6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak

6-Tahapan-Proses-Pengembangan-Perangkat-Lunak
Ilustrasi/ Proses pengembangan perangkat lunak
6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak - Ketika dunia menjadi semakin bergantung pada teknologi setiap harinya, tekntunya perangkat lunak secara otomatis menjadi bagian penting untuk kemajuan teknologi. Karena perangkat lunak dibutuhkan hampir di semua kegiatan.

Ini cukup jelas bahwa teknologi mempercepat dengan cepat dan manusia menjadi lebih bergantung padanya untuk setiap tujuan. Dan dengan setiap hari, pengembangan perangkat lunak menjadi semakin penting.

Dikenal sebagai 'siklus hidup pengembangan perangkat lunak,' enam langkah ini termasuk perencanaan, analisis, desain, pengembangan & implementasi, pengujian & penyebaran dan pemeliharaan. Berikut penjelasan dari setiap langkah ini untuk mengetahui bagaimana perangkat lunak yang sempurna dikembangkan.

6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak


1. Perencanaan


Tanpa rencana yang sempurna, pengembangan perangkat lunak tidak ada artinya. menghitung kekuatan dan kelemahan proyek, kemudian perencanaan memulai proyek dengan sempurna untuk kemajuan perangkat lunak secara positif.

2. Analisis


Langkah ini adalah tentang menganalisis kinerja perangkat lunak pada berbagai tahap dan membuat catatan tentang persyaratan tambahan. Analisis sangat penting tentunya untuk melangkah lebih jauh ke langkah berikutnya.

3. Desain


Setelah analisis selesai, dilakukanlah langkah perancangan mengambil alih, yang pada dasarnya membangun arsitektur proyek. Langkah ini membantu menghilangkan kemungkinan kegagalan dengan menetapkan standar dan mencoba untuk mempertahankannya.

4. Pengembangan & Implementasi


Tugas sebenarnya dari pengembangan perangkat lunak yaitu dimulai di sini dengan perekaman data yang terjadi di latar belakang. Setelah perangkat lunak dikembangkan, tahap penerapan datang di mana produk melewati studi percontohan untuk melihat apakah produk tersebut berfungsi dengan benar.

5. Pengujian


Tahap pengujian menilai perangkat lunak jika terjadi kesalahan dan terdapatnya bug pada perangkat lunak.

6. Pemeliharaan


Setelah perangkat lunak melewati semua tahapan tanpa masalah apa pun, baru yang harus dilakukan adalah menjalani proses pemeliharaan untuk mempertahankan dan meningkatkan perangkat luna dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan perubahan.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan kita dibidang teknologi, semoga membantu dan bermanfaat, jangan lupa share dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel