Cara Merawat Harddisk Komputer Secara Fisik dengan Baik

Tips Sederhana Merawat Harddisk Komputer Secara Fisik dengan Baik Agar Tidak Cepat Rusak.
Cara Merawat Harddisk Komputer Secara Fisik dengan Baikat BNI

Cara Merawat Hardisk Komputer Secara Fisik - Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang berfungsi menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan user.

Secara umum hardisk sangatlah penting yaitu sebagai media penyimpanan (data-data penting). Banyangkan jika hardisk yang Anda gunakan rusak dan data-data yg berada di dalamnya juga hilang dan Anda harus memulai semuanya dari awal, hal itu akan membuat stres dan pasti nyeesek banget.

Nah untuk itu kali ini Inputekno ingin berbagi tips cara merawat Harddisk secara fisik, cukup sederhana sebetulnya untuk merawat hardisk agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut.

Table of Contents

Tips Merawat Hardisk Secara Fisik

  • Biasakan shotdown Maksud disini matikan komputer atau laptop secara prosedur, yaitu menjalankan shotdown atau Trun Off. Hindari mematikan PC/laptop secara langsung hal ini akan membuat hardisk rusak atau jebol
  • Hindari guncangan dan benturan pada hardisk komputer atau laptop yang mengakibatkan head membentur platter yg tidak semestinya dan merusak hardisk.
  • Jangan mengkoneksikan kabel hardisk saat komputer sedang aktif agar tidak terjadi konsleting pada hardisk
  • Kondisikan suhu PC termasuk hardisk dalam batasan yang wajar, meskipun sepele, panas yg berlebihan bisa saja membakar hardisk

Penutup

Nah itu tadi Cara Merawat Harddisk Komputer Secara Fisik dengan Baik. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan