Perbandingan Antara Router Cisco Dengan Mikrotik

Lalu apa saja yang membuat adanya perbedaan diatara router cisco dan mikrotik tersebut? untuk lebih jelasnya akan kita bahas disini.
Perbandingan Antara Router Cisco Dengan Mikrotik
Perbandingan Router Cisco Dengan Mikrotik/ Ilustrasi Pictures by Google

Perbandingan Router Cisco Dengan Mikrotik - Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai perbandingan anatara router cisco dengan mikrotik. Ya, walaupun sebenarnya router cisco dan mikrotik mempunyai fungsi yang hampir sama, akan tetapi hanya berbeda pada fitur - fitur dan kecanggihannya.

Lalu apa saja yang membuat adanya perbedaan diatara router cisco dan mikrotik tersebut? untuk lebih jelasnya akan kita bahas disini, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan antara router cisco dengan mikrotik.

Table of Contents

Pengertian Router Cisco dan Mikrotik

Mikrotik merupakan sistem operasi yang termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router.

Cisco merupakan sebuah peralatan utama yang digunakan pada jaringan yang luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan Cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router.

Pada saat ini kita harus mengetahui apa saja perbedaan dari cisco dan mikkrotik karena pada saat kita membuat suatu jarigan kita harus mengerti apa kualitas atau kelemahan serta kelebihan dari perangkat yang kita gunakan.

Maksud dan tujuan dari mengetahui perbedaan router cisco dengan mikrotik adalah untuk mengetahui pengertian dan kelemah serta kelebihan dari masing-masing alat tersebut.

Fungsi Cisco dan Mikrotik

Fungsi Mikrotik

Mikrotik berfungsi untuk jaringan bersekala kecil maupun bersekala besar hal ini tentunya disesuaikan pada resource daripada komputer itu sendiri.

Fungsi Cisco

Cisco berfungsi sebagaiPenghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router memiliki bagian-bagian yang hampir mirip dengan PC.

Kelebihan, Kekurangan Cisco dan Mikrotik

Kelebihan Cisco

  • Jangkauannya lebih luas
  • Banyak digunakan diberbagai perusahaan besar
  • Banyak viturnya

Kekurangan Cisco

  • Terlalu mahal
  • Konfigurasinya cukup sulit

Kelebihan Mikrotik

  • Lebih murah
  • Lebih mudah
  • Lebih sederhana

Kekurangan Mikrotik

  • Jangkauan jaringannya kurang luas (tergantung tipe dan serinya)
  • Jarang digunakan di perusahaan-perusahaan besar

Perbandingan Cisco Dan Mikrotik

Pada cisco terdapat beberapa jenis seri Router, semakin tinngi serinya semakin canggih dan lengkap fitur - fiturnya yang disediakan oeleh Cisco akan tetapi harganya juga semakin mahal.

Swicth dan router memiliki banyak persamaan kedua - duanya sama memiliki RAM, ROM, NVRAM, falsh, CPU dan sama menyediakan port Console, Seperti halnya swicth, beberapa jenis router menyediakan fasilitas upgrade modul sehingga dapat menambah kemampuan.

Router juga dapat dioperasikan via CLI. Router menggunakan sistem operasi IOS. Jika kita sudah memahami prinsip dasar penggunaan perintah-perintah IOS maka kita tidak akan mengalami banyak hambatan ketika mulai belajar mengoperasikan router.

Sedangkan Mikrotik Router Os adalah Sistem Operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Penutup

Nah itu tadi Perbandingan Antara Router Cisco Dengan Mikrotik. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan