Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Root Android

Sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google merupakan Open Source. dimana kita bisa bebas menginstal beragam aplikasi.
Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Root Android

Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Root Android - Berbicara mengenai Andorid, tidak akan pernah ada habisnya dan untuk OS yang satu ini pasti sudah banyak yang mengenalnya. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja dan kalangan dewasa.

Sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google merupakan sistem operasi Open Source. Dengan begitu kita bisa bebas menginstal beragam aplikasi dari berbagai sumber, atau bahkan membuat aplikasi sendiri untuk Android milik kita. Bukan itu saja, kita bisa mendapat Hak istimewa masuk ke sistem smartphone Android dengan melakukan root.

Apa itu root? Fungsi, kekurangan dan kelebihan root

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita.

Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut, jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Fungsi Root Android

Root atau dalam bahasa inggris berarti akar merupakan user tertinggi pada sistem android. Fungsi Rooting Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak Administrator kepada pengguna.

Kekurangan dan Kelebihan Root Android

Kekurangan
  1. Dapat Menghilangkan Garansi Smartphone (Faktanya hh masih bisa digaransikan)
  2. Masalah keamanan. Contoh Kasus: orang jahil dapat mengobrak abrik system root android bila HH tidak dijaga.
  3. Riskan error. Contoh Kasus :anda salah menginstal apk yg tidak support hh android
  4. Menyebabkan HH Android bootloop.
Kelebihan
#1. Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
Seperti pada pengertian root diatas, fungsi dari root yaitu dapat menginstall aplikasi non market atau aplikasi yang dilarang oleh pabrik. Jadi anda akan lebih leluasa karena tidak ada lagi yang mengatur. Selain itu anda juga bisa unistall aplikasi bawaan dari pabrik yang dianggap kurang penting, dengan aplikasi minimal maka akan mempercepat kinerja sistem.

Contohnya : App2SD, DroidWall, Titanium Backup dll
#2. Dapat Menginstall Custom ROM
Manfaat dari root yaitu dapat menginstall custom ROM. Mungkin beberapa dari anda merasa bosan dengan ROM bawan dari pabrik. Nah dengan akses root ini anda dapat mengganti ROM sesuai keinginan, semisal hp anda smartfren namun anda bosan dengan tampilan bawaan maka anda bisa mengistall ROM lain seperti ROM Xiaomi, Advan, Samsung, dll.
#3. Dapat Melakukan Pengaturan untuk memaksimalkan Kinerja Handphone
Dengan akses root anda dapat mengoptimalkan kerja dari harware anda. Dengan kata lain anda dapat mengatur overclock dan underclock dari android anda. Untuk overclok yang tinggi dapat membuat kinerja lebih cepat namun akan lebih boros dalam penggunaan baterai. Sedangkan underclock akan membuat baterai anda lebih awet.

Contohnya : Overclock, Tweaking, Modding Script, Audio Tuner dll.
#4. Dapat Menghemat Batre
Kelebihan Android Root adalah bisa melakukan Optimasi Battrey agar lebih awet dan tidak boros, salah satunya menggunakan build.prop script atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memang hanya bisa digunakan jika Android dalam kondisi root.

Contohnya : Melakukan Undervolt, Menginstal script battery saver
#5. Install Custom Kernel
Kernel program yang berjalan selama handphone anda menyala. Kernel bertanggung jawab dalam menghubungkna aplikasi dengan hardware. Semakin bagus kernel maka semakin bagus pula kinerja android. Dengan akses root anda dapat mengistall custom kernel ataupun upgrade kernel yang sudah diinstall.

Jadi Semua Pilihan kita sebagai pengguna, namun sangat disayangkan bila handphone secerdas android tidak leluasa kita oprek-oprek system nya sesuai keinginan kita.

Penutup

Nah itu penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Root Android. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan