Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah [Offline & Online]

3 Cara Menggabungkan File PDF Yang Terpisah menjadi satu file secara online ataupun offline.
Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah

Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah - Mungkin kamu sudah tidak asing dengan file dokument berformatkan .pdf. Penggunaan PDF biasanya identik dengan pengelolaan data atau ebook karena sangat dengan mudah di buka dan terlihat perfesional.

Tapi apa jadinya jika file pdf yang kamu punya setiap halamannya terpisah? Tentu hal ini menjadi sangat membingungkan, tetapi sebetulnya Tidak ada yang sulit dalam menyatukan file PDF. Kita bisa menyatukan file PDF sebanyak apapun yang kita mau, tapi tentu saja kita juga harus mempertimbangkan jumlah PDF yang akan disatukan atau digabungkan.

Misalnya, untuk menyatukan 10 file PDF yang masing-masing berukuran lebih dari 10 MB, menggunakan software penggabung PDF tentunya akan lebih cepat dan hemat kuota daripada memakai layanan online.

Table of Contents

Menyatukan File PDF Yang Terpisah Secara Online dan Offline

Disini kita akan berbagi tips bagaimana cara menyatukan beberapa file PDF yang terpisah menjadi satu baik secara online maupun offline.

Untuk menggabungkan PDF secara online, saya memilih SmallPDF. Untuk menyatukan PDF secara offline, disini ada beberapa aplikasi yang disertakan seperti PDF Shaper Free, PDF Binder dan PDF Mate.

Gabung File PDF Secara Online

Tools online yang bisa digunakan untuk menyatukan file pdf adalah SmallPDF, selain gratis tools ini tidak ada watermark dan yang paling penting adalah mudah digunakan. SmallPDF tidak menerapkan batasan file sehingga kita bisa menggunakan file PDF sebanyak mungkin.

Nah, berikut ini cara menyatukan pdf menggunakan SmallPDF simak cara dibawah :
Gabung File PDF Secara Online Gabung File PDF Secara Online Gabung File PDF Secara Online
  • Kunjungi halaman resmi situs SmallPDF
  • Lalu Klik "Pilih file" dan pilih semua file pdf yang akan disatukan
  • Tunggu hingga proses upload selesai
  • Mulai proses penggabungan dengan mengklik "Gabungkan PDF" dan tunggu hingga selesai
  • Download hasil penggabungan dengan mengklik "Unduh File Sekarang"

Informasi :
Kalau file tersebut hendak dikirim ke orang lain, file bisa langsung disimpan di Dropbox atau Google Drive sehingga nantinya kita hanya perlu mengirim link download PDF lewat email atau berbagi file di shared folder.

Gabung File PDF Secara Offline

Jika diatas adalah tips bagimana cara menyatukan file PDF secara online yang memerlukan koneksi intertet, maka saya juga akan membahas bagaimana cara menyatukan PDF secara Offline dengan bantuan software PDF Shaper Free, PDF Binder dan PDF Mate.

Menggunakan PDFMate Free PDF Merger

Kelebihan PDFMate Free PDF Merger yaitu bisa memilih halaman mana saja yang hendak digabungkan dari setiap file PDF, bisa memilih jenis kertas (A4, A5, Legal, dst), ada juga beberapa layout yang bisa dipilih seperti 1-in-1, 2-in-1, dst.

Yang dimaksud dengan 2-in-1 (2IN1) adalah dua halaman digabung jadi satu dan ditampilkan secara berjejer. Nah, untuk cara menyatukan file pdf menggunakan software PDFMate ini berikut caranya :

PDFMate Free PDF Merger
  • Download PDFMate disini, setelah itu instal program tersebut
  • Jalankan aplikasinya, lalu pertama-tama klik "Add Files" untuk memasukkan file PDF yang akan digabungkan
  • Pilih layout halaman. Untuk layout standar, pilih 1IN1
  • Klik "Build" untuk memulai penggabungan

Menggunakan PDF Shaper Free

Selain dapat menggabungkan PDF, PDF Shaper juga dapat memecah file PDF, memproteksi PDF, mengekstrak konten dari PDF, mengubah gambar ke PDF, convert PDF ke Word, dan lain-lain. Semua fungsi tersebut dibungkus dalam satu installer yang hanya berukuran sekitar 8 MB.
Gabung File PDF Secara Offline Gabung File PDF Secara Offline
  • Download PDF Shaper Free disini
  • Install aplikasi dan jalankan jika sudah selesai
  • Pada bagian Content klik menu "Merge"
  • Masukkan file-file PDF yang hendak digabung dengan mengklik "Add"
  • Selanjutnya klik "Process"
  • Beri nama untuk file yang akan dibuat, lalu tunggu hingga penggabungan selesai
Setelah selesai menggabungkan file pdf, jangan lupa untuk mengkompres ukuran PDF jika diperuntukan untuk di upload ke internet agar ukuran file lebih ramping.

Mana Yang Terbaik Dari Ketiga Cara Diatas?

Yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Bagi yang koneksi internetnya stabil dan unlimited tentunya tidak menjadi masalah kalau hendak menggabungkan banyak file PDF secara online karena tidak perlu install software apapun lagi.

Saya sendiri lebih sering suka menggunakan cara offline ketimbang online karena memang dirumah tidak memiliki koneksi internet yang memadai, untuk dikantor tempat saya kerjapun lebih memilih offline walaupun jaringan wifi tersedia.

Bagi yang lebih memilih menggunakan aplikasi offline, PDFMate punya fitur-fitur yang lebih fleksibel ketimbang PDF Shaper Free. Salah satunya, PDFMate bisa memilih hanya halaman-halaman tertentu dari sebuah file untuk kemudian digabungkan dengan file PDF lainnya.

Pakai Nitro Pro Enterprise

Jika kamu mencari aplikasi yang kaya akan fungsi dalam satu aplikasi Nitro Pro Enterprise bisa menjadi pilihan yang tepat, Karena Nitro Pro adalah software terbaik untuk membuat, mengedit, dan mengonversi dokumen PDF ke dalam bentuk format apapun dan menggabungkan file pdf.

Penutup

Nah itu tadi Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah Secara Offline dan Online. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan