Belajar Istilah Jaringan Komputer Secara Lengkap

Belajar Memahami Istilah Jaringan Komputer Yang di Bahas Secara Lengkap!
6 Situs Penyedia Template Blogger Terbaik

Belajar Istilah Jaringan Komputer Secara Lengkap - Di dalam dunia komputer memang banyak hal yang dapat kita bicarakan. Mulai dari hardware, software, dan masih banyak lagi. Tapi yang akan kita bicarakan saat ini yaitu menegenal tentang jaringan komputer.

Lalu, mengapa saat ini kita harus belajar jaringan komputer? Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang”. Dan tidak ada salahnya pula kalau kita belajar jaringan komputer lengkap karena banyak keuntungan yang akan kita peroleh dari yang namanya jaringan komputer ini.

Seperti judul artikel ini, belajar jaringan komputer secara lengkap dan detail sebelum membahasnya lebih jauh kita harus mengenal terlebih dahulu, apa itu jaringan komputer?

Table of Contents

Pengertian Jaringan Komputer

Dalam Hal ini Biasanya memang tidak terlalu penting. Tapi wajib diketahu bahwa Jaringan Komputer adalah sebuah System yang di banguan agar komputer dapat melakukan komunikasi data. Seperti :
  • Berbagi File
  • Berbagi Fasilitas ( Printer, scaner dll)
  • Berbagi koneksi internet atau intranet

Teori Sejarah Jaringan Komputer

Di kutip Dari (wikipedia) Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan Group Riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Pada awal mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.

Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun yang sama juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk Melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Teori Klasifikasi Jaringan Komputer

Untuk klasifikasi Jaringan Komputer, disini ada Beberapa dia antaranya :

1. Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi jaringan yaitu merupakan susunan antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan yang berupa Node, Link, dan Station. Topologi jaringan memiliki keunikan, keuntungan, dan kerugian yang beragam. Topologi jaringan tergolongkan menjadi 6, yaitu topologi Bus, Ring, Star, Mesh/Mash, Tree, Hiraki.

2. Berdasarkan Media Transmisi

Media transmisi berarti sebuah media yang dibutuhkan sebuah data untuk melakukan perpindahan. Media transmisi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Kabel dan Nirkabel. Media transmisi Kabel adalah menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya seperti kabel UTP, Fiber Optic, dan Coaxial. Sedangkan Nirkabel tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa Wireless/Wi-Fi.

3. Teori tentang Perkabelan

Teori ini memanglah harus diketahui oleh seseorang yang bergerak dibidang teknisi komputer. Jenis, fungsi, dan penempatan komputer sangatlah beragam. Untuk itu kita perlu mengetahuinya apabila ingin membuat sebuah jaringan komputer.

4. Teori tentang Subneting

Teori terakhir ini perlu diketahui disaat kita menjadi seorang teknisi komputer akan melakukan sebuah penghitungan IP dalam sebuah Jaringan dan menentukan subnet-nya. Salam mempermudah melakukannya sedah tersedia beberapa software yang difungsikan memang untuk menghitung IP.

5. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen. Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

6. Berdasarkan Geografisnya

Jaringan Komputer terbagi menjadi 3 yaitu LAN (Local Area Network) dimana Cakupan jaringannya hanya satu lokal misalkan rumah menguanakan WiFi dari pihak ISP nah itu bisa di bilang LAN.

MAN (Metropolitan Area Network) Untuk yang satu ini adalah sekumpulan Local Area Network yang menjadi satu tapi masih dalam satu lokasi. Contohnya masih Dalam satu lingkup Kantor Atau daerah.

WAN (Wide Area Network) adalah Jarigana luar cakupanya adalah daerah kota sampai Negara. Ini biasanya di sebut Internet.

Penutup

Nah itu tadi Belajar Istilah Jaringan Komputer Secara Lengkap. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan