebagian orang mungkin belum mengenal tentang apa itu Deep Web, jika Anda menganggap bahwa Deep Web adalah merupakan sebuah nama situs, maka Anda salah besar. Karena sebenarnya Deep Web adalah salah satu bagian dari internet, jika di ilustrasikan maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini: Bagian dari internet tersebut disebut Deep Web, atau bisa juga disebut Deepnet, Darknet, Invisible Web, atau Hidden Web.

Apa itu Deep Web?


Pengertian dari Deep Web sendiri secara bahasa adalah Web Mendalam, namun ada sebagian orang menyebutnya dengan istilah Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web.

Penamaan atau istilah-istilah tersebut diberikan bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan bahwa Deep Web adalah salah satu bagian dari internet, namun untuk mencari konten-konten yang ada di dalam Deep Web bukanlah perkara mudah.

Web-web yang ada di dalam Deep Web tidak dapat ditemukan dengan mesin pencari biasa seperti Google, Bing atau Yahoo. Itulah mengapa Deep Web biasa disebut dengan Invisible Web.

Yang perlu Anda tahu bahwa di dalam Deep Web terdapat banyak sekali sisi gelap yang tidak dapat di jangkau oleh Web biasa. Oleh karena itu, untuk memasuki gerbang Deep Web, kita perlu menggunakan tools khusus untuk mendapatkan informasi di dalam Deep Web.

Ibaratnya jika kita saat ini berada di permukaan laut untuk berenang, maka untuk mengakses Deep Web kita perlu menyelam untuk melihat isi didalamnya.

Ilustarsi Deep Web


Jika kita umpakan dunia internet adalah sebuah bongkahan es di laut, bagian atas dari bongkahan es yang terlihat oleh kasat mata manusia bisa diumpakan sebagai Surface Web atau web yang biasa kita akses sehari-hari dan dapat dijangkau oleh mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Pengertian-Lengkap-Apa-Itu-Deep-Web

Bagian bawah dari bongkahan es yang tidak terlihat karena berada di bawah permukaan laut adalah Deep Web. Butuh alat khusus untuk melihat bongkahan es yang berada di bawah permukaan air, seperti tabung oksigen, sampai kapal selam yang bisa kita artikan sebagai akses untuk kesana. Itulah arti dari apa itu Deep Web.

Apa isi dari Deep Web?


Pasti kebanyakan dari kamu berfikir jika Deep Web sendiri hanya berisi hal-hal berbau negatif dan berbahaya. Inilah yang kebanyakan orang salah kaprah tentang Deep Web. Situs yang penuh dengan hacker, psikopat dan hal-hal berbau negatif sendiri disebut Dark Web.

Pengertian-Lengkap-Apa-Itu-Deep-Web

Deep itu sendiri adalah semua hal yang berada di internet dan tidak dapat diindex oleh mesin pencarian biasa seperti Google, Bing, dan lainnya. Database milik Facebook, Google dan situs lainnya yang tidak dapat ditemukan di mesin pencarian itulah yang termasuk dalam Deep Web.

Jadi jangan sampai salah membedakan mana Deep Web dan Dark Web ya. Deep Web sendiri masih bisa kita akses dengan browser yang kita gunakan sehari-hari. Dark Web-lah yang membutuhkan browser atau tools khusus untuk mengaksesnya.

Seberapa Luas Deep Web?


Secara matematika, setidaknya butuh 20 server sebesar milik Google, Facebook, atau Microsoft untuk mengakomodir semua situs Dark Web. Bisa dibayangkan, seberapa besarnya server yang dibutuhkan Deep Web? lalu bagaimana perawatannya? Listriknya? Jumlah orang yang terlibat?

Pengertian-Lengkap-Apa-Itu-Deep-Web

Ternyata, sebagian besar server milik Google, Facebook dan Microsoft adalah Deep Web itu sendiri. Jadi, sebenernya kita hanyalah dapat mengakses setidaknya 5% dari seluruh server yang ada di Internet, dimana sisanya adalah Deep Web.

Jadi, Apa Itu Deep Web?


Nah, dari pernjelasan diatas tadi tentang apa itu Deep Web, bisa disimpulkan jika Deep Web adalah sebuah bagian dari World Wide Web yang tidak dapat diakses dengan cara biasa kita mengkses situs Surface Web. Situs ini memang tersembunyi di bawah 'lautan' internet, walaupun masih bisa tetap diakses melalui browser Chrome, Mozilla, dan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel