Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Laptop - InpuTekno

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Laptop

6 Kebiasaan Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Laptop - Dalam menggunakan komputer atau laptop kita pasti sering sekali membuat kesalahan yang dilakukan sengaja atau yang mungkin tidak kita sengaja tanpa kita sadari.

Salah satu contoh kecil yaitu mulai dari cara perawatan hingga cara penggunaan, yang dimana kesalahan kecil itu tadi mungkin akan dapat menjadi salahsatu penyebab terjadinya masalah besar seperti laptop rusak.

Sama seperti hubungan, jika kita tidak menyadari suatu kesalahan kecil, maka hancur sudah jadi kesalahan besar. Tapi bukan itu yang akan saya bahas, melainkan mengenai kebiasaan kita menggunakan laptop yang memicu terjadinya kerusakan.

Nah, untuk itu disini saya akan coba berbagi sedikit pembahasan tentang apa saja kesalahan yang mungkin tidak Anda sadari selama memiliki laptop yang menyebabkan laptop cepat rusak.

6 Kebiasaan Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Laptop


1. Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup atau Menyala


6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Hal seperti ini sering kali kerap dilakukan oleh para pengguna laptop dikarenakan praktis dan tidak perlu menunggu waktu untuk mematikan terlebih dahulu. Mungkin hal ini tidak jadi masalah jika dilakukan satu atau dua kali, tetapi jika Anda terlalu sering menutup laptop yang masih dalam kondisi hidup atau menyala pada pasalnya akan merusak laptop secara perlahan.

Tidak semua orang membenarkan kesalahan ini, tetapi jika dipikir lagi menggunakan logika kebiasaan ini bisa dikatakan salah, pasalnya jika laptop ditutup dalam keadaan hidup atau menyala secara otomatis laptop hanya akan tidur atau sleep. Jadi pada saat sleep tersebut sistem laptop masih bekerja pada umumnya sob.

Sekarang apakah mesin sekecil itu jika terus dinyalakan akan bisa bertahan lama? Tidak kan? Nah, justru maka dari itu jangan lakukan kebiasaan tersebut jika ingin laptop Anda tetap awet tahan lama dan sehat walafiat.

2. Asal-asalan dalam Memasang Charger Laptop

6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Pasang charge ke laptop dulu atau ke listrik dulu? Pasang charge ke laptop dulu, baru dicolok ke listrik atau justru malah sebaliknya? Ya, ternyata hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menyembungkan charge ke terminal atau arus listrik, baru nanti kemudian Anda menyambungkan colokan ke laptop.

Kenapa harus seperti itu? Ya, sebetulnya memang tidak ada perbedaan tapi akan saya jelaskan sedikit. Loncatan daya pada charge saat pertama di colokan ke listrik itu tidak stabil dan jika Anda masih sering melakukan hal ini secara rutin maka motherboard laptop Anda tidak menutup kemungkinan secara perlahan akan mengalami kerusakan. Hal ini merupakan suatu kebiasaan yang menyebabkan baterai laptop rusak.

3. Charger Laptop dalam Keadaan Baterai Belum Limit

6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Biasanya kesalahan ini sering sekali kerap terjadi, entah karena Anda terlalu rajin chare laptop atau memang sengaja mengisi penuh karena akan dibawa perjalanan. Sebisa mungkin untuk melakukan charge laptop ketika baterai hampir habis atau limit yakni mencapai 10-15 persen.

Jangan biarkan sampai baterai laptop kosong dan jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 persen. Kenapa? Ya, karena hal seperti itu justru akan membuat kemampuan baterai dalam menyuplai daya semakin berkurang. Hal ini menjadi salahsatu penyebab baterai laptop cepat rusak.

4. Tidak Melepas Charger Laptop pada Saat Baterai Sudah Terisi Penuh


6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Hilangkan kebiasaan buruk ini jika Anda masih sering melakukannya dan usahakan laptop sobat tidak over-charge terlalu lama, dan ini adalah kebiasaan buruk bagi pengguna laptop.

Hal ini selain membuat baterai rusak atau baterai sering nge-drop juga bisa mengakibatkan laptop menjadi overheat dan ini fatal, karena dapat memicu kerusakan pada motherboard serta memicu panas pada harddisk.


5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Disaat Anda sedang bersantai dirumah dengan bermain menggunakan laptop pasti akan memilih posisi yang nyaman seperti tiduran sambil bermain laptop diatas kasur atau memangku laptop pada kaki atau paha sobat.

Perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya jangan melakukan kebiasaan seperti itu. Karena hal tersebut bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panasnya akan mengendap kedalam kasur.

Kalau sudah panas, bukan hanya laptop yang bisa rusak tapi paha Anda juga bisa panas terbakar. Jadi gunakanlah laptop sebagaimana mestinya, misalkan menaruhnya diatas meja atau lainya

6. Tidak Melakukan Update Antivirus

6-Kebiasaan-Yang-Dapat-Memicu-Kerusakan-Pada-Laptop

Terakhir yaitu tidak pernah melakukan update virus, entah karena malas atau memang tidak ada koneksi internet samasekali.

Padahal Antivirus merupakan pertahanan laptop dari program-program jahat yang dapat merusak sistem operasi laptop Anda, bahkan juga dapat merusak data-data yang ada dalam direktori laptop.

Jadi, jika antivirus pada laptop atau komputer tidak diupdate maka virus-virus terbaru dengan mudahnya dapat masuk ke dalam sistem. Sebaiknya lakukan update antivirus seminggu sekali, jika memang Anda tidak memiliki koneksi internet sama sekali sebaiknya jalan-jalan santai ke cafe yang menyediakan Wifi gratis.

Mungkin diatas tadi beberapa Kebiasaan Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Laptop. Jadi sebaiknya jagalah laptop Anda agar tetap sehat dan tahan lama, selain itu juga dalam penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya.

Posting Komentar

0 Komentar