6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak

Mengenal 6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak.
6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak

6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak - Ketika dunia menjadi semakin bergantung pada teknologi setiap harinya, tekntunya perangkat lunak secara otomatis menjadi bagian penting untuk kemajuan teknologi. Karena perangkat lunak dibutuhkan hampir di semua kegiatan.

Ini cukup jelas bahwa teknologi mempercepat dengan cepat dan manusia menjadi lebih bergantung padanya untuk setiap tujuan. Dan dengan setiap hari, pengembangan perangkat lunak menjadi semakin penting.

Dikenal sebagai 'siklus hidup pengembangan perangkat lunak,' enam langkah ini termasuk perencanaan, analisis, desain, pengembangan & implementasi, pengujian & penyebaran dan pemeliharaan. Berikut penjelasan dari setiap langkah ini untuk mengetahui bagaimana perangkat lunak yang sempurna dikembangkan.

Table of Contents

6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak

1. Perencanaan

Tanpa rencana yang sempurna, pengembangan perangkat lunak tidak ada artinya. menghitung kekuatan dan kelemahan proyek, kemudian perencanaan memulai proyek dengan sempurna untuk kemajuan perangkat lunak secara positif.

2. Analisis

Langkah ini adalah tentang menganalisis kinerja perangkat lunak pada berbagai tahap dan membuat catatan tentang persyaratan tambahan. Analisis sangat penting tentunya untuk melangkah lebih jauh ke langkah berikutnya.

3. Desain

Setelah analisis selesai, dilakukanlah langkah perancangan mengambil alih, yang pada dasarnya membangun arsitektur proyek. Langkah ini membantu menghilangkan kemungkinan kegagalan dengan menetapkan standar dan mencoba untuk mempertahankannya.

4. Pengembangan & Implementasi

Tugas sebenarnya dari pengembangan perangkat lunak yaitu dimulai di sini dengan perekaman data yang terjadi di latar belakang. Setelah perangkat lunak dikembangkan, tahap penerapan datang di mana produk melewati studi percontohan untuk melihat apakah produk tersebut berfungsi dengan benar.

5. Pengujian

Tahap pengujian menilai perangkat lunak jika terjadi kesalahan dan terdapatnya bug pada perangkat lunak.

6. Pemeliharaan

Setelah perangkat lunak melewati semua tahapan tanpa masalah apa pun, baru yang harus dilakukan adalah menjalani proses pemeliharaan untuk mempertahankan dan meningkatkan perangkat luna dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan perubahan.

Penutup

Nah itu tadi 6 Tahapan Proses Pengembangan Perangkat Lunak. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan kita dibidang teknologi, semoga membantu dan bermanfaat, jangan lupa share dan terimakasih.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan