Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software

Pengertian-Versi-Trial-Beta-Alpha-Full-Version-pada-Game-dan-Software
Ilustrasi/ Pictures google
Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software - Ada sebuah istilah ketika kita ingin mendownload sebuah game atau software. Mungkin bagi anda para downloader yang sering mendownload game atau software yang tersebar di internet sudah tidak asing lagi dengan istilah versi trial, Beta, Rip, Full Rip, Reloaded, Alpha, ataupun full version.

Mungkin beberapa dari teman sekalian mempunyai pertanyaan ketika ingin mendownload suatu game atau software yang di ujung judul game nya terdapat kata trial, beta, full version dan sebagainya.

Bagi Anda yang belum tahu pengertian versi-versi tersebut. Nah, Jangan khawatir karena disini saya akan berbagi informasi pengertian dari istilah versi-versi tersebut. Anda bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software


1. Trial/ Shareware


Versi trial atau shareware adalah versi yang digunakan untuk dicoba dan dibagikan secara gratis, tetapi pada versi trial atau shareware mempunyai batasan waktu dan batasan pemakaian. batasan waktu yang di berikan sangat bervariasi, seperti 1 jam, 1 hari, 1minggu, bahkan bisa sampai 1 bulan. Tergantung dari developer yang merilis game atau software tersebut.

2. Freeware


Versi freeware adalah kebalikan dari versi trial atau shareware. Seperti namanya "free", yang berarti bebas atau gratis. jadi, pada versi freeware dapat di download dengan gratis di internet dan tidak ada batasan waktu atau batas pemakaian.

3. Demo


Versi demo adalah versi yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum dirilisnya software atau game yang asli. Biasanya versi demo terdapat pada game. Anda biasanya bisa mendownloadnya di website developernya. Pada game biasanya hanya terdapat beberapa level saja. Dan jika anda ingin melengkapi level, biasanya anda harus membelinya.

 4. Full Version


Seperti namanya "Full" yang berarti penuh atau lengkap. Full version berarti sebuah software atau game yang masih asli yang belum diedit, dipotong. Pada full versioan biasanya dibutuhkan serial number atau crack.

5. Rip


Versi Rip biasa banyak terdapat pada game. Versi Rip adalah game yang di compres secara penuh dengan pengurangan beberapa fitur, seperti audio, video, texture. Versi Rip biasanya berukuran lebih kecil dari versi aslinya. Versi Rip cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

6. Full Rip


Tidak terlalu beda dengang versi Rip. Cara kerjanya pun sama dengan versi Rip. Perbedaannya cuma banyaknya pengurangan fitur dan menghasilkan ukuran yang lebih kecil.

7. Beta


Beta adalah versi game atau software yang dibuat atau dirilis dalam masa percobaan. Tidak hanya Istilah beta juga berlaku untuk perilisan sistem operasi, Tujuannya biasanya agar developer mengetahui kekurangan, jadi versi beta masih dalam tahap perbaikan. Jadi, jika anda bermain game atau menggunakan software pada versi beta maklumi saja karena masih dalam masa percobaan.

8. Alpha


Versi alpha adalah versi pertama kali pembuatan game atau software. biasanya banyak terdapat bug atau error. pada game biasanya graphic tiba-tiba jelek, audio jelek. dan masih banyak lagi.

9. Portable


Versi portable versi software atau game yang tidak perlu diinstal pada komputer. Jadi anda bisa langsung mengeksekusinya tanpa perlu repo-repot menginstalnya.

10. Skidrow


Skidrow adalah suatu organisasi pembajak yang membajak suatu game atau software. Jadi pada versi skidrow kita bisa menjalankan suatu game atau software tanpa harus membeli atau membayar CD Key dari developer. Biasanya game atau software tersebut sama seperti aslinya.

11. High Compression


High Compression adalah suatu game atau software yang dicompress dengan ukuran yang berbeda dari yang aslinya. misalnya, suatu game yang sebenarnya berukuran 2GB yang dicompress menjadi berkuran 500MB. Dan mungkin ada juga yang sebenarnya berukuran 2GB dicompress menjadi 5MB tetapi biasanya membutukan waktu lama untuk mengistalnya, dan biasa tidak akan bekerja secara optimal atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

12. Reloaded


Reloaded adalah suatu game atau software yang sudah full version yang sudah di masukan Serial Number ataupun sudah dicrack. Biasanya mempunyai ukuran yang besar, hampir dan bahkan sama dengan yang asli.

Itulah beberapa pengertian dari istilah versi pada suatu game atau softwar, semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat. Jangan lupa share ya dan terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel