Cara Memeriksa Kelengkapan Driver PC atau Laptop

Cara Memeriksa Kelengkapan Driver PC atau Laptop agar Hardware yang terpasang bisa berjalan optimal pada komputer kita.
Cara Memeriksa Kelengkapan Driver PC atau Laptop

Cara Memeriksa Kelengkapan Driver PC atau Laptop - Baik itu laptop ataupun PC terdiri dari beberapa komponen hardware yang berbeda dan saling berkaitan.

Jika Anda pernah membuka isi di dalam PC maupun laptop pasti akan menjumpai beberapa hardware berikut yang berbentuk on-board (Melekat menjadi satu dengan motherboard) maupun card (Kartu yang dapat dipasang maupun dilepas).
  • VGA - hardware ini untuk menampikan gambar dari komputer (proses) kepada layar monitor
  • Sound - hardware untuk mengeluarkan suara dari komputer (proses) kepada speaker
  • LAN - Hardware untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan melalui kabel
Apa jadinya jika alat tersebut tidak dapat digunakan pada komputer? tentu akan sedikit merepotkan, dan beberapa fitur tidak akan bisa digunakan secara optimal oleh perangkat kita.

Table of Contents

Langkah Cek Kelengkapan Driver PC atau Laptop

Nah untuk itu kita perlu memeriksa susunan driver yang terinstal di dalam Sistem Operasi apakah telah sesuai dengan hardware yang terpasang atau belum. Caranya adalah sebagai berikut :

Langkah Cek Kelengkapan Driver PC atau Laptop
  • Klik kanan shorcut My Computer dan pilih Properties
  • Jalankan fitur Device Manager
  • Selanjutnya periksa struktur driver yang Anda miliki apakah semuanya lengkap atau sudah terpasang dengan benar.
Jika terjadi ketidak sesuaian hardware yang terpasang dari driver yang di instal maka akan tampil dengan logo Other Device. Yang artinya, hardware telah terpasang di dalam sistem operasi, namun sistem belum mengenali driver hardware tersebut.

Sehingga hardware yang telah dikenali jenisnya masih belum dapat dikenali dengan jelas seperti model, nama lengkap, produsen, dan sebagainya.

Untuk itu, agar hardware dapat dikenali dengan jelas maka instal softwawre driver-nya agar hardware (Device) tersebut dapat digunakan dengan normal.

Penutup

Nah itu tadi Cara Memeriksa Kelengkapan Driver PC atau Laptop. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan