Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum

Jangan sampai tertipu jiga beli Android bekas, begini Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum.
Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum

Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum - Root merupakan user tertinggi pada Android. Fungsi Root atau Rooting Android yaitu untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Tidak jarang jika pengguna Android yang suka berimajinasi untuk mengubah tampilan atau untuk kepentingan lain selalu melakukan Root pada Androidnya.

Apa maksud kata root Android? Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem handphone kita.

Sebagai catatan untuk Anda, jika smartphone Anda baru (bukan bekas) secara default tidak memiliki hak akses root. Sebaliknya Jika yang anda beli adalah barang bekas, gunakan cara di bawah ini untuk mengetahui apakah telah di root atau belum. Jangan sampai tertipu, karena jika kondisi hp sudah di root maka akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, untuk itu jika kita hanya pengguna biasa dan belum paham kasus root itu sendiri ada kemungkinan kita akan kesulitan untuk memperbaiki kekurangan yang dialami Android yang dibeli bekas.

Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum

Ada dua cara mudah untuk mengetahui HP Android sudah di root atau belum, di artikel ini saya akan membahas kedua cara tersebut. Kamu bisa memilih cara paling mudah yang bisa dilakukan menurut kamu.

Menggunakan aplikasi Root checker

Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum
Langkah #1 : Download aplikasi Root checker pro
Langkah #2 : Install aplikasi di Smartphone Android yang akan kamu cek status Root nya
Langkah #3 : Jika sudah terinstal makan Jalankan aplikasi. Tunggu proses checking
Langkah #4 : Setelah selesai, Klik Verify Root Access

Menggunakan Terminal Emulator

Langkah #1 : Download dan install aplikasi Terminal Emulator
Langkah #2 : Jalankan aplikasi dan akan terbuka Command Prompt
Langkah #3 : Ketikkan perintah su. Perintah ini untuk memberi hak akses dan akan meminta anda untuk menyetujuinya

Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-Root Atau Belum

Langkah #4 : Jika selesai, anda akan melihat simbol pagar (#) yang artinya smartphone anda telah di root dan jika tidak ada smartphone anda belum di root

Penutup

Nah itu tadi cara bagaimana mengetahui kondisi smartphone Android yang sudah di root atau belum. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan