Tips Cara Menyembunyikan File Penting di Android

cara-menyembunyikan-file-penting-di-android
Pictures/Google
Tips Cara Menyembunyikan File Penting di Android - Membahas mengenai file penting rasanya teringat sesuatu ketika ponsel Android saya dipinjam oleh seorang teman dan tanpa sengaja dia melihat catatan file email saya. Catatan tersebut berbentuk file txt, sengaja catatan email tersebut saya simpan pada memory telepon paling luar untuk berjaga-jaga jika sewaktu saya lupa password bisa langsung melihat catatan di hp saya.

Menaruh file penting seperti ini sangat tidak aman, dan cukup saya saja yang mengalami, jadi kalau punya file penting semacam ini jangan simpan diluar folder sdcard, karena akan berdampak seperti yang saya alami.

Nah, Untuk menyimpan file penting sebaiknya menggunakan trik khusus agar tidak mudah file anda diketahui oleh orang lain, berikut saya bagikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

Tips Cara Menyembunyikan File Penting di Android


Kali ini saya akan berbagi tips menyembunyikan file dan folder di file manager. Tips yang saya bagikan bukan sekedar memindahkan file kedalam folder lain, atau malah menggunakan aplikasi pengunci file tambahan, itu sedikit merepotkan apalagi jika memory telepon kecil, justru akan memakan penyimpanan memori.

1. Tambahkan Tanda titik pada awal Nama Folder


Secara default, nama folder yang berawalan dengan simbol (.) titik akan dideteksi sebagai folder tersembunyi. Folder seperti ini tidak akan bisa dibaca oleh system Android, misalkan anda menyimpan sebuah foto di dalamnya, folder yang berisi foto tersebut tidak akan ditampilkan di galeri ponsel sampai anda memindahkan semua fotonya kedalam folder yang lain.

cara-menyembunyikan-file-penting-di-android

Folder tersembunyi hanya dapat ditemukan setelah menyetel opsi file manager anda dari "sembunyikan file tersembunyi" menjadi "tampilkan file tersembunyi" begitupun sebaliknya. Jika ingin menyimpan file penting, anda dapat membuat folder tersembunyi didalam sdcard dengan nama berawalan (.) titik, misalnya .FolderRahasia.


2. Ubah extensi file dengan cara merename bagian akhir format file.


Jika Anda mempunyai file penting berformat txt, jpg, mp3 dan ingin menyembunyikannya, anda dapat merubah format file Anda dengan format lain, misalnya Anda memiliki file jpg yang ingin disembunyikan, Nah anda dapat mencoba merubah formatnya menjadi txt. Tujuan mengubah extensi seperti ini hanya menyembunyikan file untuk sementara waktu saja, dan jika ingin mengembalikan file anda dapat merename seperti semula.

Agar mendukung rename sampai ke format file Anda diharuskan memiliki aplikasi file manager yang mendukung opsi tersebut, agar proses lancar sebaiknya gunakan aplikasi yang mudah digunakan seperti aplikasi explorer. Selain dapat mengubah format file, anda juga dapat membuat arsip zip tanpa aplikasi tambahan lagi.

Berikut cara mengubah extensi file:
  1. Masuk ke Aplikasi Explorer yang sudah anda pasang.
  2. Cari file yang ingin anda ubah extensinya.
  3. Rename, ubah format akhirnya dengan format yang lain atau hapus saja formatnya agar file penting anda tidak dapat dibaca oleh orang lain
  4. Jangan lupa untuk merename kembali seperti semula jika ingin mengakses file anda kembali.
cara-menyembunyikan-file-penting-di-android

Memang sangat menjengkelkan bukan ketika file yang harusnya rahasia malah dilihat oleh orang lain, apalagi itu menyangkut dengan catatan kata sandi akun email, akun sosmed, dan akun internet banking kita.

Jika sudah terjadi demikian, maka tidak masalah jika yang meminjam ponsel kita adalah teman baik kita sendiri, namun jika suatu saat ponsel anda dipinjam oleh orang yang baru kenal entah apa yang akan terjadi. Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel