Software Terbaik Untuk Membuat USB Bootable Flashdisk

5 aplikasi atau software usb bootable populer atau sering orang gunakan yang dapat memudahkan Anda membuat Bootable Flashdisk dengan sangat gampang.
Software Terbaik Untuk Membuat USB Bootable Flashdisk

Software Untuk Membuat Bootable Flashdisk/USB Terbaik - Pada Kesempatan ini saya akan berbagi artikel yang membahas tentang cara membuat USB bootable. Cara ini sering digunakan untuk membuat instalasi system operasi windows, linux, dan lainnya melalui sebuah flashdisk.

Tentunya untuk membuat sebuah usb bootable kita memerlukan sebuah alat pendukung berupa software yang dapat membotable system operasi (file ISO) kedalam flashdisk. Sebetulnya ada banyak aplikasi usb bootable yang bertebaran di internet.

Tapi disini saya akan berbagi 5 aplikasi atau software usb bootable populer atau sering orang gunakan yang dapat memudahkan Anda membuat Bootable Flashdisk dengan sangat gampang, membuat Usb bootable dengan cepat. Baiklah, berikut software untuk membuat bootable flashdisk.

Table of Contents

Software Bootable Flashdisk/USB Terbaik

#1. Rufus

Membuat Bootable Flashdisk pada Windows Menggunakan Rufus sangatlah mudah, karena rufus merupakan aplikasi dengan ukuran kecil yang dirancang khusus untuk melakukan format dan membuat USB bootable pada USB seperti memory stick, pendrive,dll. Software ini dapat digunakan pada saat:
  • Membuat bootable USB untuk instalasi sistem operasi Linux dan Windows.
  • Bisa bekerja pada komputer / PC yang tidak memiliki sama sekali sistem operasi.
  • Upgrade firmware atau BIOS dari DOS.
  • Menjalankan aplikasi low-level seperti proses low-level format.
Rufus bersifat portable dan dapat anda jalankan langsung tanpa harus di instal pada PC. Rufus juga salah satu aplikasi tercepat dari aplikasi bootable lain dalam membuat media instalasi USB. Rufus juga mendukung pembuatan bootable ISO untuk beberapa sistem operasi antara lain Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, dll.

Rufus Download

#2. YUMI

Your Universal Multiboot Installer (YUMI) merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat multiboot menggunakan media USB flash drive (flashdisk, memory stick dan yang lainnya), seperti multiboot untuk sistem operasi, utilitas antivirus, sistem cloning, perangkat diagnosa, dll.

YUMI menggunakan grub untuk booting dari file ISO yang ada dalam USB, syslinux untuk melakukan proses ekstrak dan mengembalikannya kembali ke grub untuk melakukan multiboot dari file ISO di USB.

YUMI bersifat free / gratis dan portable sehingga dapat kita jalankan tanpa harus menginstallnya. Jadi buat Anda yang ingin coba membuat usb bootable menggunakan YUMI, bisa langsung download di YUMI - Multiboot USB Creator.

#3. WinUSB Maker

WinUSB Maker aplikasi ini merupakan software portable untuk membuat media penyimpan eksternal seperti USB Flashdisk atau eksternal HDD menjadi bootable dan dapat digunakan untuk memindahkan file setup (installasi) windows ke USB. Download WinUSB Maker.

#4. WinToFlash

Program ini dapat berjalan di Windows XP/2003/Vista/2008/7 dan juga windows 8. Tersedia antarmuka dalam bahasa Indonesia, sehingga bagi yang kesulitan menggunakan bahas Inggris, aplikasi ini akan sangat membantu.

Dengan WinToFlash Anda dapat membuat Multiboot USB drive bootable dengan Windows Setup, live linux, offline antivirus, pemulihan data, dan banyak lagi. Jika Anda tertarik menggunakannya tentunya Anda bisa download secara gratis di situs resminya di WinToFlash [Bootable USB Creator] Download.

#5.UNetbootin

UNetbootin (Universal Netboot Installer) adalah perangkat untuk membuat Usb bootable atau sistem Live USB. Perangkat yang cross-platform ini dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi dan dapat memuat berbagai macam perangkat sistem (system utilities) atau meng-install berbagai distro Linux maupun sistem operasi lain. Instalasi ini membuat USB flash drive dan USB Hard Disk Drive menjadi bootable; atau, dengan kata lain, membuat Live USB.
  • Cross-platform (tersedia untuk Windows dan Linux)
  • Instalasi tidak merusak (tidak mem-format perangkat yang digunakan) menggunakan Syslinux.
  • Mendukung distro-distro Linux utama, termasuk namun tak terbatas atas, Ubuntu, Fedora, openSUSE, CentOS, Debian, Linux Mint, Arch Linux, Mandriva, Slackware juga FreeDOS, FreeBSD dan NetBSD.
  • Dapat memuat berbagai system utilities, termasuk, tetapi tak terbatas atas, Ophcrack, BackTrack, dan Gujin.
  • Sistem operasi lain dapat dimuat melalui ISO image atau kernel, initrd dan floppy/hard drive disk image.
  • Secara otomatis mengenali semua perangkat keras yang dapat dipisahkan (removable devices).
Jika Anda tertarik untuk menggunakan Software ini, Anda dapat download secara gratis di UNetbootin.

Penutup

Nah itu tadi software bootable flashdisk/USB terbaik. Kamu tinggal meilih mana yang paling baik menurut kamu, tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu dalam mempergunakan aplikasi pembuat bootable usb/ISO tersebut.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Art Lover, Graphic Designer, Blogger.
Gabung dalam percakapan