Alat Pemancar WiFi Sampai Ratusan Kilo Meter (KM)

Alat Pemancar WiFi untuk memperluas jaringan Sampai Ratusan Kilo Meter (KM).
Alat Pemancar WiFi Sampai Ratusan Kilo Meter (KM)

Alat Pemancar WiFi Sampai Ratusan Kilo Meter (KM) - Siapa yang tidak kenal wifi dijaman sekarang, dimana segala sesuatu seakan perlu membutuhkan akses internet. Sebuah teknologi brandband nirkabel yang sering digunakan sebagai jalur untuk distribusi internet ke perangkat-perangkat seperti ponsel, PC, ataupun Laptop.

Biasanya dalam sebuah rumah atau perkantoran yang luas, kita butuh beberapa perangkat WiFi agar bisa mencangkup secara keseluruhan. Tapi ternyata ada juga WiFi yang mampu mencapai ratusan kilometer.

Nah, biasanya untuk bisa memancarkan WiFi yang luas diperlukan yang namanya alat tambahan seperti mikrotik. Selain itu berikut ini perangkat WiFi yang didesain untuk outdoor dan dapat mencangkup jarak sampai ratusan kilometer.

Table of Contents

Alat Pemancar WiFi Sampai Ratusan KM

1. Mikrotik

Diurutan pertama adalah miktoritk, perangkat ini cukup terkenal. Mungkin diatara kamu sudah tahu dengan alat ini. Ya, perangkat ini menggunakan WiFi seperti dirumah-rumah untuk standarnya. Lalu dikembangkan lagi agar dapat mencangkup lebih jauh, rekor jarak terjauh dari perangkat WiFi Mikrotik rupanya mampu mencapai hingga jarak 304 km.

2. Cambium Network

Awal mulanya, perangkat ini tidak memakai WiFi sebagai standarnya, tapi menggunakan teknologi custom yang dirahasiakan oleh perusahaan. Tapi sekarang perangkat Cambium Network ini sudah menggunakan WiFi sebagai standarnya.

Perangkat WiFi Cambium Networks mampu memcapai jarak hingga 245 kilometer dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Namun, untuk dapat menggunakan perangkat ini kita perlu dana yang agak dalam, pasaran perangkatnya kisaran di 20 s/d 100 juta rupiah.

3. Ubiquity

Ubiquity merupakan perangkat pesaing dari Mikrotik. Jika anda awam dalam konfigurasi perangkat WiFi outdoor saya sangat menyarankan Ubiquity. Berbeda dengan mikrotik, Ubiquity memiliki tampilan GUI (Guid User Interface) yang simpel dan mudah dipahami. Hanya dengan beberapa klik, maka Anda sudah dapat menghubungkan perangkat Ubiquity ini. Konfigurasi perangkat ini tidak berbeda jauh dengan TP-Link.

Perangkat ini dibandrol kurang dari 5 Juta rupiah dan dapat mencapai jarak hingga 25 Kilometer dengan speed hingga 250 Mbps. Memang tidak sejauh mikrotik, tapi jangkauan tersebut sudah sangat jauh sekali.

4. Mimos

Masih seperti Cambium Networks dimana perangkat ini harganya cukup mahal. Wajar saja, penggunaan perangkat ini pun rata-rata dipakai untuk jalur utama internet (backbone). Namun agak berbeda dengan Cambium Networks, Mimosa konsisten dengan mengadaptasi standar WiFi dari awal.

Dengan perangkat Mimosa di kisaran harga 20 sampai 50 juta, mampu mencapai jarak 20 kilometer. walaupun jarak cangkup ya hanya mencapai 20 kilometer rupanya kecepatannya mampu hingga 1,2 Gbps. luar biasa kencang bukan?

Penutup

Nah itu tadi Alat Pemancar WiFi Sampai Ratusan Kilo Meter (KM). Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan