Tuesday, 13 March 2018

Pengertian 9 Jenis dan Tipe Layar Smartphone

Pengertian 9 Jenis dan Tipe Layar Smartphone - Mengetahui jenis dan tipe layar pada smartphone merupakan hal wajib jika ingin mendapatkan sebuah smartphone dengan kenyamanan saat dipandang, dan juga ketahanan dari smartphone itu sendiri.

Layar sentuh atau banyak orang menyebutnya touchscreen adalah sebuah layar yang menggunakan teknologi sensor sentuhan, biasanya berlapis di atas sebuah tampilan visual sebagai sistem untuk mengolah informasi, banyak digunakan pada smartphone dan komputer tablet.

Ada beragam jenis layar sentuh yang digunakan pada smartphone, setiap tipe atau jenis layar mempunyai perbedaan dan keunggulannya tersendiri, beberapa tipe layar dinilai lebih baik dari yang lain.

(Baca : Cara Mengetahui Android Kita Sudah Root atau Belum)

Pengertian 9 Jenis dan Tipe Layar Smartphone


Touchscreen merupakan bagian sangat penting pada smartphone, dimana telah menjadi populer saat ini. Memiliki berbagai macam fungsi untuk mengatur tampilan (display) pada layar, melalui proses sistem operasi seperti Android.

9 Jenis dan Tipe Layar Smartphone


Berikut adalah pengertian layar sentuh LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Retina, dan Haptic, yang banyak digunakan pada smartphone sehingga dapat diketahui perbedaannya untuk menilai mana yang terbaik atau lebih bagus

1. Layar LCD

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Seperti yang mungkin diketahui dari artinya, elemen ini terdiri dari lapisan kristal cair dan tidak memerlukan banyak energi untuk layar, teknologi ini sangat populer di perangkat ponsel. Ini sangat ideal untuk smartphone, karena bisa tampil cukup baik di bawah sinar matahari langsung, karena seluruh tampilan diterangi oleh cahaya dari latar belakang.

2. Layar TFT LCD

TFT adalah singkatan dari Thin Film Transistor, merupakan jenis layar LCD smartphone yang umum dari tipe lainnya. Jenis Layar TFT menawarkan kualitas yang lebih baik, termasuk gambar dan resolusi lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi layar sebelumnya.

Namun Layar TFT mempunyai keterbatasan pada sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika berhadapan dengan cahaya langsung atau sinar matahari.

Tampilan layar TFT mengkonsumsi daya baterai yang cukup besar, karenanya kurang bagus untuk pemakaian yang lama. Tipe layar TFT biasanya terdapat pada smartphone kelas awal dengan harga yang lebih murah.

3. Layar IPS LCD

IPS adalah singkatan dari In Place Switching. Layar jenis ini memiliki tampilan dan sudut pandang lebih baik dari layar TFT.

Layar IPS pada smartphone, menggunakan daya baterai yang lebih hemat daripada tipe TFT, memberikan kontribusi agar daya tahan baterai lebih lama.

Jenis Layar IPS banyak digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas, berkualitas tinggi, dan biasanya harganya lebih mahal.

4. Layar OLED

OLED adalah kepanjangan dari Organic Light Emitting Diode, merupakan layar dengan teknologi lebih baru, digunakan pada smartphone dan monitor.

Teknologi OLED memiliki lapisan bahan organik, berbasis karbon, berada di antara dua lapisan yang disebut anoda dan katoda, terjepit di antara lapisan atas dan pelat bawah kaca.

Layar OLED jauh lebih baik dibandingkan dengan tipe layar LCD karena menghasilkan warna yang luar biasa, memiliki kecepatan respon lebih cepat, sudut pandang lebih luas,
kecerahan warna lebih tinggi dan berat yang sangat ringan.

5. Layar AMOLED

AMOLED adalah kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan tipe dari jenis layar OLED yang digunakan pada smartphone berkualitas tinggi.

Layar AMOLED mempunyai semua fitur dan fungsi dari jenis layar OLED, seperti menghasilkan warna yang cemerlang, kekuatan baterai lebih baik, kecerahan lebih tinggi, ketajaman dan desain dengan berat yang ringan.

6. Super AMOLED

Super AMOLED adalah jenis layar dengan versi lanjutan dari tipe layar AMOLED, alias singkatan dari Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Tipe layar ini dikembangkan oleh vendor Samsung.

Layar Super AMOLED, mempunyai sensor sentuh pada layar itu sendiri, sebagai lawan dari sentuhan luar untuk menciptakan lapisan sentuhan sensitif yang terpisah.

Layar Super AMOLED dibuat lebih tipis dan juga jauh lebih responsif daripada layar tipe AMOLED lainnya.

7. Layar Retina

Retina adalah istilah yang mulanya dipakai oleh Apple Inc. Untuk tipe layar IPS dengan resolusi tinggi, misalnya terdapat pada model iPhone 4. Apple menyebutnya layar Retina karena pixel yang sulit diidentifikasi secara individu oleh mata manusia, membuat tampilan layar retina super tajam dan warna yang cemerlang.

8. Layar Haptic – Tactile Touchscreen

Haptic adalah tipe layar sentuh yang telah digunakan oleh Blackberry dan Nokia.Teknologi Layar Haptic atau Tactile, memberikan umpan balik dari tindakan sentuhan pada layar, memberikan konfirmasi dan jelas kepada pengguna. Layar Haptic telah digunakan untuk meningkatkan kinerja pengguna, akurasi, kepuasan saat mengetik pada jenis layar sentuh.

9. Corning Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass adalah perisai kaca khusus pada layar sentuh smartphone, berbahan alkali aluminosilikat, memiliki ketahanan terhadap kerusakan yang luar biasa, membantu melindungi layar ponsel dari goresan, tetesan, dan penggunaan sehari-hari.

Gorilla Glass banyak digunakan oleh perusahaan vendor smartphone untuk membuat layar ponsel lebih kuat, tahan lama dan dapat diandalkan.

Nah, itu dia beberapa pengertian, jenis dan tipe pada smartphone, dengan adanya artikel ini semoga Anda bisa membedakan jenis atau tipe layar yang digunakan pada smartphone Anda.

Pengertian 9 Jenis dan Tipe Layar Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhamad Sahrudin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments