Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]

Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]
Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]

Tips Menyembunyikan File Penting di Android - Membahas mengenai file penting rasanya teringat sesuatu ketika ponsel Android saya dipinjam oleh seorang teman dan tanpa sengaja dia melihat catatan file email saya. Catatan tersebut berbentuk file txt, sengaja catatan email tersebut saya simpan pada memory telepon paling luar untuk berjaga-jaga jika sewaktu saya lupa password bisa langsung melihat catatan di hp saya.

Menaruh file penting seperti ini sangat tidak aman, dan cukup saya saja yang mengalami, jadi kalau punya file penting semacam ini jangan simpan diluar folder sdcard, karena akan berdampak seperti yang saya alami.

Nah, Untuk menyimpan file penting sebaiknya menggunakan trik khusus agar tidak mudah file kamu diketahui oleh orang lain, berikut saya bagikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi kamu.

Table of Contents

Cara Menyembunyikan File Penting di Android

Kali ini saya akan berbagi tips menyembunyikan file dan folder di file manager. Tips yang saya bagikan bukan sekedar memindahkan file kedalam folder lain, atau malah menggunakan aplikasi pengunci file tambahan, itu sedikit merepotkan apalagi jika memory telepon kecil, justru akan memakan penyimpanan memori.

1. Tambahkan Tanda titik pada awal Nama Folder

Secara default, nama folder yang berawalan dengan simbol (.) titik akan dideteksi sebagai folder tersembunyi. Folder seperti ini tidak akan bisa dibaca oleh system Android, misalkan kamu menyimpan sebuah foto di dalamnya, folder yang berisi foto tersebut tidak akan ditampilkan di galeri ponsel sampai kamu memindahkan semua fotonya kedalam folder yang lain.

Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]

Folder tersembunyi hanya dapat ditemukan setelah melakukan setingan opsi file manager kamu dari "sembunyikan file tersembunyi" menjadi "tampilkan file tersembunyi" begitupun sebaliknya. Jika ingin menyimpan file penting, kamu dapat membuat folder tersembunyi didalam sdcard dengan nama berawalan (.) titik, misalnya .FolderRahasia.

2. Ubah extensi file dengan cara merename bagian akhir format file

Jika kamu mempunyai file penting berformat txt, jpg, mp3 dan ingin menyembunyikannya, kamu dapat merubah format file dengan format lain, misalnya kamu memiliki file jpg yang ingin disembunyikan, Nah kamu dapat mencoba merubah formatnya menjadi txt. Tujuan mengubah extensi seperti ini hanya menyembunyikan file untuk sementara waktu saja, dan jika ingin mengembalikan file kamu dapat merename seperti semula.

Agar mendukung rename sampai ke format file diharuskan memiliki aplikasi file manager yang mendukung opsi tersebut, agar proses lancar sebaiknya gunakan aplikasi yang mudah digunakan seperti aplikasi explorer. Selain dapat mengubah format file, kamu juga dapat membuat arsip zip tanpa aplikasi tambahan lagi.

Berikut cara mengubah extensi file:
  1. Masuk ke Aplikasi Explorer yang sudah kamu pasang
  2. Cari file yang ingin kamu ubah extensinya
  3. Rename, ubah format akhirnya dengan format yang lain atau hapus saja formatnya agar file penting kamu tidak dapat dibaca oleh orang lain
  4. Jangan lupa untuk merename kembali seperti semula jika ingin mengakses file kamu kembali
Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]

Memang sangat menjengkelkan bukan ketika file yang harusnya rahasia malah dilihat oleh orang lain, apalagi itu menyangkut dengan catatan kata sandi akun email, akun sosmed, dan akun internet banking kita.

Jika sudah terjadi demikian, maka tidak masalah jika yang meminjam ponsel kita adalah teman baik kita sendiri, namun jika suatu saat ponsel kamu dipinjam oleh orang yang baru kenal entah apa yang akan terjadi. Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Penutup

Nah itu tadi Cara Menyembunyikan File Penting di Android 12 [Update]. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan