Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis beserta Contohnya

Perbedaan-Web-Statis-dan-Web-Dinamis-beserta-Contohnya
Ilustrasi/Pictures Google
Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis beserta Contohnya - Halaman web yang sering kita lihat di internet dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu web statis dan web dinamis, pengertian web statis dan dinamis sering kali mengandung perdebatan.

Sebagian pengguna internet menyatakan jika pada halaman-halaman web dilengkapi dengan animasi yang bergerak maka disebut web dinamis sedangkan jika halaman-halaman web tersebut haya berisi text dan gambar yang tidak bergerak maka disebut web statis.

Namun berdasarkan kesepakatan maka pengertian statis dan dinamis tidak ditentukan oleh ada atau tidaknya animasi bergerak pada halaman-halaman tersebut. Berikut pengertian dari web statis dan dinamis.

Pengertian Web Statis


Web Statis adalah web yang content atau isi di dalamnya tidak berubah – ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen yang ada di web tersebut tidak dapat diubah secara mudah. Ini dikarenakan karena script yang digunakan untuk membut web statis tidak mendukung untuk mengubah isi dokumen.

Karena script yang digunakan untuk membuat web statis ini seperti HTML dan Cascading Style Sheet atau biasa disebut dengan CSS. Maka dari itu untuk perubahan isi dokumen pada web statis harus mengubah isi file HTML atau CSS tersebut.

Tentunya bagi orang awam atau orang yang tidak mengerti soal program atau script HTML dan CSS akan sangat sulit sekali dilakukan. Untuk itu jika kita ingin mengubah dokumen web statis harus mengerti benar scipt HTML atau CSS atau sering disebut programmer yang dapat melakukan perubahan isi dokumen sebuah web statis.

Web statis ini biasanya digunakan oleh website yang menggunakan HTML, Web Search Engine, atau web Company Profile.

Pengertian Web Dinamis


Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinamis tersebut.

Untuk perubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis di bilang mudah ketimbang web statis yang harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut. Ketika kita akan mengubah content atau isi dari sebuah web dinamis kita hanya perlu masuk kebagian control panel atau bagian administrator web yang telah disediakan oleh script web dinamis.

Jadi untuk pengubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis.

Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis.

Kesimpulan Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis


Data dan informasi yg ada pada web statis tidak berubah-ubah. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yg ada di web server. Sedangkan web dinamis, memiliki data dan informasi yg berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yg sampai diclient akan berbeda dengan dokumen yg ada di web server.

Baca : Pengertian POST (Power On Self Test) Pada Komputer

Contoh paling mudah untuk membedakan web statis dan web dinamis adalah bila kalian membuka situs Google. Halaman awal adalah statis karena kita tidak melihat perubahan isi atau informasi. Halaman ini baik dikomputer client maupun di webserver akan sama.

Namun begitu kita memasukan kata pada textbox yang tersedia kemudian menekan tombol search maka kita sedang berintraksi dengan web server Google.

Web server akan mengirimkan halaman web sesuai yang diminta oleh client. Tampilan disisi client akan berupa daftar alamat dan keterangannya. Sedangkan disisi server isi dokumennya adalah serangkaian kode-kode untuk mencari apa yg diinputkan client.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel