Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android

Tips Aman Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android agar tidak salah beli.
Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android

Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android - Kartu memori atau yang sering disebut dengan SD Card merupakan salah satu komponen yang biasanya wajib menempel di smartphone. Kartu memori dibutuhkan jika sebuah smartphone tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai, sehingga peran kartu memori pun dibutuhkan.

Namun tidak semua kartu memori memiliki jenis dan performa yang sama. Saat ini ada tiga jenis kartu memori yang paling sering digunakan.

Table of Contents

Tips Memilih MicroSD Card Terbaik

Sebelum Anda mengetahui jenis merk microsd card terbaik, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tips memilih microsd yang bagus untuk smartphone sobat.

Jika kita lihat dari bentuk fisik MicroSD card itu kelihatan sama bentuknya tapi sebenarnya class nya berbeda-beda. Kalau Anda tidak faham tentang microSD, paling-paling asal beli saja tidak melihat class nya terlebih dahulu.

Class disini bukan berarti microSD yang ditentukan untuk ponsel high-end tapi class dalam microSD adalah standart yang digunakan untuk menentukan range kecepatan creat and write (membaca dan menulis) data pada microSD. Jadi, semakin tinggi nilai class semakin cepat pula smartphone dalam mengakses data di microSD card tersebut.

MicroSD Card memiliki 4 jenis class berbeda yaitu class 2, 4, 6 dan 10. Tapi sekarang ada lagi yang lebih cepat dari sebatas class yaitu UHS (Ultra High Speed), kecepatan membaca dan menulis data bisa mencapai 30MB /s. Itu sudah sangat cepat sekali dibanding class 10 yang hanya memiliki kecepatan hingga 10MB /s.

Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android

Untuk membedakan antara class dan UHS, sobat bisa lihat permukaan microsd nya. Kalau ada huruf C dengan angka 2, 4, 6 atau 10 di tengahnya berarti itu tipe class. Nah, kalau permukaannya terlihat huruf U dengan angka 1 atau 3 berarti itu UHS. Anda tinggal pilih mau beli yang mana. Usahakan minimal beli yang class 10 agar transfer data bisa semakin cepat.

Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android

Selain class, perhatikan juga antara SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity). Perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah dari segi kapasitasnya. SDHC itu jenis microSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB. Sedangkan untuk SDXC memiliki kapasitas 32GB hingga 2TB.

Pertanyaannya sekarang, seberapa besar slot microSD yang bisa di support oleh smartphone Anda? Kalau ponsel Low-end biasanya cuma bisa support sampai 16GB saja. Berarti yang sobat perlukan adalah micro SDHC Itu beberapa tips yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli microSD. Intinya, sesuaikan kebutuhan saja. Saya rasa sampai pembahasan disini Anda sudah tahu tips memilih microsd card yang bagus itu seperti apa.

Tidak cocok jika kita disini hanya membahas tips memilih mircoSD card tanpa tahu merek apa yang harus dipilih. Sekarang Anda harus tahu merk microsd terbaik yang dijual di pasaran agar sobat lebih mudah memilih microsd yang akan dipakai.

Brand Merk MicroSD Terbaik

1. SanDisk

Merk microsd card yang paling populer dipasaran adalah SanDisk. Sudah banyak sekali pengguna Smartphone yang memakai MicroSD dari SanDisk ini. Yah, mungkin karena microsd merk SanDisk ini bagus dan speednya bisa mencapai 80MB /s. Selain itu variasi kapasitas penyimpanannya juga cukup banyak. Mulai dari 8GB hingga 200GB.

Keunggulan lain dari microsd sandisk adalah bisa tahan terhadap suhu dan cuaca ekstrim, tahan X-ray, serta tahan juga terhadap magnet.

Microsd dari SanDisk ini cocok digunakan untuk android, tablet, dan juga kamera. Untuk masalah harga bervariatif tergantung besar kapasitas. Anda bisa cek harga pada toko online lazada untuk melihat harga sesuai kapasitasnya. Harga MicroSD SanDisk

2. Samsung EVO Plus

Jika Anda menggunakan smartphone dengan merk samsung, berarti microsd inilah yang cocok untuk smartphone Anda. Meskipun microsd dari samsung ini jarang terdengar tapi kualitasnya tidak kalah dengan microsd merk lain.

Samsung EVO Plus sangat cocok digunakan untuk merekam video full HD dengan kecepatan baca dan tulis mencapai 80MB /s. Dengan speed seperti itu, loading aplikasi dan mentransfer file akan terasa lebih cepat.

Kalau masalah ketahanan hampir sama dengan microsd merk sandisk tadi. Samsung EVO Plus bisa bertahan hingga 24 jam dalam air laut, dan juga bisa bertahan dalam suhu -25° hingga 85° celsius. Merk microsd lain mungkin sudah rusak kalau harus menahan suhu sedingin dan sepanas itu.

Sayangnya samsung tidak memberikan pilihan microsd dengan kapasitas 8GB, jadi ponsel low-end sepertinya tidak bisa menggunakan microsd dari samsung ini. Kalau Anda ingin mencoba membelinya silakan cek harganya di Lazada

3. Lexar

Yang sudah beli microSD Lexar perlu bangga, karena Lexar memiliki kecepatan transfer yang paling tinggi dibanding kompetitornya yaitu 95MB/s disemua varian yang dimiliki. Ini berarti lexar adalah merk microsd tercepat yang ada dipasaran.

Lexar juga sudah melengkapi microsd nya dengan USB 3.0 yang bisa digunakan untuk mentransfer file ke PC dengan cepat dan mudah.

Mana Merk MicroSD Card Terbaik yang akan kamu Beli?

Sebenarnya masih banyak merk microsd card diluar sana, tapi menurut saya 3 merk micro SD itulah yang terbaik. Ingat satu hal!. Jika Anda ingin membeli microsd, sesuaikan dengan kebutuhan. Periksa juga smartphone sobat kompatible atau tidak dengan microsd tersebut.

Jangan asal beli MicroSD dengan kapasitas dan speed tinggi tapi akhirnya tidak bisa dipasang di ponsel Anda. Selain itu, tempat membeli microsd tersebut juga harus diperhatikan. Pilih tempat yang memang sudah terpercaya.

Penutup

Nah itu tadi Tips Memilih MicroSD Card Untuk Smartphone Android. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada tips lain kamu bisa berbagi melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan