Mengenal Bagian-Bagian Komponen Printer dan Fungsinya

Mengenal-Bagian-Bagian-Komponen-Printer-dan-Fungsinya
Pictures/Google
Mengenal Bagian-Bagian Komponen Printer dan Fungsinya - Printer termasuk dalam alat yang penting karena saat ini manusia menggunakan berbagai benda yang berhubungan dengan aktivitas cetak mencetak seperti buku, foto, paper, skripsi, disertasi, tesis, dan lain-lain. Dalam pemakaian printer, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk printer, mulai dari bagian bagian printer hingga ke hal-hal lainnya yang menyangkut printer.

Mengenal bagian bagian printer sangat penting untuk dilakukan agar pengguna dapat menggunakan printer sesuai dengan peruntukannya dan supaya dapat cepat mengetahui apabila printer bermasalah. Berikut adalah ulasan mengenai bagian bagian mesin printer yang harus diketahui sebelum menggunakan printer.

Bagian Printer dan Fungsinya

1. Catrid
Salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak.

2. Rumahcatrid (Carriage Unit)
Merupakan tempat untuk meletakkan atau mendudukkan catridge dalam printer.

3. Head Print
Head print merupakan bagian penting dalam catride yang fungsingya sebagai tempat keluarnya tinta, baik tinta hitam maupun warna.

4. Chip
Bagian dari catridge yang berfungsi untuk menghubungkan catridge dengan mainboard printer

5. Roll
Bagian dari printer yang berfungsi untuk mengatur dan meluncurkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

6. Timming Belt
Adalah bagian dari printer yang berfungsi untuk menarik cartridge atau alat scanner ke kanan dan ke kiri untuk ketika proses mencetak atau mengscan.

7. Ink Tank (Tabung tinta)
Merupakan salah satu bagian dari cartridge yang berfungsi menyimpan sementara tinta.

8. Selang
Bagian dari sistem infus yang berfungsi sebagai saluran mengalirnya tinta dari tabung tinta menuju tempat penyimpanan sementara tinta di cartridge (Ink Tank)

9. Tinta
Bagian dari sistem printer berupa za tcair yang digunakan untuk membuat cetakan kertas atau banner menjadi berwarna. Tinta ini terdiri dari 4 atau warna kombinasi, kalau 4 kombinasi warna yaitu C,M,Y, K

10. Lampu printer
Bagian dari printer yang berfungsi sebagai indicator printer nyala dan indicator normal tidaknya printer. Standart printer biasanya, lampu ini terdiri dari dua jenis, pertama lampu indicator power dan reset terdiri dariTombol Power untuk menyalakan dan mematikan, Tombol reset dimana tombol untuk melakukan reset printer ketika terjadi masalah.

11. Paper tray
Tempat meletakkan kertas sebelum dan setelah melakukan cetak, paper sebulum kertas di cetak di sebut paper tray input, sedangkan paper tray setelah kertas di cetak disebut paper tray output.

12. Encoder
Letak encoder biasanyaada di belakang HEAD atau tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaannya yang berbeda, ecoder bekerja sebagai timing pada Head. Sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.

13. Sensor paperioll
Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di print, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. Biasanya alat init erdapat di bagian samping atau ata sril penarik kertas.

14. Pembuangan tinta
Tempat pembuangan tinta yang merupakan hasil dari proses cetak.

15. Toner
Bagian dari sistem printer berupa serbuk warna yang berfungsi membuat cetakan kekertas atau media lain. Toner ini kalau dalam printer tinta atau inkjet adalah sebaga tintanya. Samase perti printer tinta atau inkjet, toner memmiliki 4 kombinasi warna yaitu C, M, Y, K.

16. Infus
Modifikasi atau model printer yang menggunakan media tabung infus sebagai penyimpanan tinta, dan dengan infus ini refill (isi ulang tinta) tidak perlu lagi di isikan langsung ke catridge

17. Driver
Salah satubagian penting dari printer yang menghubungkan komputer dengan printer.

Sekarang, kita sudah tahu lebih banyak mengenai perangkat printer yang sangat penting dalam pekerjaan kita sehari-hari. Semoga apa yang kita pelajari kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai mesin printer sebagai salah satu output device komputer. Sampai bertemu pada pembahasan berikutnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel