Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software

Istilah versi trial, Beta, Rip, Full Rip, Reloaded, Alpha, ataupun full version. berikut penjelasannya secara lengkap
Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software

Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software - Ada sebuah istilah ketika kita ingin mendownload sebuah game atau software. Mungkin bagi kamu para downloader yang sering mendownload games atau software yang tersebar di internet sudah tidak asing lagi dengan istilah versi trial, Beta, Rip, Full Rip, Reloaded, Alpha, ataupun full version.

Mungkin beberapa dari kamu mempunyai pertanyaan ketika ingin mendownload suatu game atau software yang di ujung judul games nya terdapat kata trial, beta, full version dan sebagainya.

Table of Contents

Pengertian Versi Trial, Beta, Alpha, Full Version pada Game dan Software

Bagi kamu yang belum tahu pengertian versi-versi tersebut. Nah, Jangan khawatir karena disini saya akan berbagi informasi pengertian dari istilah versi-versi tersebut. Kamu bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

1. Trial/ Shareware

Trial/ Shareware

Versi trial atau shareware adalah versi yang digunakan untuk dicoba dan dibagikan secara gratis, tetapi pada versi trial atau shareware mempunyai batasan waktu dan batasan pemakaian. batasan waktu yang di berikan sangat bervariasi, seperti 1 jam, 1 hari, 1 minggu, bahkan bisa sampai 1 bulan. Tergantung dari developer yang merilis games atau software tersebut.

2. Freeware Version

Versi freeware adalah kebalikan dari versi trial atau shareware. Seperti namanya "free", yang berarti bebas atau gratis. jadi, pada versi freeware dapat di download dengan gratis di internet dan tidak ada batasan waktu atau batas pemakaian.

3. Demo Version

Versi demo adalah versi yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum dirilisnya software atau games yang asli. Biasanya versi demo terdapat pada game.

Kamu biasanya bisa mendownloadnya di website resmi developernya. Pada game biasanya hanya terdapat beberapa level saja. Dan jika anda ingin melengkapi level, biasanya kamu harus membeli versi full version.

4. Full Version

Full Version

Seperti namanya "Full" yang berarti penuh atau lengkap. Full version berarti sebuah software atau game yang masih asli yang belum di edit atau dipotong. Pada full versioan biasanya dibutuhkan serial number atau crack.

5. Rip Version

Versi Rip biasa banyak terdapat pada game. Versi Rip adalah game yang di compres secara penuh dengan pengurangan beberapa fitur, seperti audio, video, texture. Versi Rip biasanya berukuran lebih kecil dari versi aslinya. Versi Rip cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

6. Full Rip Version

Tidak terlalu beda dengang versi Rip. Cara kerjanya pun sama dengan versi Rip. Perbedaannya cuma banyaknya pengurangan fitur dan menghasilkan ukuran yang lebih kecil.

7. Beta Version

Beta Version

Beta adalah versi game atau software yang dibuat atau dirilis dalam masa percobaan. Tidak hanya itu Istilah beta juga berlaku untuk perilisan sistem operasi, Tujuannya biasanya agar developer mengetahui kekurangan, jadi versi beta masih dalam tahap perbaikan atau pengembangan.

Jadi jika kamu bermain game atau menggunakan software pada versi beta maklumi saja karena masih dalam masa percobaan yang kemudian nanti akan dilakukan perbaikan pada versi stabil.

8. Alpha Version

Versi alpha adalah versi pertama kali pembuatan game atau software. Biasanya banyak terdapat bug atau error. pada game biasanya graphic tiba-tiba jelek, audio jelek. dan masih banyak lagi.

9. Portable Version

Versi portable versi software atau game yang tidak perlu di instal pada komputer. Jadi kamu bisa langsung mengeksekusinya tanpa perlu repo-repot menginstalnya.

10. Skidrow Version

Skidrow adalah suatu organisasi pembajak yang membajak suatu game atau software. Jadi pada versi skidrow kita bisa menjalankan suatu game atau software tanpa harus membeli atau membayar CD Key dari developer. Biasanya game atau software tersebut sama seperti aslinya.

11. High Compression

High Compression

High Compression adalah suatu game atau software yang dicompress dengan ukuran yang berbeda dari yang aslinya. misalnya, suatu game yang sebenarnya berukuran 2GB yang dicompress menjadi berkuran 500MB.

Dan mungkin ada juga yang sebenarnya berukuran 2GB dicompress menjadi 5MB tetapi biasanya membutukan waktu lama untuk mengistalnya, dan biasa tidak akan bekerja secara optimal atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

12. Reloaded

Reloaded adalah suatu game atau software yang sudah full version yang sudah di masukan Serial Number ataupun sudah dicrack. Biasanya mempunyai ukuran yang besar, hampir dan bahkan sama dengan yang asli.

Penutup

Nah itu tadi pengertian dari istilah versi pada suatu game atau software. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan