Pengertian Dasar Logika dan Algoritma Komputer

Pengertian-Dasar-Logika-dan-Algoritma-Komputer
Belajar Algoritma/ Pictures Google
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma Komputer - Pengertian logika dan algoritma tentu kita sudah pernah mendengarnya, atau bahkan mengenalnya. Berbicara tentang ilmu komputer tak lepas dari yang namanya Program, di dalam program kita selalu menemui yang namanya logika dan algoritma hal ini dikarenakan mesin atau program yang kita buat harus diberi kepintaran agar sesuai yang di harapkan.

Pengertian Logika (logic)


Berbicara logika (logic) berarti kita berbicara dengan penalaran atau bentuk pemikiran yang masuk akal. Logika identik dengan  Inteligensia Quality (IQ) atau kecerdasan mutu. Dalam ilmu pengetahuan logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana objek materialnya adalah berfikir (khususnya penalaran/proses penalaran) dan objek formal logika adalah berfikir/penalaran yang di tinjau dari segi ketepatanya.

Pernyataan/kejadian yang dapat diterima oleh akal disebut BENAR
Pernyataan/kejadian yang tidak dapat diterima oleh akal disebut SALAH

Logika masuk kedalam katagori matematika murni karena matematika adalah logika yang tersistematisasi, matematika adalah pendekatan logika pada metode ilmu ukur yang menggunakan tanda atau symbol symbol matematika (Logika simbolik).

Jadi aapa itu Logika?
  • Penalaran atau bentuk pemikiran yang masuk akal.
  • ilmu yang diberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan.

Fungsi dari Logika
  • Membentuk setiap orang yang mempelajari logika untuk berfikir secara rasional, kritis, lurus, ketat, tertib, dan metodis.
  • Meningkatkan kemampuan secara format dan objektif.
  • Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berfikir secara tanjam dan mandiri.
  • Memaksa dan mendorong untuk berfikir sendiri dengan menggunakan akses-akses sistematis.
  • Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan berfikir, kekeliruan, serta kesesatan.
  • Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

Pengertikan Algorima


Algoritma adalah urutan penyelesaian masalah yang di deskripsikan secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Dalam ilmu komputer Algoritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari masukan (input) dan keluaran (output). Karena itu Algoritma biasanya dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman (misalnya Pascal) dalam study yang berkecimpung atau berhubungan dengan ilmu komputer. Misalnya Teknik Informatika.

Seperti yang telah diketahui bahwa komputer memerlukan instruksi yang berupa langkah-langkah pengurutan sehingga sebuah prosedur dapat dijalankan. Nah, prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah inilah yang disebut dengan Algoritma. Jadi, Sebelum masuk kepada tahap pemrograman komputer dengan bahasa pascal atau lainnya ada baiknya mempelajari Algoritma yang merupakan pengantar kepada pemrograman komputer tersebut.

Algoritma terdiri dari beberapa notasi yaitu Deskriptif, Bagan-alir, dan Pseudo-Code. Namun yang paling mirip dengan bahasa pemrograman pascal adalah notasi Pseudo-Code. Karena pada notasi ini sedikit menyerap bahasa Pascal. Meskipun tidak semua tata cara penulisan atau aturan dalam bahasa pascal diikuti. Algoritma dalam notasi ini sangat cocok untuk lebih mudah memahami atau menjalankan pemrograman dalam bahasa Pascal.

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Contoh gambar Struktur logika Algoritma :

Pengertian-Dasar-Logika-dan-Algoritma-Komputer

Gambar diatas menunjukkan sebuah  skema atau diagram alur dari suatu proses di dalam penyelesaian suatu masalah. Setiap bagian dari skema tersebut dilaksanakan secara simultan. Dari suatu masalah yang timbul, besar kemungkinan bisa lebih dari suatu algoritma yang digunakan untuk penyelesaian suatu masalah tersebut. Dengan demikian ada pertanyaan yaitu :
  1. Algoritma mana yang digunakan ?.
  2. Mengapa algoritma tersebut yang digunakan ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengerti memilih algoritma yang terbaik, dari sekian banyak algoritma yang ada. Beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan, yaitu :

1. Ada Output / Keluaran

Algoritma yang dipakai tersebut harus memberikan solusi atau jawaban yang benar  (mempunyai keluaran) dari masalah yang sedang diselesaikan.

2. Efektifitas dan Efisiensi

Suatu algoritma dikatakan efektif jika algoritma tersebut dapat menghasilkan solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan. Dengan demikian algoritma tersebut harus tepat guna juga relatif lebih singkat dan penggunaan memori yang relatif lebih sedikit.

3. Jumlah Langkahnya berhingga

Banyaknya barisan instruksi atau langkahnya harus berhingga, jika tidak, proses yang dilakukan akan memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan diperoleh hasil yang tidak diperlukan atau tidak berhubungan dengan masalah yang ada. Bahkan  memungkinkan proses akan berlangsung terus walaupun solusi yang diharapkan sudah diperoleh.

4. Berakhir

Proses penyelesaian suatu masalah harus atau berakhir. Hasil akhir yang didapat merupakan sulusinya atau berupa informasi, artinya ditemukan solusinya atau tidak algoritma tersebut harus berakhir. Suatu prosedur atau instruksi yang hanya akan berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi disebut semi algoritma.

5. Terstruktur

Urutan dari barisan langkah-langkah yang digunakan harus disusun sedemikian rupa atau terstruktur agar proses penyelesaiannya tidak berbelit-belit kayak cewek. Sehingga memungkinkan waktu prosesnya akan menjadi lebih singkat.

Lantas apa fungsinya kita menggunakannya, fungsinya yaitu :
  • Memperkuat cara berfikir kita untuk menyelesaikan suatu masalah
  • Membantu otak agar berfikir panjang
  • Memperkuat analisis ketika pembuatan program
  • Memperluas space berpikir

Suatu algoritma harus menghasilkan keluaran yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relatif singkat dan penggunaan memori yang relatif sedikit (efisien) dengan langkah yang berhingga dan prosesnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi atauoun tidak adanya solusi.

Buat kamu yang sudah membaca, sekarang kamu tahu, tujuan dari menerapkan Logika dan Algoritma, ini juga bukan untuk di pelajari tapi cukup dimengerti, digunakan, dan dikembangkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel