50 Istilah Dalam Internet dan Pengertiannya

50-Istilah-Dalam-Internet-dan-Pengertiannya
Istilah yang ada di dunia internet/ Ilustrasi - Pictures By Freepik
50 Istilah Dalam Internet dan Pengertiannya - Sebagian besar orang di jaman ini pasti sudah mengenal apa itu Internet dan sudah banyak yang memanfaatkannya, entah itu untuk bekerja, mencari informasi di media online atau hanya untuk keperluan sehari hari terutama untuk berkomunikasi, walau sebenarnya kegunaan internet itu masih banyak sepert halnya kalian membaca artikel ini pasti memerlukan sebuah internet.

Istilah Dalam Dunia Internet


Di dalam internet sering kita jumpai banyak sekali istilah istilah yang mungkin masih asing bagi kita, atau kita sudah sering melihat atau mendengar istilah istilah tersebut tapi belum mengerti apa maksud dari istilah itu sendiri. Maka untuk itu, artikel kali ini akan kami bahas mengenai istilah istilah dalam internet dan pengertiannya.Silahkan di simak  istilah istilah di bawah ini

Istilah Terjemah Pengertian
Access Adalah proses mendapatkan atau mengambil data
Account adalah akses ke sebuah sistem komputer atau network, biasanya diperlukan username dan password.
Admin Adalah sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut. Dia berhak untuk menerima dan menolak user-user yang ingin bergabung dengan jaringan dan program tersebut
ADN (Advanced Digital Network)  Adalah jaringan internet yang berkecepatan 56 Kbps.
ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line) Adalah jaringan yang memisahkan upstream dan downstream yang dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda. Biasanya downstream lebih tinggi dan pada upstream-nya.
Anonymous FTP Adalah situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan "Anonymous" pada isian username dan alamat email sebagai password
Archive Alat untuk pengindeksan arsip yang terdapat di FTP, sehingga memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik. Implementasi pertama kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990.
ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network)  Adalah jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) Adalah standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.
ASP (Active Server Pages) Adalah spesifikasi untuk membuat halaman web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.
Attachment Adalah fasilitas untuk melampirkan atau menyertakan file (sering digunakan di dalam e-mail)
AVI Adalah jenis format file video yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.
Backbone Adalah jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
Bandwith Adalah fungsi yang digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu. Istilah bandwidth sering anda dengar dalam gelombang atau radio.
Banned Adalah istilah dalam chatting maupun mills, dimana moderator atau pihak pengatur dan pengelola melakukan blokir pada ID (Identitias) atau account tertentu, yang dianggap berbahaya, mengganggu, merusak, serta mengacaukan kegiatan internet
Banner Adalah media informasi yang berbentuk gambar biasanya untuk menampilkan iklan bergambar pada sebuah halaman web
BBS (Bulletin Board System) Adalah sistem komputer yang dilengkapi software-software yang memungkinkan para pemakai mengakses secara online tentang pertukaran artikel, email, chat, game, pengarsipan file dan berbagai kegiatan lain yang menarik untuk dibahas di BBS ini.
Binary (Biner) Adalah informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.
Bit (BInary digiT) Adalah satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.
BITNET Adalah jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan” (secara teknis). Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba di komputer tujuan.
Blog Adalah halaman internet yang ber-artikel atau (situs) pribadi yang berasal dari singkatan Web Log.
Blogger Adalah orang yang membuat, mengelola sebuah blog.
Blogging Adalah istilah dan kegiatan atau aktivitas mengisi, mengatur, menata blog.
Bookmark tandai, beri markah, markah buku Adalah menyimpan halaman web yang di sukai.
Bps (Bit Per Seconds) Adalah satuan kecepatan transfer internet yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan antar komputer.
Bridge Adalah suatu perangkat data sebuah LAN yang menerima paket-paket data dari LAN lain yang dialamatkan ke sebuah LAN ketiga. Fungsinya untuk memperbaharui sinyal data.
Broadband pita lebar, jalur lebar (WikiPedia) Adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan data dengan perantaraan sistem jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Istilah broadband biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan internet yang berkisar antara 256 kbps hingga 1000 mbps yang terhubung dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna internet.
Browser peramban, penjelajah Adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses menampilkan dan menjelajahi belantara informasi di internet.
Browsing Adalah kegiatan menjelajah atau melihat isi dan halaman situs-situs di internet.
Byte adalah sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.
Cache singgahan Adalah mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah diakses di suatu buffer, jika data yang sama akan di akses lagi prosesnya akan lebih cepat
CGI (Common Gateway Interface) Adalah sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.
Chat obrol, obrolan, rumpi Adalah sebuah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan berbentuk tulisan secara real time.
Chatting Adalah istilah yang di gunakan saat melakukan interaksi dengan fasilitas chat.
Client Adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
Client-Server Adalah suatu konsep dimana Client adalah perangkat yang menerima dan server adalah perangkat yang menyediakan. Client menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi sedangkan server bertindak sebagai pengelola aplikasi data dan keamanannya.
Com Adalah nama akhir sebuah domain, biasanya berfungsi sebagai petunjuk bidang usaha situs web tersebut.
Connect Sambungan Adalah menghubungkan komputer ke jaringan internet.
Cookie Adalah informasi tentang client dari komputer server yang disimpan komputer client.
Cracker Adalah seseorang yang membuat program untuk menembus sistem keamanan atau sistem komputer secara ilegal. (Info)
Cryptography Adalah cara agar pesan dapat dikirim dengan aman melalui sandi yang berupa kode tertentu.
CSS (Cascanding Style Sheet) Adalah kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang disusun menurut urutan tertentu sehingga mampu mengatasi konflik style.
Cybercrime Adalah kejahatan yang terjadi di Internet.
Cyberlaw Adalah istilah hukum yang berlaku di dunia maya / internet.
Cyberspace (ranah maya) Adalah istilah lain dunia maya di Internet.
DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Adalah sistem yang digunakan oleh ISP yang secara otomatis memberikan alamat IP baru pada pengguna yang melakukan login.
Dial-Up Adalah jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telephone.
Dial-Up Networking Adalah fasilitas network yang di miliki oleh oleh sistem operasi microsoft.
Disconnect Adalah memutuskan hubungan komputer dengan jaringan internet.
DNS (Domain Name System) Adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang host atau domain melalui jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Domain ranah Adalah sekumpulan komputer dengan periferalnya yang terdapat dalam jaringan dan tertata secara teratur menurut prosedur tertentu (alamat IP).
Domain Name Adalah nama khusus untuk menandakan sebuah alamat web di internet.
Download unduh, ambil data, muat turun Adalah sebuah proses transfer atau pengambilan data dari internet yang di simpan ke komputer.
Downstream Adalah istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
DSL (Digital Subscriber Line) Adalah metode transfer data melalui saluran telepon regular.
E-Banking Adalah kegiatan transaksi keuangan atau perbankan yang dilakukan melalui media Internet.
E-Commerce Adalah istilah yang di pakai untuk perdagangan atau transaksi perbankan di internet.
E-Groverment Adalah istilah mengenai kegiatan pemerintahan yang menggunakan media teknologi dan informasi.
E-Mail imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital Adalah sebuah fasilitas untuk mengirimkan pesan / menerima pesan dalam bentuk tulisan berbeda dengan chat e-mail tidak secara real time
Encryption Adalah suatu metode tertentu untuk memproteksi atau menyembunyikan informasi dari pengaksesan yang tidak diijinkan.
E-Payment Adalah pembayaran melalui media Internet.
Ethernet Adalah salah satu bentuk LAN (Local Area Network) yang banyak digunakan untuk komputer - komputer yang saling terhubung.
Ethernet Card Adalah kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antar komputer yang terhubung.
FAQ (Frequently Asked Question) Adalah bentuk informasi yang menyajikan pertanyaan dan jawaban untuk memberikan kemudahan bagi pemakai menguasai atau memecahkan permasalahan yang di hadapi.
Firewall Adalah benteng keamanan dalam internet yang berfungsi melindungi sebuah jaringan kecil terhadap jaringan internet yang lebih luas.
Flames Adalah pesan-pesan di internet yang menghina atau mempuat penerima e-mail marah.
Flatrate Adalah tarif internet borongan atau tanpa argometer.
Forward terusan Adalah kembali ke halaman web yang baru saja di akses.
Freeware Adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut
FTP (File Transfer Protocol) Adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
Gateway Adalah suatu perangkat (komputer, router atau program) yang bertindak sebagai sistem perantara untuk hubungan kejaringan lain
GIF (Grafical Interchange Format) Adalah suatu format file gambar. GIF mepunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.
Gopher Adalah sistem informasi di internet yang disusun secara hirarkis dan terstruktur sehingga mempermudah pemakai untuk mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi gopher berbasis teks dan saat ini fungsinya digantikan oleh World Wide Web (WWW).
GPRS (General Packet Radio Service) Adalah koneksi Internet tanpa kabel / wireless (nirkabel), biasanya dipakai oleh handphone.
Guestbook Adalah fasilitas interaktif dalam halaman web yang memungkinkan pengunjungnya menulis pesan, dan membaca pesan dari pengunjung lain.
Hacker peretas, pemodifikasi data, perusak sistem Adalah orang yang ahli di bidang komputer, internet pada khususnya, dengan keahliannya hacker dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
Hang Adalah menggantung, macetnya koneksi internet.
Hoax Adalah E-mail yang berasal dari sumber yang tidak jelas dan biasanya isinya tidak benar.
Homepage laman Adalah halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet
Hotspot  Adalah tempat yang menawarkan akses internet melalui Wi-Fi.
Host Adalah komputer yang menggunakan sistem operasi multi user yang berada didalam suatu jaringan dan pemakainya dapat berkomunikasi dengan host lain didalam jaringan tersebut.
HTML (Hyper Text Markup Language) Adalah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan website dalam bahasa program.
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program web browser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http.
Hyperlink pranala Adalah hubungan yang memungkinkan satu file dengan file, atau satu halaman dengan halaman yang lain di internet
Hypermedia Adalah media yang tidak memuat teks saja, namun juga suara dan video.
Hypertext Adalah teks yang ada kaitannya dengan dokumen lain.
Hypertext Link Adalah penyambung sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file lain. Link di halaman web mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks garis bawah (underlined text). Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau anda lakukan dapat mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah (biasanya berupa simbol telapak tangan yang menunjuk) teks tersebut merupakan link.
IETF (Internet Engineering Task Force) Adalah sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet.
IMAP (Internet Message Access Protocol) Adalah protokol yang didesain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.
Internet Explorer Adalah program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.
Internet Marketing Adalah istilah dalam internet untuk kegiatan berbisnis dengan internet, seperti berjualan online, menjalankan berbagai program periklanan demi meraih uang lewat dunia maya.
Intranet Adalah sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
IP (Internet Protocol) Adalah paket-paket informasi yang ada pada halaman internet
IP Address Adalah suatu deretan bilangan biner dengan kisaran antara 32-bit hingga 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi bagi komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
IRC (Internet Relay Chat) Adalah program layanan untuk chatting di Internet.
ISDN (Integrated Services Digital Network) Adalah jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
ISP (Internet Service Provider) Adalah penyedia jasa layanan koneksi internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.
JPEG (Joint Photografic Experts Group) Adalah merupakan file gambar yang banyak digunakan di internet, sedangkan JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.
LAN  (Local Area Network) Adalah jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer yang letaknya terpisah-pisah dan jaraknya tidak terlalu jauh.
Leased Line Adalah saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.
Link taut, kait, pautan, pranala Adalah sambungan secara fisik antara satu lokasi dan lokasi lain untuk transmisi data.
Log-In / Sign-In log masuk, masuk log, lihat sign in Adalah otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).
Log-Off / Sign-Out log keluar, keluar log, lihat sign out Adalah keluar dari sebuah sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).
Lycos Adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com
Mail Client Adalah program untuk membaca, menerima, menulis, dan menerima e-mail seperti Microsoft Outlook.
Mailbox Adalah area penyimpanan di disk yang dialokasikan untuk pengguna jaringan kerja guna menerima pesan lewat e-mail.
Mailing List milis, senarai, forum ratel Adalah forum / kelompok diskusi di internet yang dapat saling bertukar informasi dengan menggunakan fasilitas e-mail.
MIME  (Multi Purpose Internet Mail Extensions) Adalah ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.
Modem (Modulation-Demodulation) Adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Untuk mengkoneksikan dengan Internet, kamu harus memiliki modem terlebih dahulu.
MTA (Mail Transport Agent) Adalah perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).
Netscape Navigator Adalah program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.
Netter Adalah seorang atau organisasi pengguna internet.
Network jaringan Adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.
New Window Adalah membuka jendela web browser baru.
Newsgroups kelompok warta, kelompok diskusi Adalah kelompok diskusi di Internet.
NIC (Network Interface Card) Adalah nama lain dari Ethernet Card.
NNTP (Network News Transfer Protocol) Adalah protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet News. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.
Node Adalah suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.
Offline luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus Adalah terputus atau tidak terhubung kedalam suatu jaringan.
Online daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung Adalah terhubung kedalam suatu jaringan.
Packet Switching Adalah sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.
Password kata sandi Adalah kata sandi / kode rahasia yang digunakan oleh pengguna untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat memasuki sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).
PERL Adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa PERL diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.
Phising Mancing, memancing Adalah tindakan kejahatan di internet yang memperdaya korbannya dengan membuat suatu situs mirip dengan aslinya untuk mendapatkan data pribadi korban.
Plugin Adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program web browser dimana dapat membantu web browser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
POP (Post Office Protocol) Adalah protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.
PPP (Point to Point Protocol) Adalah sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.
Protokol Adalah kumpulan aturan dalam sebuah konsep jaringan agar dapat saling terhubung.
Proxy Server Adalah server yang menjembatani komputer-komputer dalam suatu jaringan agar terhubung dengan internet.
PSTN (Public Switched Telephone Network) Adalah sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.
Reload Adalah memanggil kembali halaman web.
Router Adalah sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan
Search Engine Adalah sebuah fasilitas di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan pengguna.
SEO (Search Engine Optimization) Adalah pengoptimalan suatu situs untuk meraih posisi yang bagus di mesin pencari.
SERP (Search Engine Result Page) Adalah hasil halaman dari mesin pencari, misalnya halaman 1,2,3,4 dan seterusnya.
Server Adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
Sign Up Adalah registrasi atau pendaftaran pada sebuah layanan Internet dalam pembuatan e-mail atau ID tertentu.
Spam Adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti email yang tidak penting berantai, iklan, dan sebagainya.
Spider Adalah istilah yang digunakan untuk mesin pencari di internet.
Spoofing Adalah sebuah teknik serangan melalui autentifikasi suatu sistem ke sistem lainnya dengan menggunakan paket-paket tertentu. Biasanya spoofing dilakukan dengan cara membuat situs web tiruan berdasarkan sebuah web.
Telnet Adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100.
Update Adalah memperbarui program, biasanya untuk program anti virus.
Upload Adalah proses pengiriman atau transfer data dari komputer yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
Upstream Adalah istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.
URI (Uniform Resource Identifier) Adalah sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URI http://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.
URL (Uniform Resource Locator) Adalah serangkaian karakter dengan standar format tertentu yang digunakan sebagai alamat untuk menuju ke suatu halaman internet tertentu seperti website, blog atau gambar.
User Adalah pemakai atau pengguna dalam komputer (termasuk internet).
Web Browser Adalah program komputer yang digunakan sebagai media untuk berselancar di internet.
Web Hosting Adalah perusahaan penyedia layanan dan penyimpanan web bagi perseorangan atau perusahaan.
Web Page halaman web Adalah halaman yang dapat ditampilkan website di internet, yang dapat menampilkan berupa teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video dll.
Web Portal Adalah website yang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya.
Webmail  Adalah fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.
Website situs web Adalah merupakan lapisan-lapisan dari halaman web yang saling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut sebagai situs, situs web, site, atau portal.
Wi-Fi (Wireless Fidelity) Adalah Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11, dan memanfaatkan seperangkat alat elektronik untuk melakukan pertukaran data secara nirkabel (tanpa kabel).
Wireless Adapter nirkabel, radio Adalah pengendali periferal yang tepasang tanpa mengguanakan kabel.
WWW  (World Wide Web) waring wera wanua Adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

Semoga artikel ini tentang membahas istilah-istilah dalam internet bermanfaat, sebetulnya masih banyak istilah dalam dunia internet yang belum sempat disebutkan diatas. Jika kalian punya tambahan, silakan berbagi melalui kolom komentar, dan akan kami update dengan senang hati pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel