PENTING!! Ini Alasan Kenapa Webcam Laptop Harus Ditutup

alasan-kenapawebcam-laptop-harus-ditutup
Ilustrasi/ Pictures Inputekno
PENTING!! Ini Alasan Kenapa Webcam Laptop Harus Ditutup - Jaman era digital canggih saat ini dimana teknologi bergerak lebih cepat dari manusia. Mulai dari perkembangan smartphone, smart TV, remote control dengan akses suara dan banyak lagi.

Berdampingan dengan cepatnya perkembangan teknologi, terdapat banyak juga kasus-kasus berbahaya dunia cyber seperti peretasan webcam bahkan mikrofon pada komputer.

Mungkin, Baru-baru ini banyak orang menyarankan Anda untuk menutup webcam di komputer dan laptop karena dikatakan bahwa peretas memiliki potensi untuk melihat dan merekam Anda tanpa Anda sadari.

Beberapa tahun lalu kebelakang, dunia sempat dihebohkan oleh kasus dihacknya akun Twitter CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Agar kejadian serupa tidak menimpanya lagi, Mark Zuckerberg ternyata semakin berhati-hati dengan menutup webcam laptopnya menggunakan selotip.

Apakah orang pada umumnya juga disarankan melakukannya? Jawabannya adalah, tidak ada salahnya. Menutup webcam di laptop dinilai efektif bagi Anda yang khawatir aktivitasnya dimata-matai oleh orang lain.

Kenapa demikian? Jika masih ada pertanyaan dibenak Anda yang membuat ragu, saya akan coba jelaskan beberapa alasan kenapa webcam laptop harus ditutup.

Alasan Webcam Laptop Harus Ditutupi


Mark Zuckerberg menutupi webcam laptopnya karena gak mau dimata-matai. Mungkin kamu berpikir Anda tidak sepenting Mark Zuckerberg, sehingga gak perlu melakukannya. Mungkin diri Anda tidak penting, tapi bagaimana dengan privasi Anda yang begitu penting di depan laptop? Menutupi webcam laptop itu penting untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan yang dilakukan oleh peretas (Hacker). Contohnya sebagai berikut :

1. Menghindari Orang Mesum


Tidak menutup kemungkinan foto dan video orang dari rekaman webcam banyak dijual di Deep Web. Bahkan untuk file webcam cowo, harganya US 0,25 atau Rp.30ribuan, Bahkan file webcam cewek bisa mencapai USD 25 atau sekitar Rp. 300ribuan! Mungkin Anda pernah membuka baju di depan laptop yang terbuka di kamar, kan? Anda bisa saja berpikir aman karena tidak ada orang, padahal siapa tahu ada yang mengintai lewat webcam jika laptop dalam keadaan hidup apalagi terkoneksi dengan jaringan internet.

2. Menghindari Pemerasan


Dengan akses Deep Web yang begitu sulit Bolehlah Anda berpikir foto Anda aman tidak masuk transaksi Deep Web. Tapi apa jadinya jika foto atau video rekaman webcam milikmu di manfaatkan untuk melakukan pemerasan terhadap kamu karena privacy kamu yang sudah diketahui oleh orang lain. Pasti hal ini dirasa lebih nyesek sekali

3. Yakin Punya Teman Setia?

Tidak semua teman bisa dipercaya ketika kita meminjamkan sesuatu, tertuama laptop. Karena bisa saja teman Anda dengan mudah menginstal file RAT (Remote Administration Tool) di laptop atau komputer untuk menyadap aktivitas Anda. Jika sudah demikian, pasti semua aktivitas Anda di depan laptop bisa diketahui sangat dengan mudah.

Jadi, mulai sekarang berhati-hati ya! Ingat, file RAT bisa mengakses webcam kamu walau dalam keadaan mati sekalipun.  Jadi, dengan menempelkan pita ke webcam Anda mungkin memberi Anda rasa lega dan aman.

Nah, itu tadi alasan penting kenapa kita perlu menutup webcam laptop untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan dikemudian hari. Semoga saja dengan adanya Artikel ini, kita bisa lebih berhati-hati. Jika artikel ini bermanfaat share ya, karena ini demi keamanan privasi kita.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

wah info yang menarik gan, ane sih kadang ngerasa risih kalau lampu indikator web cam laptop ane nyala sendiri apalagi pas sementara berselancar di internet.

Balas

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel